05 Apr 2023

Lima Tips Ngabuburit Seru ala Smartcitizen

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

05 Apr 2023

Ramadan tiba, Ramadan tiba, Ramadan tiba.

Marhaban ya Ramadan, Marhaban ya Ramadan, Marhaban ya Ramadan.

Hayo, siapa yang otomatis jadi nyanyi pas baca kalimat di atas? Potongan lirik lagu Opick memang bikin berkesan, terutama bagi teman-teman beragama Islam saat memasuki bulan Ramadan. Yups, saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa. Selama berpuasa, berbagai kegiatan yang bermanfaat dilakukan, baik ibadah wajib maupun sunah. Selain beribadah, ada juga kegiatan khas masyarakat Indonesia yang dilakukan saat Ramadan menjelang buka puasa, yakni ngabuburit.

Apa itu ngabuburit? Secara umum, ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunggu azan Magrib menjelang buka puasa. Menurut bahasa Sunda, ngabuburit berasal dari frasa ngalantung ngadagoan burit, yang artinya adalah “bersantai-santai sambil menunggu waktu sore”. Istilah ngabuburit kemudian lama-kelamaan menyebar ke seluruh pelosok Indonesia sebelum 1990-an, hingga akhirnya menjadi tradisi sampai sekarang.

Seiring dengan perkembangan zaman, kegiatan ngabuburit menjadi semakin beragam. Supaya Ramadan kamu tetap produktif dan menikmati puasa dengan lancar sambil menunggu waktu berbuka, yuk simak ide ngabuburit di bawah ini!

Bersantai di Taman

Taman Literasi Martha

Jalan-jalan sore sambil menikmati udara segar bersama keluarga atau teman dapat menjadi pilihanmu untuk mengisi waktu luang. Beberapa taman, seperti Hutan Kota GBK, bahkan bisa dijadikan tempat piknik bersama untuk menikmati pemandangan Jakarta. Lokasinya yang strategis di tengah kota membuatnya dapat diakses dengan mudah berbagai transportasi umum, seperti Transjakarta ataupun MRT. Taman lainnya, seperti Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, cocok untuk kamu yang ingin bercengkerama sambil menikmati senja. Terdapat juga buku dalam perpustakaan taman yang bisa kamu nikmati sekaligus menunggu waktu berbuka.

Kamu pun bisa mendatangi taman lainnya ataupun yang terdekat dengan lokasimu lewat fitur JakPeta di JAKI. Beberapa taman, seperti Tebet Eco Park dan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, dapat kamu reservasi terlebih dahulu lewat fitur Ruang Ketiga JAKI, sehingga dapat langsung datang tanpa perlu khawatir kehabisan kuota.

Wisata Religi

Masjid Luar Batang

Jakarta merupakan kota yang penuh dengan sejarah. Berbagai peristiwa terjadi di sini, mulai dari kolonialisme, perjuangan kemerdekaan, hingga religi. Hal tersebut menjadikan Jakarta memiliki banyak tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi, sehingga cocok untuk berwisata. Bukan hanya wisata masa lalu berupa kenangan, tapi juga wisata religi yang bisa menambah keimanan.

Salah satu objek wisata religi yang bisa kamu kunjungi adalah Masjid Luar Batang. Berlokasi di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, masjid tertua di Jakarta yang didirikan sejak abad ke-18 oleh Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus ini berlatar belakang unik. Penamaan Luar Batang sesuai dengan julukan Habib Husein sendiri, yaitu Habib Luar Batang.

Sebagai pusat penyebaran Islam di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa, masjid ini kerap didatangi banyak peziarah, untuk beribadah sekaligus mendoakan Habib Husein, terutama pada 17 Ramadan yang merupakan tanggal Hijriah wafatnya. Makam Habib Husein terletak bersebelahan dengan Masjid Luar Batang.

Kamu bisa mengakses Masjid Luar Batang dengan menggunakan Transjakarta rute 12B Pluit-Kota, lalu turun di halte Masjid Luar Batang. Melalui fitur JakLingko di JAKI, rute dan jadwalnya dapat dilihat dengan mudah. Perjalananmu akan menjadi lebih lancar, tanpa khawatir terjebak kemacetan.

