24 Mar 2022

Sistem Pengendalian Banjir Milik Jakarta Bersaing di Ajang WSIS

Oleh:Kholid Zufar Guncoro

Editor:Aditya Gagat Hanggara

24 Mar 2022

Kabar baik datang pada Maret 2022 ini! Warga Jakarta harus bangga karena DKI Jakarta berhasil memperoleh nominasi di ajang penghargaan World Summit on the Information Society (WSIS). Program tersebut adalah Sistem Pengendalian Banjir atau Flood Control System. Program tersebut masuk dalam nominasi kategori AL C7. ICT applications: benefits in all aspects of life E-science.

Sistem Pengendalian Banjir di Jakarta

Sistem Pengendalian Banjir dikembangkan untuk menjawab kebutuhan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyebarkan informasi mengenai titik banjir. Tantangan yang dihadapi saat ini adalah petugas dan pemangku kepentingan mengalami kesulitan dalam berkoordinasi. Sistem pengendalian banjir sendiri adalah sistem yang dibangun untuk memprediksi potensi banjir dan mengoptimalkan penanganan saat banjir terjadi. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, mempercepat respons pemerintah, dan juga pemantauan banjir secara real-time oleh semua pemangku kepentingan.

Memanfaatkan lincahnya perkembangan teknologi, sistem yang mampu memprediksi potensi bencana dan mengoptimalkan penanganannya berbasis Internet of Things (IoT) diperlukan. Sistem ini berguna sebagai pendukung keputusan yang cepat dan akurat oleh pengambil kebijakan. Sistem Pengendalian Banjir mengintegrasi pengolahan data secara real-time, penggunaan platform analisis, pembagian informasi, dan visualisasi.

Cara kerja dari Sistem Pengendalian Banjir di Jakarta menggunakan analisis prediktif untuk menentukan kapan pompa air perlu diaktifkan. Pengaktifan pompa didasarkan 178 sensor dan CCTV yang telah disebar oleh pemerintah di Jakarta. Data historis pompa yang aktif diidentifikasi dari sensor vibrasi dan suhu yang ada di masing-masing pompa. Dengan memanfaatkan trend dan pola, data dari ketinggian air dari CCTV dan ketinggian air dari sensor dapat dilakukan prediksi kapan pompa tersebut perlu diaktifkan. Penggunaan analisis ini bisa aktif apabila implementasi IoT dilakukan secara menyeluruh di DKI Jakarta.

Apa Itu WSIS Prizes?

World Summit on the Information Society (WSIS) adalah konferensi tingkat dunia yang didirikan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dengan mendorong perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Konfrensi yang berlangsung setiap tahun ini diselenggarakan oleh International Telecommunication Union (ITU). Setiap tahun, WSIS Forum mengadakan ajang WSIS Prizes untuk memberikan penghargaan bagi proyek-proyek TIK dari berbagai belahan dunia. Tahun ini, WSIS Prizes mengeluarkan 18 kategori nominasi yang berkaitan dengan TIK

Sistem Penilaian WSIS Prizes

Penilaian dalam ajang WSIS Prizes terbagi dalam beberapa fase. Pada tahap fase pertama, para pegiat TIK dari seluruh dunia dipersilakan untuk mengajukan proyek TIK-nya ke ajang WSIS Prizes. Kemudian, komite WSIS akan memilih masing-masing 20 nominasi proyek untuk setiap kategori yang ada. Pada fase selanjutnya, komite WSIS akan mengadakan pemungutan suara publik atau voting secara daring untuk memilih proyek yang dinominasikan. Dari fase ini, akan disaring lima proyek per kategori dengan suara terbanyak. Kemudian, kelompok pakar TIK akan kembali melakukan proses seleksi untuk memilih proyek terbaik dari masing-masing kategori. Fase terakhir, para pemenang akan diumumkan di acara puncak.

Kompetitor-Kompetitor di WSIS

Dalam ajang WSIS Sistem Pengendalian Banjir milik Jakarta memiliki beberapa kompetitor, beberapa di antaranya:

Government Digital Service (GDS) - Inggris

GDS merupakan garda depan dalam menanggapi Covid-19 di Inggris. Layanan ini memastikan warga tetap mendapat informasi dan dapat mengakses layanan vital di saat Pandemi Covid-19 berlangsung. Layanan ini mengintegrasikan fungsi digital, data, dan teknologi di seluruh pemerintahan. 39 layanan digital telah dikembangkan sebagai bagian dari tanggap COVID-19.

Program Beasiswa DigitalDx Venture - Amerika Serikat

DigitalDx Ventures adalah program pendanaan milik Amerika yang mayoritas dimiliki oleh wanita untuk berinvestasi di perusahaan teknologi kesehatan. Pendanaan ini memberikan solusi inovatif dengan mengutilisasi kecerdasan buatan (AI) untuk mendiagnosis penyakit lebih awal, dan mengatasi kondisi medis dengan solusi kolektif untuk memengaruhi lebih dari dua miliar kehidupan di seluruh dunia.

Development of IT infrastructure and IT entrepreneurship of IT Park - Uzbekistan

IT Park ditujukan untuk pengembangan teknologi informasi (TI) yang meluas di Uzbekistan. IT Park adalah sebuah taman teknologi yang bergerak di bidang TI yang di mana orang-orang aktif dan berbakat bisa menyampaikan ide mereka hingga menjadi proyek bisnis yang nyata. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan percepatan pengembangan industri TI di Uzbekistan, serta menciptakan kondisi yang baik untuk pengembangan produk dan layanan TI yang kompetitif.

Yuk, Ikut Dukung Jakarta di Ajang WSIS Prizes

Saat ini, WSIS Prizes telah mengumumkan nominasi dari masing-masing kategori penghargaan. Sedangkan tahap pemungutan suara publik berlangsung pada 1–31 Maret 2022. Kita dapat ikut memberikan suara untuk program Sistem Pengendalian Banjir atau Flood Control System dengan cara berikut:

  • Kunjungi bit.ly/JakartaWSIS, kamu akan masuk ke laman log in. Untuk pengguna baru, kamu dapat klik register as a new user.

  • Setelah itu, kembali pada laman voting. Lalu klik Vote For This Project pada Flood Control System dalam kategori AL C7. E-science.

  • Selesai!

Yuk, Smartcitizen, kita dukung Jakarta agar menang di ajang WSIS Prizes. Mari kita ikut berpartisipasi dalam program-program Pemprov DKI Jakarta untuk mewujudkan Kota Cerdas! Manfaatkan juga beragam inovasi Jakarta Smart City untuk memudahkan aktivitas sehari-harimu di Jakarta. Unduh JAKI di Google Play Store atau App Store sekarang. Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti kanal media sosial Jakarta Smart City untuk mendapat beragam informasi lainnya.



 

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!