10 Jun 2021

Berbagai Kanal Jakarta Smart City untuk Mendapat Informasi PPDB

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

10 Jun 2021

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 masih berlangsung. Buat Smartcitizen yang merupakan Calon Peserta Didik Baru (CPDB) atau memiliki anak maupun saudara yang bakal mendaftarkan diri sebagai peserta didik baru, tentunya tak boleh ketinggalan informasi PPDB. Sayangnya, jika tak terlalu jeli memantau website resmi secara rutin, Smartcitizen bisa saja tertinggal informasi.

Tapi, tenang saja. Jakarta Smart City punya beberapa rekomendasi kanal informasi yang bisa kamu jadikan alternatif untuk mengetahui informasi terkini terkait PPDB. Apa saja kanalnya? Yuk, cari tahu dengan baca artikel ini. 

JAKI: Informasi PPDB Terkini Lewat Push Notification

Aplikasi JAKI(Jakarta Kini) besutan Jakarta Smart City menjadi salah satu kanal terdepan dalam membagikan aneka informasi yang diperlukan warga Jakarta, tak terkecuali PPDB tahun ajaran 2021/2022. Secara berkala, JAKI memberikan update terkait PPDB yang disertai dengan push notification. Adanya notifikasi ini dapat mempermudah kamu mengakses informasi PPDB.
 

Bagaimana tidak? Bayangkan bila kamu menggunakan aplikasi JAKI. Smartcitizen yang tak begitu punya banyak waktu luang untuk mengecek website setiap saat akan sangat terbantu. Sebab, kamu tak perlu terus memantau kanal atau website tertentu hanya untuk mendapatkan informasi PPDB, karena JAKI akan langsung mengirimkan push notification terkait PPDB setiap kali ada informasi terbaru. Push notification yang akan kamu terima dapat berupa reminder untuk melakukan pendaftaran, melaporkan diri setelah lulus seleksi, dan lainnya, sehingga kamu tak perlu takut terlambat mendaftar atau melaporkan diri. 

Chatbot JAVA: NgobrolinPPDB dengan Asisten Virtual JAKI 

Kamu sudah tahu belum kalau JAKI punya asisten virtual yang bisa ngobrol langsung dengan kamu tentang Jakarta? JAVA adalah chatbot dari JAKI yang menerapkan unsur teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk menunjang pembangunan Jakarta sebagai kota cerdas. JAVA siap menjawab berbagai pertanyaan kamu seputar berbagai topik hangat di Jakarta, termasuk PPDB tahun ajaran 2021/2022. Tak perlu ragu tentang akurasinya, sebab JAVA memiliki wawasan yang selalu ditingkatkan.


 

JAVA cocok digunakan saat kamu butuh mencari informasi tentang PPDB secara instan dan tiba-tiba. Hanya dengan mengetik kata kunci “PPDB” pada ruang obrolan JAVA, kamu akan langsung diarahkan kepada tautan jadwal pendaftaran dan lainnya. Kamu tak perlu membuka notifikasi ataupun mencari postingan terkait pada website atau media sosial. Cukup ketikkan satu kata kunci saja, maka informasi PPDB yang kamu butuhkan sudah di tangan. Praktis, bukan? 

[Yang Baru di Chatbot JAKI: Tanya Info BST Sampai Vaksinasi]

Media Sosial Jakarta Smart City

Agar pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2021/2022 yang diselenggarakan secara online semakin berjalan lancar, Jakarta Smart City turut membantu menyebarluaskan informasi PPDB melalui berbagai kanalnya. Salah satunya melalui aneka konten di media sosial Jakarta Smart City. Smartcitizen dapat mengunjungi InstagramTwitterFacebookblog, maupun MediumJakarta Smart City untuk tahu lebih banyak tentang PPDB Jakarta. Kamu akan menemukan informasi PPDB yang dikemas dalam beragam bentuk konten, seperti infografik, e-Poster, dan lainnya. 


 

Media Sosial Dinas Pendidikan DKI Jakarta 

Untuk Smartcitizen yang sering berselancar di media sosial, kamu juga bisa memantau informasi PPDB tahun pelajaran 2021/2022 di Jakarta melalui media sosial resmi milik Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada platform InstagramTwitter, dan Facebook. Di sana kamu dapat menemukan informasi PPDB, seperti mekanisme pendaftaran maupun jadwal pendaftaran PPDB. 
 


 

Itu dia kanal-kanal yang bisa kamu gunakan untuk mengakses informasi PPDB. Apapun kanalnya tidak masalah, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing, ya. Kalau kamu ingin menggunakan aplikasi JAKI dan chatbot JAKI untuk mengakses info PPDB, Smartcitizen bisa mengunduhnya melalui Google Play Storeataupun Apple Store. Dengan akses informasi yang lebih mudah dan terintegrasi, semoga pelaksanaan PPDB dapat berjalan lancar.

Jika kamu memiliki keluhan atau mengalami permasalahan terkait PPDB, kamu bisa loh melaporkannya melalui fitur JakLapor di JAKI. Tak perlu takut identitas terungkap, sebab JakLapor memiliki fitur sembunyikan laporan. Yuk, manfaatkan teknologi yang ada dan sama-sama kita dukung kelancaran program PPDB tahun pelajaran 2021/2022 di Jakarta!

Artikel Smart People Lainnya

Selain mendapat pengalaman, para peserta Data Science Trainee bisa membantu Jakarta menjadi lebih baik. Bahas keseruannya di sini!

Kamu yang suka eksplor Jakarta, mari merapat! Ada bus wisata Transjakarta Monas Explorer baru yang cocok untukmu. Simak selengkapnya di sini.

Abdi Bahasa Kepulauan Seribu menjadi kolaborasi Jakarta Smart City dan Kemendikbudristek untuk berbagi literasi digital di Pulau Tidung. Cek di sini!

Di JSCLab Sharing #7, kita belajar tentang kekuatan yang dimiliki oleh SEO. Ayo, bahas sekarang!

Pengguna transportasi umum, mari merapat! Ada protokol kesehatan baru di transportasi umum, termasuk penggunaan masker. Baca selengkapnya di sini.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2023 sudah dimulai! Ini syarat, mekanisme, hingga jadwal untuk tiap jenjang pendidikan.