01 Jul 2022

Kemeriahan Jakarta Fair Setelah 2 Tahun Absen

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

01 Jul 2022

Siapa yang sudah ke Jakarta Fair? Kalau kamu belum, jangan khawatir. Jakarta Fair masih buka sampai 17 Juli. Di sana, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menyaksikan pesta kembang api, berburu kuliner, berbelanja, hingga menonton konser sederet musisi ternama. Pemprov DKI Jakarta dan Jakarta Smart City juga ikut meramaikan acara dengan beragam kegiatan yang bisa kamu ikuti, nih. Eits, khusus konser ada tiket berbayar sendiri, ya. Biar kamu makin punya gambaran tentang acaranya, berikut beberapa potret kemeriahan Jakarta Fair.

Suasana di Area Luar Venue Jakarta Fair

Halaman Hall C1 JIExpo Kemayoran memang ramai pengunjung. Namun, dalam kondisi terkendali dan kamu masih bisa menjaga jarak orang lain. Sebelum pintu masuk, terdapat counter untuk kamu yang ingin membeli tiket secara on the spot.

Tak perlu khawatir jika menggunakan kendaraan pribadi, tempat parkir JIExpo cukup luas. Tapi kalau tak mau repot, kamu bisa datang menggunakan kendaraan umum. TransJakarta menyediakan armada dengan rute khusus ke Jakarta Fair.

Eksplor Berbagai Booth di Anjungan Pemprov DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta turut memeriahkan Jakarta Fair Kemayoran dengan anjungan tersendiri. Di sini kamu bisa melihat program-program Pemprov dan berpartisipasi dalam kegiatan yang disajikan, seperti download dan dan sign in ke aplikasi JakOne Mobile untuk mendapat saldo secara cuma-cuma! Kalau mau tanya-tanya, ada petugas booth yang siap siaga kok.

Di anjungan Pemprov, terdapat pula booth berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Salah satu di antaranya Jakarta Smart City (JSC).

Dengan layanan yang lebih mudah dan canggih misalnya, Bank DKI mengajak pengunjung untuk bertransaksi menggunakan JakOne Pay. Mulai dari scan QRIS untuk melakukan pembayaran hingga aktivitas uang elektronik, bisa dilakukan!

Sedangkan JakLingko menyediakan ragam layanan yang menunjang kemudahan bertransportasi umum di Jakarta. Ingin tahu apa saja? Kunjungi booth-nya, ya!

Kamu juga enggak boleh lewatkan nih booth Jakarta Smart City. Hadir dengan warna biru khasnya, kami siap membantu kamu mengeksplorasi dan mengenal lebih jauh JSC serta penerapan ekosistem kota cerdas di Jakarta.

Di booth JSC, kamu bisa melakukan virtual tour Pulau Bidadari sebagai bagian dari program Digital Nomad Island. Apa itu Digital Nomad Island? Singkatnya, ini merupakan program besutan Pemprov DKI Jakarta yang memfasilitasi masyarakat untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja di ruang publik serta pulau-pulau di sekitar Jakarta.

Di salah satu sudut booth Jakarta Smart City, kamu juga dapat melihat pencapaian kami beberapa tahun terakhir. Yang terbaru yakni kemenangan JSC di ajang WSIS (World Summit on the Information Society) Prizes 2022 dalam kategori ICT Applications: e-Science untuk Sistem Pengendalian Banjir (Flood Control System).

Belanja, Kuliner, Hingga E-Formula

Sepanjang perjalananmu menjelajahi Jakarta Fair, di kanan kiri banyak sekali booth yang bisa kamu datangi. Selaras dengan semangat Jakarta memajukan produk-produk lokal untuk pasar domestik maupun internasional, berbagai produk di Jakarta Fair memiliki kualitas yang bagus dan mampu bersaing dengan produk luar. Produk yang dipasarkan pun beragam jenis, seperti fashion, kerajinan tangan, furnitur, dan lain-lain. Jika beruntung, kamu bisa saja menemukan produk-produk dengan potongan harga ataupun door prize!

Perut kamu mulai lapar setelah berkeliling? Beragam makanan dari puluhan UMKM siap memanjakan lidahmu.

Ada satu lagi yang tak kalah menarik! Selepas mengukir sejarah balapan mobil listrik pertama di Indonesia lewat Formula E, Jakarta turut menghadirkan spot khusus di Jakarta Fair untuk pengunjung yang ingin melihat model mobil balap listrik lebih dekat.

Nikmati Live Performance dan Pesta Kembang Api

Nuansa Jakarta Fair semakin semarak dengan penampilan dari berbagai talenta maupun komunitas. Berbicara tentang ulang tahun Jakarta, tak lengkap rasanya tanpa ondel-ondel yang merupakan ikon budaya Betawi. Oleh karena itu, ondel-ondel pun manggung di Jakarta Fair pada 21 dan 22 Juni 2022, pukul 16.00–19.00 WIB.

Tepat pada pukul 21.00 WIB, 21 Juni 2022, pesta kembang api mulai digelar di Panggung Utama Jakarta Fair. Sorak-sorai pengunjung berpadu dengan bunyi kembang api serta cahaya yang melukis langit malam itu membuat Jakarta Fair semakin semarak. Selama Jakarta Fair berlangsung, pesta kembang api diadakan tiga kali, yakni saat pembukaan, ulang tahun Jakarta, dan penutupan pada 17 Juli 2022 mendatang.

Tentunya, masih banyak momen keseruan Jakarta Fair yang tak dapat diungkap oleh kata maupun diabadikan lewat kamera. Oleh karena itu, cara terbaik untuk kamu menikmatinya adalah dengan datang sendiri ke Jakarta Fair selagi berlangsung. Agar lebih seru, ajak pula teman, kolega, pasangan, ataupun keluargamu untuk berkunjung. Ini memang ulang tahun Jakarta, kita semua boleh kok bersenang-senang dan merayakannya, asal tetap menerapkan prokes seperti memakai masker, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan! Kamu enggak mau kan ketinggalan informasi tentang acara ini? Kunjungi website Jakarta Fair, ya.

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!