14 Apr 2022

Langkah-langkah Dukung Jakarta di WSIS dan IDC SCAPA 2022

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

14 Apr 2022

Awal 2022 disambut cerah oleh Jakarta yang berhasil mewakili Indonesia di dua ajang internasional: WSIS Prizes dan IDC Asia Pacific Smart City Awards. Agar dapat melaju ke tahap selanjutnya, Jakarta butuh bantuan Smartcitizen, nih! Seperti apa caranya?

Sistem Pengendalian Banjir (Flood Control System) dan JAKI Mewakili Indonesia di Ajang Internasional

Pada 2022 ini, Jakarta mendapat pengakuan di dua ajang internasional, WSIS Prizes dan IDC Asia Pacific Smart City Awards. Sistem Pengendalian Banjir (Flood Control System) dan JAKI berhasil mewakili Indonesia dalam dua kategori di IDC Asia Pacific Smart City Awards: Public Safety-Next Generation Emergency Services dan Pandemic Management. Sementara itu, di ajang World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2022, Sistem Pengendalian Banjir terpilih dalam nominasi kategori C7. ICT applications: benefits in all aspects of life — E-science.

Cara Dukung Jakarta di Ajang WSIS Prizes dan IDC Asia Pacific Smart City Awards

WSIS Prizes dan IDC Asia Pacific Smart City Awards merupakan dua ajang penghargaan yang diadakan oleh dua institusi berbeda. Oleh karena itu, alur pemberian dukungannya pun berbeda. Tapi, jangan khawatir! Berikut tutorial singkat untuk Smartcitizen yang sudah bersiap memberikan vote untuk Jakarta.

Dukung Jakarta di WSIS Prizes

Di ajang WSIS Prizes, Jakarta masuk dalam nominasi kategori C7. ICT applications: benefits in all aspects of life — E-science melalui Flood Control System. Kalau kamu belum tahu, tahun lalu JAKI meraih gelar Champion Project dalam kategori E-Government. Nah, tahun ini, yuk kita bawa Jakarta jadi juara pertama!Vote sudah bisa dilakukan sejak 1 Maret 2022 dan akan ditutup pada 31 Maret 2022 mendatang. Untuk mendukung Jakarta, ikuti langkah-langkah berikut:

Kunjungi https://bit.ly/JakartaWSIS

Kamu akan diarahkan ke laman Login. Untuk pengguna baru, klik Register as a new user.

Kemudian, pilih menu Prizes dan pilih kategori AL C7. E-science

Lalu, klik Vote For This Project pada Flood Control System.

Selesai! Terima kasih untuk dukungan Smartcitizen!

Dukung Jakarta di IDC Asia Pacific Smart City Awards

Di ajang IDC Asia Pacific Smart City Awards, Sistem Pengendalian Banjir masuk ke dalam kategori Public Safety-Next Generation Emergency Services. Sementara itu, JAKI masuk ke dalam kategori Pandemic Management. Masa voting akan berakhir pada 7 April 2022. Jadi, jangan sampai lupa ya, Smartcitizen! Yuk, ikuti langkah-langkah ini untuk mendukung Jakarta:

Akses tautan https://bit.ly/JSCIDCSCAPA

Isi data dirimu

Urutkan nilai nominasi finalis dari 1 sampai 5. Beri nilai 5 ya, untuk Jakarta!

Terakhir, klik Submit. Selesai, deh!

Mengenal WSIS Prizes dan IDC Asia Pacific Smart City Awards

World Summit on the Information Society (WSIS) adalah ajang yang diselenggarakan oleh International Telecommunication Union (ITU), salah satu agensi khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). WSIS Forum diadakan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dengan mendorong perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Setiap tahun, WSIS Forum mengadakan WSIS Prizes untuk memberikan penghargaan bagi proyek-proyek TIK dari berbagai belahan dunia.

Baca juga: Sistem Pengendalian Banjir Milik Jakarta Bersaing di Ajang WSIS

Nah, beralih ke IDC Asia Pacific Smart City Awards, agenda ini diadakan untuk menghadirkan tempat berkumpulnya inovasi dan transformasi terbaru yang dipimpin oleh kota, pemerintah daerah, serta pemasok TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) di wilayah Asia Pasifik. Selain menyediakan forum diskusi mengenai percepatan pengembangan kota cerdas, IDC Smart City Asia Pacific Awards juga memberikan penghargaan kepada kota-kota Asia Pasifik yang dianggap menunjukkan kemajuan dalam proyeknya.

Baca juga: Jakarta Wakili Indonesia di Ajang IDC Awards 2022

Seperti itulah tutorial singkat untuk mendukung Jakarta di WSIS Prizes dan IDC Asia Pacific Smart City Awards tahun ini. Yuk, sebarkan informasi ini, karena setiap dukunganmu dan rekan-rekanmu sangat berharga bagi Jakarta!

Mau dapat hadiah kerendari JSC? Jangan lupa vote untuk Jakarta dan Clap artikel ini, ya!

 


 

Penulis dan Editor

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!