Ramah Anak, Ini Rekomendasi Tempat Bermain di Jakarta

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

19 Jul 2024

Smartcitizen, kamu tahu kapan Hari Anak Nasional? Perayaan ini berdasarkan Undang-undang No. 4 Tahun 1979  tentang Kesejahteraan Anak. Undang-undang tersebut disahkan pada 23 Juli 1979. Itulah sebabnya Hari Anak Nasional dirayakan pada tanggal yang sama, yaitu setiap 23 Juli. 

Anak-anak adalah penerus generasi kita semua. Jadi, kita perlu memberi dukungan supaya mereka bisa tumbuh dan berkembang. 

Di Jakarta tersedia berbagai fasilitas umum atau tempat bermain untuk anak. Contohnya RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) dan perpustakaan. Nah, kalau kamu mau berkunjung, cek rekomendasinya di sini, yuk!
 

RPTRA Vlaboean Klender, Jakarta Timur

Punya aspirasi yang bermanfaat untuk Jakarta? Kita semua boleh banget menyuarakannya, lo! RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) Vlaboean Klenderadalah salah satu wujud aspirasi warga Jakarta. Terletak di Jakarta Timur, pembangunannya bermula dari agenda tahunan Musrenbang. Tempat ini menjadi ruang kreasi untuk beragam aktivitas. Anak-anak bisa bermain, berolahraga di lapangan, bahkan membaca di perpustakaan. Kegiatan-kegiatan yang mengedukasi pun bisa dilakukan di sini, contohnya berupa sosialisasi dan lokakarya. Untuk kamu yang termasuk warga Klender, dukung RPTRA ini, yuk!

 

RPTRA Vlaboean Klender. Sumber: Jakarta Smart City

RPTRA Vlaboean Klender. Sumber: Jakarta Smart City


 

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jakarta Selatan

Sering berkunjung ke Blok M, Jakarta Selatan? Kawasan ini punya banyak tempat menarik, salah satunya Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. Di sana pengunjung bisa menikmati rindang pepohonan. Anak-anak bisa bermain di plaza anak, sementara orang tuanya dapat mengawasi sambil menggelar tikar dan bersantai. Selain itu, ada ruang baca yang dilengkapi dengan bacaan untuk anak-anak. Ketika masuk ke dalam, jangan lupa untuk menjaga ketenangan, ya. 
 

Plaza anak di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. Sumber: Jakarta Smart City

Plaza anak di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu. Sumber: Jakarta Smart City

 

RPTRA Sunter Jaya, Jakarta Utara

RPTRA memang menjadi tempat yang pas untuk anak-anak. Mereka senang menggunakan alat bermain dan orang tua pun tidak perlu khawatir tentang keamanannya. Di RPTRA Sunter Muara, Jakarta Utara, pengunjung bisa bermain bahkan berolahraga. Perpustakaannya pun dimanfaatkan untuk menambah ilmu. Yuk, habiskan waktu luangmu di sini!
 

RPTRA Sunter Jaya. Sumber: Berita Jakarta

RPTRA Sunter Jaya. Sumber: Berita Jakarta

 

Perpustakaan Jakarta, Jakarta Pusat

TIM (Taman Ismail Marzuki)  adalah sebuah pusat kesenian di Jakarta Pusat. Perpustakaan Jakarta  menjadi salah satu fasilitas yang dimilikinya. Terdiri dari beberapa lantai, di sana ada koleksi buku berbahasa Indonesia dan Inggris. Ruang bermain untuk anak-anak pun tersedia di lantai empat. Di dalamnya ada berbagai mainan dan koleksi buku anak yang bisa dibaca. Lengkap, kan?
 

Ruang bermain di Perpustakaan Jakarta. Sumber: Jakarta Smart City

Ruang bermain di Perpustakaan Jakarta. Sumber: Jakarta Smart City


 

Taman Cattleya, Jakarta Barat

Kemudahan akses untuk membaca adalah hal yang penting, kamu setuju? Di Jakarta, ada rak buku Bookhiveyang membiarkan pembaca meminjam buku dengan bertanggung jawab. Taman Cattleya di Jakarta Barat adalah salah satu tempat yang memiliki fasilitas ini. Jadi, selain menggunakan area bermain anak, pengunjung pun bisa membaca buku. Asyik!

 

Bookhive di Taman Cattleya. Sumber: Bookhive

Bookhive di Taman Cattleya. Sumber: Bookhive


 

Tebet Eco Park, Jakarta Selatan

Siapa yang belum pernah ke Tebet Eco Park? Kalau kamu salah satunya, coba kenalan dengan dulu sama taman ini. Terletak di Tebet, Jakarta Selatan, Tebet Eco Park punya beberapa zona. Pengunjung bisa pergi ke Zona Selatan untuk bermain di Children Playground. Ada sarana permainan yang bisa digunakan, supaya kemampuan motorik dan sensorik anak-anak terlatih. Konsep area bermain ini dirancang untuk menyatu dengan alam, sehingga pengunjungnya bisa bebas mengeksplor. Yuk, berkunjung! Cek caranya di sini, ya.
 

Tebet Eco Park. Sumber: Jakarta Smart City


 

Cari Tempat Favoritmu Pakai JAKI

Kamu masih butuh rekomendasi lain? Jangan khawatir! Kalau unduh JAKI, kamu bisa cari beragam tempat yang bisa jadi favoritmu. Caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  1. Buka JAKI dan nyalakan lokasi perangkat.

  1. Ketik fitur “Peta” di bilah pencarian.

  1. Pilih kategori di bagian Fasilitas Umum: Taman, RPTRA, atau RTH.

 

Setelah mengklik salah satu Fasilitas Umum, JAKI akan menunjukkan lokasi terdekat darimu. Oh ya, kamu enggak perlu kebingungan gimana cara ke sana. Di bawahnya, ada kategori Transportasi. Kamu cukup pilih opsi seperti Bus Stop (halte Metrotrans dan Mikrotrans), Halte TJ (Halte Transjakarta), Stasiun MRT, atau Stasiun LRT. Nanti, akan terlihat halte atau stasiun terdekat dari lokasimu. Silakan pilih rute sesuai tujuan, ya! 
 

Fitur Peta. Sumber: JAKI

Fitur Peta. Sumber: JAKI



Fasilitas umum seperti RPTRA dan perpustakaan adalah hal yang penting bagi perkembangan anak-anak. Dengan menjaga fasilitasnya, kita pun berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih baik. Ayo, kita rawat dan dukung bersama-sama! Semoga, Jakarta selalu penuh dengan fasilitas yang mendukung pendidikan dan perkembangan generasi selanjutnya. Butuh informasi lain tentang fasilitas atau tempat bermain untuk anak? Yuk, ikuti @jsclab!

Penulis dan Editor

Artikel Smart People Lainnya

Hati-hati dengan wabah Mpox cacar monyet! Cari tahu gejala, kelompok yang rentan tertular, hingga cara pencegahannya di sini.

Jangan panik, tetapi selalu waspada. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang gempa bumi Megathrust di Indonesia.

Pekan Imunisasi Nasional Polio tahap kedua sudah dimulai. Baca pertanyaan mendasar tentang polio serta jawabannya di sini.

Hari Kemerdekaan ke-79 RI sudah di depan mata. Yuk, napak tilas ke tempat bersejarah di Jakarta agar bisa lebih memaknai kemerdekaan.

Jangan bingung buat cari tempat olahraga di Jakarta. Pilihannya beragam! Yuk, cek di sini!

Future City Hackathon 2024 mencapai puncaknya 26 Juli lalu. Simak keseruan acara hingga daftar pemenang di sini.