20 Sep 2024

Intip Isi Update Aplikasi JAKI!

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

20 Sep 2024

Sebagai pengembang JAKI, Jakarta Smart City punya kabar baik buat Smartcitizen! Aplikasi super (super-app) dari Pemerintah Provinsi Jakarta ini punya pembaruan (update) berisi fungsi dan tampilan baru. Kalau kamu pengguna Android, silakan gas perbarui di Google Play Store. Buat pengguna perangkat Apple, silakan buka App Store, ya! Kalau kamu penasaran sekarang JAKI kayak gimana, silakan baca artikel ini!

 

Update aplikasi JAKI. Sumber: Jakarta Smart City

Update aplikasi JAKI. Sumber: Jakarta Smart City

 

Semakin Gampang Baca dan Cari Berita

Mau baca berita apa hari ini? Coba kamu buka fitur Berita, lalu ketik kata kunci di bilah pencarian. Sekarang, kamu bisa mencari berita sesuai topik yang kamu mau baca. Contohnya, ketik “Monas” di bilah pencarian. Nah, setelah itu, akan muncul berita-berita seputar Monas yang telah terbit. Kamu bisa menyimpan berita-berita yang kamu sukai dan semuanya terkumpul di bagian (tab) Berita Disimpan.

Sekarang pun ada akses cepat ke berita yang kamu butuhkan. Setelah membuka fitur Berita, kamu bisa langsung memilih untuk membaca di portal:

  1. Berita Jakarta; atau

  1. Majalah JaKita.

Fitur Berita di JAKI

Fitur Berita di JAKI

 

Mudah Pantau Laporan Warga

Kalau kamu sering melapor pakai JAKI, kamu pasti akan menyadari perubahan fitur Laporan Warga. Ketika membuka fitur itu, kamu akan langsung melihat bagian Laporan Aktif Milikmu, berisi melihat laporan-laporan yang telah dikirim. Selain itu, ada beberapa penambahan menu Eksplor Laporan Warga. Di dalamnya ada:

  1. Lihat laporan warga lainnya;

  1. Pantau laporan yang kamu buat;

  1. Ketahui kondisi terbaru laporan yang kamu minati; dan

  1. Cari laporan.

Jika butuh bantuan lebih lanjut, kamu bisa mengirim pertanyaan lewat email. Menu ini bisa kamu temui dengan menggulir layar ke bawah, klik, dan kamu akan diarahkan untuk menulis email ke smartcity@jakarta.go.id.

Fitur Laporan Warga baru di JAKI
Fitur Laporan Warga baru di JAKI

Fitur Laporan Warga baru di JAKI


 

Informasi Kualitas Udara Lebih Lengkap

Siapa yang sering “ngepoin” tentang kualitas udara di Jakarta pakai JAKI? Fitur Kualitas Udara pun ada tampilan baru dan isinya jadi jauh lengkap! Coba perhatikan baik-baik, sekarang di dalamnya ada menu:

  1. Peta: berisi titik ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara Maksimum) yang bertambah menjadi 31 titik stasiun;

  1. Ranking: menampilkan 10 wilayah Jakarta dengan kualitas udara terbaik; dan

  1. Bantuan: ada informasi tentang Pertanyaan Umum, Hubungi Kami, serta Layanan Konsultasi.

Fitur Kualitas Udara baru di JAKI

Fitur Kualitas Udara baru di JAKI


 

Kamu juga bisa lebih paham tentang kualitas udara. Di fitur Kualitas Udara, kamu bisa mempelajari penjelasan tentang angka ISPU per polutan. Tersedia juga Rekomendasi Kesehatan. Contohnya, jika di wilayahmu memiliki skor 88 atau lebih tinggi untuk PM2.5, akan diberi rekomendasi agar kelompok sensitif mengurangi aktivitas di luar ruangan dalam waktu lama.

Verifikasi NIK yang Cepat

JAKI punya fitur yang bersifat personal. Namanya adalah fitur Akun Warga. Di sini, kamu bisa lihat informasi tentang bantuan pendidikan, kesehatan, sosial, status DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), dan ketahanan pangan. Untuk mengaksesnya secara lengkap, kamu cukup lakukan verifikasi NIK (Nomor Induk Kependudukan). Sekarang, proses validasinya pun semakin cepat. Sebagai pengingat, inilah hal-hal yang harus kamu perhatikan supaya prosesnya berjalan dengan lancar:

  1. foto KTP (Kartu Tanda Penduduk) dengan jelas: jangan buram atau terhalang apa pun; dan

  1. swafoto atau berfoto sambil memegang KTP dengan wajah menghadap lurus ke kamera.

 

Cepat melakukan verifikasi NIK di fitur Akun Warga JAKI

Cepat melakukan verifikasi NIK di fitur Akun Warga JAKI



JAKI akan terus berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan publik digital warga Jakarta. Inovasi-inovasinya hadir untuk memfasilitasi berbagai warga Jakarta: mahasiswaprofesionalwisatawan, dan pengelola rumah tangga. Kalau kamu sudah siap merasakan layanan dari JAKI, jangan lupa update aplikasinya sekarang, ya! Jangan lupa ikuti @jsclab  juga supaya enggak ketinggalan informasi tentang inovasi-inovasi di Jakarta.

Penulis dan Editor

Artikel JAKI Lainnya

Pengguna setia JAKI, update aplikasinya sekarang, yuk! Ada beberapa pembaruan yang bisa bikin gampang aktivitasmu di Jakarta. Bahas di sini!

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

Butuh nomor antrean faskes atau fasilitas kesehatan lainnya? JAKI bakal bikin gampang. Caranya? Baca di sini!

Hari Pendidikan Nasional dirayakan setiap 2 Mei, bertepatan dengan ulang tahun tokoh terpentingnya. Simak sejarahnya di sini, yuk!

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!