13 Apr 2023

Begini Cara Masuk Tebet Eco Park

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

13 Apr 2023

Akhir-akhir ini, taman kota kerap jadi destinasi wisata pilihan warga Jakarta, termasuk di antaranya Tebet Eco Park. Area yang luas dan suasana yang asri di tengah hiruk pikuk kota jadi salah satu alasan kenapa taman ini digemari. Nah, buat kamu yang mau masuk ke Tebet Eco Park, baik untuk berolahraga, main bersama anak, atau ngabuburit saja, berikut ini cara masuk Tebet Eco Park 2023 beserta peraturan berkunjungnya. 

Cara Masuk Tebet Eco Park 2023

Sejak 15 Agustus 2022, pengunjung yang ingin datang ke Tebet Eco Park perlu mendaftarkan diri terlebih dulu. Tujuannya, agar jumlah pengunjung dalam waktu yang sama tak membludak, sehingga lebih nyaman dan aman berkegiatan di Tebet Eco Park. 

Untuk mendaftar, Smartcitizen bisa menggunakan aplikasi JAKI. Begini cara daftar Tebet Eco Park: 

  1. Buka aplikasi JAKI. Belum punya aplikasi JAKI untuk mendaftar? Unduh melalui Google Play Storeataupun Apple App Store;
  2. Ketik Tebet Eco Park di bilah pencarian; 
Cara masuk Tebet Eco Park
Cara masuk Tebet Eco Park


 

  1. Baca Syarat & Ketentuan dengan seksama. Jika sudah baca serta setuju, centang persetujuan syarat dan ketentuan. Klik Next; 


 

Cara masuk Tebet Eco Park

  1. Pilih jumlah pengunjung, tanggal kunjungan, dan sesi kunjungan. Satu reservasi dapat berlaku untuk paling banyak lima orang. Kamu bisa pilih hari kunjungan dengan rentang tujuh hari dari tanggal reservasi. Ada dua sesi kunjungan yang bisa dipilih per hari. Jika sudah memilih jumlah, tanggal, dan sesi kunjungan, klik Next;

Cara masuk Tebet Eco Park


  1. Masukkan data diri dari pengunjung dengan benar. Jika reservasi dibuat untuk lebih dari satu pengunjung, masukkan pula nama dan usia pengunjung lainnya. Jika sudah, klik Submit;

Cara masuk Tebet Eco Park


 

Cara masuk Tebet Eco Park


  1. Kamu akan mendapatkan barcode melalui e-mail yang akan berfungsi sebagai tiket masuk. Tunjukkan barcode tersebut saat mau masuk Tebet Eco Park, ya.

 

Cara masuk Tebet Eco Park

Kesulitan mengakses JAKI? Kamu juga bisa mendaftar melalui lamanpendaftaran di situs Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta. 

Aturan Berkunjung ke Tebet Eco Park

Selama berada di Tebet Eco Park dan menggunakan fasilitasnya, ada beberapa peraturan berkunjung yang perlu kamu perhatikan. Mengutip situsresmi Tebet Eco Park, berikut ini detailnya: 

  1. Selalu menjaga dan merawat seluruh fasilitas dan area taman;
  2. Selalu menjaga etika, kesopanan, dan tidak melakukan tindak asusila selama di taman;
  3. Gunakan makanan ikan yang sudah disediakan pengurus taman;
  4. Dilarang melompat dari jembatan Infinity Link Bridge;
  5. Selalu menjaga jarak aman untuk menghindari penyebaran Covid-19;
  6. Buang sampah pada tempatnya;
  7. Berlindung di shelter saat hujan;
  8. Sepeda hanya boleh dituntun;
  9. Dilarang berteduh di bawah pohon;
  10. Dilarang meminum minuman beralkohol;
  11. Dilarang memberi makan ikan sembarangan;
  12. Dilarang merokok di dalam taman;
  13. Dilarang membawa hewan peliharaan;
  14. Dilarang berenang di sungai; 
  15. Segera ke titik kumpul jika terjadi banjir/keadaan darurat;
  16. Dilarang melakukan tindak vandalisme; dan
  17. Hati-hati ranting jatuh.
     

Tebet Eco Park diawasi oleh pengelola selama 24 jam, oleh karena itu pastikan kamu menaati seluruh peraturan yang telah ditentukan, ya.
 

Suasana Tebet Eco Park

Informasi Berkunjung Lainnya

Tebet Eco Park dibuka untuk umum selama Senin-Minggu dengan dua sesi, yakni sesi pertama pukul 06.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00-18.00 WIB. Berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan, akses transportasi umum menuju dan taman ini juga beragam. Misalnya KRL Commuter Line, MRT, Mikrotrans, dan Transjakarta. Pengguna kereta bisa turun di Stasiun Cawang lalu jalan kaki sekitar 800 meter ke Tebet Eco Park. Bisa pula turun di Stasiun Tebet dan melanjutkan perjalanan naik Mikrotrans JAK-43 (Tongtek-Cililitan) lalu turun di perhentian bus dekat Tebet Eco Park. Pengguna Transjakarta bisa naik rute 9 atau 9C dan turun di Pinang Ranti, 9A dan turun PGC 2, maupun 7D kemudian turun di Cawang UKI. 

Suasana Tebet Eco Park

Namun, jika kamu ke Tebet Eco Park dengan naik kendaraan pribadi, juga bisa! Smartcitizen dapat memarkirkan kendaraan di lima lokasi parkir yang telah disiapkan, yakni Sarana Jaya, SMPN 73 Jakarta, Gedung Graha Pratama, Gedung Wisma Pede, dan Pom Bensin SPBU 31-128. 

Itu tadi, cara masuk Tebet Eco Park 2023 beserta peraturan berkunjung yang perlu kamu perhatikan. Gimana, tertarik berkunjung? Kalau mau tahu lebih detail tentang taman ini, cek situs resmimaupun akun InstagramTebet Eco Park, ya. Sampai ketemu di Tebet Eco Park! 

 

Baca juga: 

Menjelajah Tebet Eco Park yang Baru

Cara Mendaftar Kunjungan Tebet Eco Park

Penting Baca Ini Sebelum Piknik ke Tebet Eco Park

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!