19 Sep 2021

Status Pendaftaran Vaksinasi yang Perlu Kamu Tahu

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

19 Sep 2021

Apakah kamu ingin mendaftar untuk vaksinasi? Saat mendaftarkan vaksinasi lewat JAKI, kamu akan menemukan status ketika mendaftar. Status tersebut menjadi penanda penting yang perlu kamu ketahui artinya.  Jadi, daripada bingung, ada pengingat penting yang perlu kamu perhatikan dulu, nih. 

Status Pendaftaran Vaksinasi

Proses pendaftaran melalui JAKI akan terlebih dahulu melewati beberapa tahap. Pada aplikasi JAKI, kamu bisa melihatnya di bagian Jakarta Tanggap Covid-19, lalu pilih Vaksinasi Covid-19. Saat kamu memasukkan nama dan NIK, kamu perlu mengetahui arti dari status saat kamu mendaftar vaksinasi. Status ini menunjukkan kondisi, apakah kamu masih dalam proses penjadwalan atau sudah bisa divaksin. Status vaksinasi terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

Status Dalam Proses Penjadwalan

Jika kamu menemukan status ini, artinya data calon peserta vaksin sedang diinput dan diverifikasi dalam sistem PeduliLindungi dan PCare. Hal ini dilakukan untuk memastikan, apakah data yang dimasukkan sudah valid dan sebagai kebutuhan pencatatan data secara nasional. Nah, proses verifikasi ini perlu dilakukan untuk mencegah pemalsuan data dan mengintegrasikan data vaksinasi provinsi dengan data nasional. Sebagai informasi tambahan, proses verifikasi ini akan berlangsung minimal selama 1x24 jam. Selama statusnya masih dalam proses penjadwalan, lakukan cek statusnya secara berkala, ya!

Status Siap Divaksinasi

Jika kamu mendapatkan status ini, itu tandanya kamu sudah bisa mencetak Kartu Vaksinasi dan Kartu Kendali. Lalu, kamu dapat mendatangi sentra vaksinasi yang dipilih untuk menerima suntikan vaksin. Jangan lupa siapkan dirimu dan tetap menaati protokol kesehatan, baik sebelum maupun setelah mendapatkan vaksin, ya!

Sekarang, kamu sudah lebih paham dengan status pendaftaran vaksinasi, kan? Jadi, kamu tidak perlu merasa bingung lagi saat mendaftar vaksinasi di JAKI. Kamu tak perlu khawatir mengalami kesulitan saat mencetak kartu kendali dan kartu vaksinasi, selama menggunakan nama lengkap dan NIK yang benar saat mendaftar, karena proses verifikasi akan dilakukan secara tepat waktu. Sebelum mendaftar, kamu bisa mengecek ketersediaan vaksin di sentra vaksinasi dan nama vaksinnya yang tersedia dengan mengunjungi tautan ini. Nah, yang paling penting, lindungi diri dan orang sekitarmu dengan mendaftar vaksinasi lewat JAKI, ya. Kamu bisa mengunduh aplikasi super kebanggaan warga Jakarta ini lewat Google Play Storeatau App Store.

Artikel JAKI Lainnya

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.