04 Des 2023

Yuk, Kenalan Dengan Aplikasi Super JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

04 Des 2023

JSC membawa kabar baik buat warga Jakarta! Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) milik Pemprov DKI yang dikembangkan oleh Jakarta Smart City merilis versi terbarunya, yakni JAKI 3.0. Peluncuran versi terbaru JAKI ini dilakukan tepat pada hari ulang tahun Jakarta, 22 Juni 2023 lalu. Harapannya, JAKI 3.0 dapat menjadi kado ulang tahun untuk Jakarta yang makin #bikingampang warganya untuk mengakses layanan publik digital. 

Sebagai super-app Jakarta, JAKI mengintegrasikan lebih dari 50 layanan publik digital dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Nah, di JAKI 3.0 terdapat beberapa pembaruan, seperti JAKI dwibahasa, personalisasi layanan, dan kategorisasi layanan. Seperti apa sih tampilannya? Yuk, sama-sama kita cari tahu!

JAKI Dwibahasa

Saat ini, Jakarta tengah berbenah dan bersiap menjadi kota global. Karena itu, aplikasi JAKI 3.0 dilengkapi dengan fungsi dwibahasa, yakni dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk mengganti bahasa aplikasi, kamu dapat mengakses menu Profil, lalu klik EN untuk memilih Bahasa Inggris dan ID untuk memilih Bahasa Indonesia pada bagian Bahasa/Language. Secara otomatis, JAKI akan tampil dengan bahasa yang kamu pilih. Dengan ketersediaan dua bahasa ini, aplikasi JAKI diharapkan dapat merangkul para ekspatriat maupun turis mancanegara, untuk mengakses layanan publik digital selama berada di Jakarta.
 

JAKI Hadir dalam Dwibahasa: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

JAKI Hadir dalam Dwibahasa: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Personalisasi Layanan

Tampilan terbaru JAKI disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang datang dari berbagai latar belakang, loh. Ada beberapa latar belakang atau profil pengguna yang bisa kamu temukan di JAKI 3.0, yakni pelajar atau mahasiswa, pekerja kantoran, pencari kerja, wirausaha, dan pengelola rumah tangga. Pengguna dapat memilih jenis profil yang paling sesuai dengannya. Kemudian, pengguna akan ditawarkan fitur dan layanan yang paling cocok untuk menunjang kebutuhan sesuai profil tersebut.
 

JAKI Hadir dengan Personalisasi Layanan

Kategorisasi Layanan

Selain personalisasi layanan, tampilan aplikasi JAKI 3.0 juga hadir dengan pengkategorisasian layanan, seperti kesehatan, transportasi, kependudukan, pendidikan, laporan dan kedaruratan, karier dan usaha, sosial dan ekonomi, rekreasi, olahraga, lingkungan, informasi publik, kemitraan, serta manajemen pemerintahan. Saat  menggunakan JAKI 3.0, pengguna dapat memilih kategori sesuai dengan topik atau kegiatan yang diminatinya. Setelah memilih kategori yang diinginkan, pengguna akan disuguhkan dengan fitur, rekomendasi layanan, hingga pintasan ke aplikasi milik kolaborator yang paling sesuai dengan kategori tersebut. 


 

JAKI Hadir dengan Kategorisasi Layanan

Bilah Pencarian dan Rekomendasi untuk Pengguna

Pada JAKI 3.0, terdapat pula dua fitur baru di Beranda, yaitu bilah pencarian (search bar) dan Rekomendasi Buat Kamu. Bilah pencarian dapat memudahkan pengguna untuk mencari fitur dan layanan berdasarkan kata kunci. Sementara Rekomendasi Buat Kamu memuat rekomendasi yang bisa dijadikan panduan untuk empat kelompok pengguna JAKI, yaitu pendatang baru di Jakarta, pengguna baru JAKI, pengguna yang ingin berolahraga di Jakarta, dan pengguna yang ingin mengeksplor Jakarta. 


 

JAKI Hadir dengan Bilah Pencarian


 

JAKI Hadir dengan Rekomendasi untuk Pengguna

Inovasi JAKI tak akan berhenti sampai di sini. Ke depannya, layanan publik digital yang diintegrasikan oleh JAKI diharapkan akan kian banyak dan beragam, sehingga JAKI makin #bikingampang warga Jakarta, pelaku bisnis, atau wisatawan dalam mengakses informasi dan layanan resmi. Mau cobain pengalaman baru menggunakan JAKI? Yuk, perbarui JAKI atau unduh melalui Google Play Storemaupun Apple App Store.
 

Artikel JAKI Lainnya

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.