Membaca Buku

Perpustakaan Jakarta

Buku dapat menjadi teman yang setia. Bahkan, pecinta buku menjadikannya sebagai sahabat sejati. Oleh karena itu, membaca buku dapat menjadi kegiatan yang asyik untuk ngabuburit. Mengunjungi toko buku favorit untuk membeli buku bacaan baru merupakan salah satu alternatif mengisi waktu.

Perpustakaan Jakarta dalam kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jalan Cikini Raya cocok pula bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu ngabuburit dengan membaca buku. Berkonsep industrialis dan modern, perpustakaan ini berkesan nyaman, tenang, serta aman bagi pengunjung. Koleksinya pun tergolong lengkap, mulai dari buku fiksi hingga ilmu pengetahuan.

Aksesnya juga tergolong mudah. Kamu dapat naik KRL, lalu turun di Stasiun Cikini, kemudian berjalan kaki ke TIM. Smartcitizen pun bisa naik bus Transjakarta, rute maupun jadwalnya dapat kamu cek melalui fitur JakLinko di JAKI.

Olahraga

Jogging

Menjaga daya tahan tubuh dan membuatnya tetap aktif selama bulan puasa juga perlu dilakukan. Olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang dibutuhkan, supaya tubuhmu tetap bugar. Olahraga ringan seperti cardio atau stretching dapat menjadi pilihanmu. Joging santai bisa pula jadi alternatif olahraga sedangmu. Mencoba berbagai kelas di tempat gym atau fitness cocok buat kamu yang ingin mencari suasana baru.

Kamu bisa coba tiga pilihan waktu yang tepat untuk berolahraga. Pertama, kamu berolahraga sekitar sejam menjelang berbuka puasa. Kedua, olahraga dua sampai tiga jam setelah tubuh mencerna makanan juga bisa jadi pilihanmu. Ketiga, untuk kamu yang belum punya waktu banyak, olahraga ringan setelah sahur cocok jadi alternatif. Apapun pilihan waktumu, tetap sesuaikan dengan kondisi dan keadaan ya!

Mencoba Berbagai Resep Berbuka

Es Buah Berbuka Puasa

Untuk kamu yang ingin ngabuburit di rumah dan sedang tidak ingin keluar, tak perlu khawatir karena masih ada berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan. Pernah mendengar hadits, “Berbukalah dengan yang manis”? Nah, salah satu cara ngabuburit di rumah adalah dengan menyiapkan berbagai resep makanan dan minuman yang menggugah selera.

Minuman segar seperti es kopyor, es buah, hingga es dawet biasanya jadi langganan di meja makan saat berbuka puasa. Mencari ide dan berkreasi dengan resep minuman segar tersebut dapat menjadi alternatif pilihanmu untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Menu berbuka puasamu jadi lebih lengkap dan yang terpenting makanan atau minuman jadi lebih terpantau sehat, karena kamu mengetahui bahan-bahannya.

Nah, itulah informasi tentang tips ngabuburit seru yang bisa kamu lakukan. Yuk, jadikan momen Ramadan ini sebagai langkah untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan lupa ikuti media sosial JSClab untuk mendapatkan tips seputar berbuat baik ataupun info menarik lainnya.

 

Artikel Smart People Lainnya

Selain mendapat pengalaman, para peserta Data Science Trainee bisa membantu Jakarta menjadi lebih baik. Bahas keseruannya di sini!

Kamu yang suka eksplor Jakarta, mari merapat! Ada bus wisata Transjakarta Monas Explorer baru yang cocok untukmu. Simak selengkapnya di sini.

Abdi Bahasa Kepulauan Seribu menjadi kolaborasi Jakarta Smart City dan Kemendikbudristek untuk berbagi literasi digital di Pulau Tidung. Cek di sini!

Di JSCLab Sharing #7, kita belajar tentang kekuatan yang dimiliki oleh SEO. Ayo, bahas sekarang!

Pengguna transportasi umum, mari merapat! Ada protokol kesehatan baru di transportasi umum, termasuk penggunaan masker. Baca selengkapnya di sini.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2023 sudah dimulai! Ini syarat, mekanisme, hingga jadwal untuk tiap jenjang pendidikan.