07 Jul 2023

Intip Fitur Laporan Warga di JAKI 3.0

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

07 Jul 2023

Siapa yang sudah memperbarui super-app JAKI? Angkat tangan, yuk! Sekarang, JAKI hadir dengan versi terbarunya, JAKI 3.0. Gimana, keren, enggak? Versi terbaru ini dihadirkan sebagai kado untuk ulang tahun ke-496 Jakarta, lo! Ada beberapa perubahan dalam super-app ini, contohnya fitur Laporan Warga. Sebelumnya, fitur ini bernama JakLapor. Penasaran gimana tampilan barunya? Ayo, kita bahas sama-sama!

Baca juga: Kado untuk Jakarta, JAKI Rilis Versi Terbaru

Melapor dengan Lapor Video

Lihat ada pelanggaran di Jakarta dan geregetan mau lapor? Saatnya pakai fitur Laporan Warga di JAKI. Fitur ini berbasis geotagging sehingga informasi lokasi pada gawaimu juga dapat ikut tersemat dalam laporan yang kamu buat. Pada 2022, ada 110.417 laporan yang selesai lewat pengaduan di JAKI. Data ini pun dapat dilihat di situs resmi Cepat Respon Masyarakat.

Laporan Warga JAKI

Saat kamu membuka fitur Laporan Warga, akan terlihat daftar laporan terbaru dari warga Jakarta. Di situ kamu dapat melihat laporan-laporan yang telah diajukan ataupun direspons.

Laporan Warga JAKI

Kamu perlu klik ikon di kanan pojok bawah kalau kamu mau membuat laporan. Pilih Lapor Foto jika kamu ingin melapor dengan format foto dan klik Lapor Video kalau kamu ingin melapor dengan format video.

Laporan Warga JAKI

Ketika kamu menggunakan Lapor Video, laporan akan diarahkan ke surel (e-mail).

Laporan Warga JAKI

Pencarian Kategori Laporan

Sekarang, pengguna JAKI bisa mencari laporan yang masuk berdasarkan kategori atau kata kunci. Hal ini akan memudahkan pencarian laporan, mengingat ada 110 kategori laporan yang tersedia. Misalnya, jika ingin melihat laporan tentang sampah, cukup mengetik kata kunci “sampah” pada bilah pencarian.

Laporan Warga JAKI

Pencantuman Lokasi Otomatis

Setiap laporan yang diterima harus disertakan dengan lokasi kejadian. Lokasi ini berfungsi agar petugas dinas terkait dapat merespons dengan cepat dan tepat. Dalam JAKI 3.0, lokasi akan tercantum secara otomatis, lo! Di bawah ini contoh laporan dengan lokasi yang tercantum secara otomatis.

Laporan Warga JAKI

Yuk, kita jaga Jakarta bersama-sama! Dengan pakai fitur Laporan Warga di JAKI, kamu sudah menjadi bagian penting dalam membangun dan menjaga ketertiban di Jakarta. Harapannya, layanan publik digital di Jakarta lewat JAKI akan terus memberikan kemudahan untuk warganya. Jangan lupa nikmati versi terbaru JAKI, ya!

 

Penulis dan Editor

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!