17 Feb 2022

Sedang Hujan Lebat? Jangan Lupa Lakukan Hal Ini, Yuk!

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

17 Feb 2022


 Belakangan ini, kalau kamu sering memantau notifikasi di aplikasi JAKI, Jakarta cukup sering diguyur hujan. Mulai dari intensitas sedang bahkan hingga lebat. Diperkirakan, Jakarta akan mengalami puncak hujan hingga akhir Februari ini. Kondisi cuaca ekstrem seperti ini tentu saja membuat kita mesti waspada,  apalagi saat terjadi genangan atau banjir. Nah, jika kamu dalam kondisi darurat akibat cuaca ekstrem, ada beberapa informasi yang perlu diperhatikan, nih. Baca di sini, yuk!
 

Saat Hujan Lebat, Perhatikan Beberapa Informasi Ini

Ketika hujan dengan intensitas lebat datang, kamu bisa mengakses informasi-informasi yang disediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. Informasi-informasi ini meliputi peringatan cuaca ekstrem beserta durasinya serta potensi curah hujan yang akan terjadi di wilayah DKI Jakarta. Selain itu, ada informasi penting lainnya yang juga bisa kamu akses dari Pemprov DKI Jakarta untuk mengetahui potensi banjir, seperti berikut ini.

Pantau Tinggi Muka Air

Kamu bisa memantau tinggi muka air dari pos pintu air yang ada di dekat wilayahmu. Informasi ini dapat diakses dengan mudah karena tersedia secara daring di bpbd.jakarta.go.id/waterlevel. Kamu bisa melihat data tentang pintu air dan ketinggian muka air berdasarkan jamnya. 
 


 Selain situs BPBD, kamu juga bisa mendapatkan informasi soal kondisi pintu air di wilayahmu melalui fitur JakPantau di JAKI. Di situ kamu bisa melihat data tentang beberapa pintu air dan jumlah pompa yang beroperasi serta bersiaga di Jakarta. 


 


 

Siap Siaga dengan Buku Saku Siaga Banjir


Selain itu, apabila berada di kawasan rawan banjir, kamu juga bisa mengunduh buku panduan mengenai kesiapsiagaan yang telah disediakan Pemprov DKI Jakarta. Dalam buku ini, terdapat panduan siaga banjir bagi warga dan para pengurus RT/RW. Harapannya, buku ini dapat memandumu untuk beberapa skenario: sebelum, saat, maupun setelah banjir datang. Informasi tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis di sini.

 


 

Dapatkan Informasi Banjir dari Situs Pantau Banjir

Ada pula situs yang menyediakan berita tentang banjir, data riwayat banjir di Jakarta, dan peta informasi banjir. Informasi tersebut bisa kamu akses melalui pantaubanjir.jakarta.go.id. Salah satu informasi yang bisa kamu pantau adalah dasbor peta banjir berbasis di wilayah RT, di mana kamu bisa melihat area banjir dari berbagai RT di Jakarta. Cara untuk mendapatkan informasi ini juga begitu mudah, yaitu kamu cukup memilih menu Peta Banjir Berbasis RT. 


[Baca artikel iniuntuk mengetahui cara membaca peta banjir]

Jika Temukan Genangan/Banjir, Laporkan Segera Lewat JAKI

Terakhir, apabila terjadi hujan lebat yang mengakibatkan genangan atau banjir, kamu bisa laporkan melalui aplikasi JAKI. Dengan JAKI, kamu hanya butuh waktu enggak sampai lima menit dan laporannya berbasis geo-tagging, jadi bisa ditindaklanjuti lebih akurat. Selain itu, kamu juga bisa melacak laporanmu secara real-time. Nah, laporanmu ini teramat berarti untuk Jakarta dalam menanggulangi banjir. Cara melapornya, bisa ikuti langkah ini.

  • Buka aplikasi JAKI
  • Pilih tombol kamera
  • Pilih opsi publik, untuk laporan genangan/banjir. Lalu, pilih buat laporan
  • Foto genangan yang kamu temukan
  • Pilih kategori Banjir
  • Tulis deskripsi dan genangan banjir dengan lengkap. Kemudian, isi info lokasi dan patokan lebih detail
  • Pilih simpan. Lalu, jika laporannya sudah sesuai bisa pilih Kirim Laporan. Setelah itu, kamu bisa memantau progres laporan kamu


[Tonton video iniuntuk ketahui cara lapor genangan di JAKI]

Namun, jika terdapat kondisi yang darurat, seperti pohon tumbang, banjir, jalan tergenang, penyelamatan, dan lainnya, kamu bisa menghubungi nomor 112. 
 

Oke, itu dia beberapa informasi yang perlu kamu perhatikan saat menemukan potensi genangan/banjir di sekitar wilayahmu. Apalagi pada saat hujan berintensitas sedang hingga lebat. Selain itu, karena kita masih berada di tengah pandemi, tetap jaga kesehatan dan protokol kesehatan 6M (menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker, menjauhi kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas). Untuk dapat informasi terkini soal genangan/banjir bisa dari aplikasi JAKI saja, unduh aplikasinya lewat Google Play Storeatau App Store
 

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!