26 Jul 2024

Nikmati Akses Wi-Fi Gratis di Jakarta dengan JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

26 Jul 2024

Kamu ingin bekerja, belajar, atau nongkrong dengan teman? Apapun kegiatannya, koneksi internet jadi hal yang dibutuhkan. Di Jakarta, koneksi Wi-Fi gratis telah disediakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui fitur Wi-Fi Gratis di aplikasi JAKI. Fitur ini tersedia di  daerah permukiman, sekolah, hingga taman-taman, agar warga dapat terhubung dengan dunia digital. 

Cara Terhubung dengan Wi-Fi Gratis JAKI

Menggunakan Wi-Fi gratis di aplikasi JAKI sangat mudah dan praktis. Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang perlu kamu ikuti.

  • Unduh dan Pasang Aplikasi JAKI
    • Aplikasi JAKI dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store. Pastikan Smartcitizen mengunduh versi terbaru untuk mendapatkan semua fitur terbaru dan perbaikan bug. Setelah selesai mengunduh, aplikasi JAKI otomatis terpasang di smartphone kamu.
  • Buka Aplikasi JAKI
    • Setelah fitur berhasil dibuka, kamu akan disambut dengan interface bewarna kombinasi putih dan biru dengan aneka fitur serta layanan. 
  • Temukan Fitur Wi-Fi Gratis
    • Di halaman utama aplikasi, carilah ikon Wi-Fi Gratis dengan mengetik “Wi-Fi” di bilah pencarian. Kamu juga bisa menemukan fitur ini dengan klik “Semua” pada bagian fitur di Beranda, lalu gulir ke bawah sampai menemukan fitur Wi-Fi Gratis. 
       
Akses Wifi Gratis Lewat JAKI


 

  • Pindai Area dan Cari Titik Wi-Fi Gratis
    • Klik Pindai Area dan fitur akan menampilkan peta Jakarta dengan titik-titik lokasi Wi-Fi gratis yang tersedia. Kemudian, zoom in dan pilih titik Wi-Fi gratis yang paling dekat denganmu dan akan kamu akses.
  • Dapatkan Usernamedan Password
    • Fitur Wi-Fi Gratis akan mengarahkan kamu ke laman login. Selanjutnya, klik dapatkan akun dan isi form untuk mendapatkan username dan password
  • Loginke Jaringan Wi-Fi Gratis
    • Setelah berhasil mendapatkan username dan password, gunakan untuk login. Jika login sudah berhasil, kamu akan tersambung dengan Wi-Fi Gratis Jakarta.

Tips Aman Berselancar dengan Wi-Fi Gratis

Meskipun layanan Wi-Fi gratis ini memprioritaskan proteksi data pengguna, tetap penting bagi Smartcitizen untuk berhati-hati dan menjaga keamanan data pribadi ketika mengakses Wi-Fi Gratis di JAKI maupun jaringan Wi-Fi lain. Berikut beberapa tips untuk berselancar di internet dengan aman:

  1. Gunakan Koneksi yang Aman
    • Pastikan kamu hanya terhubung ke jaringan Wi-Fi resmi yang disediakan oleh JAKI. Hindari jaringan Wi-Fi publik yang tidak dikenal dan tidak aman.
  2. Hindari Transaksi Keuangan
    • Usahakan tidak melakukan transaksi keuangan atau mengakses informasi sensitif, seperti perbankan online, saat menggunakan Wi-Fi publik. Gunakan jaringan internet pribadi kamu untuk aktivitas tersebut.
  3. Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi
    • Pastikan aplikasi JAKI dan sistem operasi smartphone selalu diperbarui ke versi terbaru untuk melindungi dari celah keamanan.
  4. Jangan Bagikan Informasi Pribadi
    • Hindari membagikan informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah, atau nomor identifikasi lainnya saat menggunakan Wi-Fi publik.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat menikmati manfaat Wi-Fi gratis di Jakarta dengan aman dan nyaman. Yuk, memanfaatkan fitur Wi-Fi Gratis dan tingkatkan produktivitas serta konektivitas kamu dengan JAKI!

Artikel Smart People Lainnya

Hati-hati dengan wabah Mpox cacar monyet! Cari tahu gejala, kelompok yang rentan tertular, hingga cara pencegahannya di sini.

Jangan panik, tetapi selalu waspada. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang gempa bumi Megathrust di Indonesia.

Pekan Imunisasi Nasional Polio tahap kedua sudah dimulai. Baca pertanyaan mendasar tentang polio serta jawabannya di sini.

Hari Kemerdekaan ke-79 RI sudah di depan mata. Yuk, napak tilas ke tempat bersejarah di Jakarta agar bisa lebih memaknai kemerdekaan.

Jangan bingung buat cari tempat olahraga di Jakarta. Pilihannya beragam! Yuk, cek di sini!

Future City Hackathon 2024 mencapai puncaknya 26 Juli lalu. Simak keseruan acara hingga daftar pemenang di sini.