17 Apr 2024

Tips Aman Hadapi Arus Balik Setelah Mudik Lebaran

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Amira Sofa

17 Apr 2024

Perayaan Lebaran yang lalu sudah berubah jadi kenang-kenangan. Gimana nih, Smartcitizen, serukah? Sekarang waktunya kita kembali ke rutinitas masing-masing. Namun, sampai saat ini, mungkin banyak orang memilih untuk memperpanjang masa liburan. Nah, kalau kamu termasuk salah satunya, selalu ingat untuk berhati-hati saat kembali ke rumah, ya! Di bawah ini ada tips menghadapi arus balik setelah mudik. Yuk, kita bahas bersama-sama!

 

Cara Hadapi Arus Balik Setelah Mudik

Pelaksanaan operasional arus balik Lebaran disiapkan sebelum hari libur selesai. Terlihat dari waktu tempuh mudik pada 2024 yang mencapai 6 jam 54 menit. Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub) telah menegaskan, pengemudi harus dalam keadaan sehat.
 

Mudik 2024. Sumber: Diskominfotik

Mudik 2024. Sumber: Diskominfotik
 

“Kami mengimbau, bagi mereka yang akan kembali ke kota asal, cari kendaraan yang fit dan cari supir yang segar. Lalu, pastikan bahwa jumlah [penumpang] dari mobil yang digunakan tidak terlalu banyak,” jelas Menhub. Supaya kamu sampai di rumah dengan selamat, yuk, catat tips dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ)!
 

  1. Hati-hati di perjalanan.

Saat mengemudi, selalu ingat untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Ini akan membuat perjalananmu menjadi teratur dan menjaga kenyamanan bersama dengan pengemudi lain.

  1. Persiapkan fisik dan kendaraan secara prima.

Pastikan kamu sudah istirahat yang cukup sebelum berangkat, ya. Dengan melakukan ini, fisik kamu akan tetap kuat. Periksa juga kendaraanmu, apakah rem, lampu, ban, dan oli mesin dalam keadaan baik.

  1. Jika lelah, silakan beristirahat.

Kamu merasa ngantuk? Nah, jangan memaksakan diri untuk terus berkendara, ya. Carilah tempat istirahat yang aman. Kamu bisa memilih tempat istirahat (rest area) untuk berhenti sebentar. Di situ kamu bisa sekalian beli hidangan favorit atau oleh-oleh, lo!

  1. Jaga kecepatan dan jarak aman dengan kendaraan lain.

Jangan mengebut dan selalu patuhi batas kecepatan. Pastikan juga kamu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain yang ada di depan. Hal ini bertujuan supaya semua kendaraan tidak menabrak satu sama lain.

  1. Perhatikan cuaca. Jika terjadi kabut tebal, gunakan lampu besar.

Belakangan ini kita sering menghadapi hujan. Saat di jalan, jika ada kabut tebal, ingat untuk menyalakan lampu besar, ya. Ini akan membantu pengemudi lain untuk melihat kendaraanmu.

 

Balik ke Jakarta Bareng JAKI

Kamu sudah sampai di Jakarta? Asyik! Saatnya beristirahat atau berkabar dengan keluarga di kampung halaman. 

Untuk melanjutkan perjalanan di Jakarta, kamu bisa tetap naik transportasi publik juga, lo! Dengan begini, kamu bisa lebih hemat ongkos, bahkan mempersingkat waktu perjalanan. Nah, kalau pakai fitur Transportasi Publik di aplikasi super JAKI, kamu bebas jelajahi Jakarta. Tinggal pilih moda transportasi publik yang cocok buatmu: MRT Jakarta, LRT Jakarta, Transjakarta, atau Mikrotrans. Gimana cara pakai fiturnya? Begini, nih!

  1. Unduh JAKI  di Google Play atau AppStore. Gratis!
  2. Ketik Transportasi Publik di bilah pencarian JAKI.
  3. Klik jenis transportasi publik pilihanmu.
  4. Lihat informasi transportasi publik: jam operasional, tarif maksimal, jadwal, dan rute.

 

Transjakarta. Sumber: Jakarta Smart City

Transjakarta. Sumber: Jakarta Smart City

 

Selamat beraktivitas lagi! Semoga Lebaran tahun depan bisa kembali memberikan memori-memori menyenangkan. Kalau kamu butuh informasi lain tentang transportasi publik di Jakarta, silakan ikuti @jsclab, ya!

Penulis dan Editor

Artikel Smart People Lainnya

Ulang tahun Jakarta sebentar lagi! Berbagai rangkaian acara ini diselenggarakan untuk merayakan hari jadi kota tercinta.

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

PPDB DKI Jakarta 2024 akan dibuka sebentar lagi. Sudah siap? Jangan ketinggalan, catat jadwalnya, ya!

31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Upaya bebas asap rokok di Jakarta dilakukan melalui Kawasan Dilarang Merokok

PPDB DKI Jakarta 2024 diikuti oleh semua satuan pendidikan. Supaya tidak keliru, pelajari ketentuan dan mekanismenya di sini, ya!

Membeli buku di Jakarta jadi tantangan tersendiri, karena beragamnya toko. Ini beberapa rekomendasi untukmu, mulai dari pasar hingga hub literasi.