26 Feb 2024

Kaleidoskop Program dan Capaian JSC Selama 2023

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

26 Feb 2024

Jakarta Smart City/JSC berdiri untuk membangun ekosistem kota cerdas 4.0. Hal ini diatur dalamPeraturan GubernurNomor 280 Tahun 2014 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Unit Pengelola Jakarta Smart City. Berkat kerja sama dan dukungan dari Smartcitizen, Jakarta Smart City mampu meraih serangkai pencapaian pada 2023. Dari upaya untuk menjadi kota global hingga publikasi penelitian, semuanya tertuang dalam Annual Report Jakarta Smart City 2023. Laporan tersebut bisa dibaca atau diunduh di sini. Kamu juga bisa mengaksesnya melalu situs web smartcity.jakarta.go.id→ Tentang Kami → Laporan Tahunan.  Nah, buat kamu yang sudah penasaran, yuk kita lihat isinya!

 

 Annual Report Jakarta Smart City 2023. Sumber: Jakarta Smart City

 Annual Report Jakarta Smart City 2023. Sumber: Jakarta Smart City

 

Menjadi Global dengan Jakarta Smart City

Jakarta akan terus menjadi pusat ekonomi dan bisnis. Itulah sebabnya, sebagai kota cerdas, Jakarta juga aktif bertransformasi sebagai kota global. Jakarta Smart City berperan untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global, berdasarkan karakteristik kota global dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta 2023, yaitu:

 

  1. menjadi sektor ekonomi yang mapan dan terkoneksi secara global,

  1. memiliki kapasitas riset dan inovasi yang baik dan terus-menerus,

  1. nyaman untuk dihuni,

  1. cultural value yang menarik untuk pengunjung,

  1. lingkungan yang bersih, nyaman, serta berkelanjutan, dan

  1. terkoneksi secara intra dan interkota.

 

Enam peran di atas telah terbukti dijalankan secara konkret oleh  Jakarta Smart City. Beberapa platform dihadirkan sebagai wadah untuk warga Jakarta. Contohnya adalah platform Kelas Warga untuk berbagi ilmu gratis. Selain itu, sejumlah dashboard dihadirkan oleh Jakarta Smart City untuk memberikan informasi terkini. Misalnya, dashboard Cepat Respon Masyarakat yang menghadirkan informasi dimensi aduan masyarakat. 

Para pemegang kepentingan dan akademisi pun diundang untuk menghadiri Jakarta Smart City Forum 2023. Semuanya berkesempatan untuk membahas perjalanan Jakarta sebagai kota global. Pada 2023, inilah sepuluh inovasi yang dihasilkan oleh Jakarta Smart City untuk warga Jakarta:

  1. Platform Kelas Warga;
  2. Platform City Data;
  3. Dashboard Cepat Respon Masyarakat;
  4. Dashboard Profil Warga;
  5. Dashboard Pantau Banjir;
  6. Peta Jakarta Kini;
  7. Dashboard  Mitigasi Kemiskinan;
  8. Dashboard Stunting;
  9. Super Aplikasi Jakarta Kini  Generasi Ketiga; dan
  10.  Jakarta Smart City Forum.
     

Jejak Langkah pada 2023

Setiap bulan pada 2023, Jakarta Smart City berhasil menghadirkan sejumlah inovasi. Contohnya, pada Januari, SmartEmployee berhasil diluncurkan. Aplikasi ini berguna untuk presensi dan administrasi karyawan di Jakarta Smart City. Ada juga penghargaan yang diraih. Pada Maret, Jakarta Smart City dengan bangga memenangkan World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2023. Jakarta Smart City Forum 2023 pun berhasil diselenggarakan pada November, menampilkan upaya-upaya Jakarta untuk menjadi kota global.

 

Jejak Langkah Jakarta Smart City. Sumber: Annual Report Jakarta Smart City 2023

Jejak Langkah Jakarta Smart City. Sumber: Annual Report Jakarta Smart City 2023
 

Sorotan pada 2023

Berbagai pencapaian Jakarta Smart City juga dapat diukur oleh angka. Misalnya, pada 2023, ada 12 kajian dan penelitian yang berhasil dilakukan. Semuanya terkait dengan aduan masyarakat, tata kota, kualitas udara, transportasi, data science, dan image processing. Lalu, ada 4.625 Closed Circuit Television (CCTV) di Jakarta yang dikelola untuk memantau Jakarta. Selama setahun penuh, Jakarta Smart City pun dikunjungi 200 instansi dengan total 8.558 peserta.
 

Sorotan Jakarta Smart City. Sumber: Annual Report Jakarta Smart City 2023

 

Laporan Layanan BLUD

Jakarta Smart City telah resmi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Hingga 30 Desember 2023, realisasi pendapatannya mencapai Rp 607.261.000 dengan rincian:

  1. Layanan Konsultasi peningkatan literasi digital untuk Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebesar Rp 10.000.000; dan

  1. Pembangunan Sistem lnformasi Manajemen Pengendalian Data Pribadi Fase 2 melalui Swakelola Tipe II sebesar Rp 597.261.000.

 

Ada pula pendekatan yang dilakukan oleh Jakarta Smart City. Hal ini dilakukan untuk memperluas diseminasi informasi layanan dengan cara:

  1. Melakukan audiensi dan pemetaan layanan potensial dengan pihak swasta melalui bidang properti;

  1. Melakukan pemetaan layanan potensial dengan dinas-dinas lain di Pemprov DKI Jakarta; dan

  1. Melakukan audiensi dan pemetaan layanan potensial dengan Badan Usaha Milik Daerah melalui Bank DKI.

 

Publikasi Penelitian

Untuk bidang ilmu data (data science), ada sejumlah terobosan signifikan yang dilakukan oleh Jakarta Smart City. Pada 2023, Jakarta Smart City berhasil melakukan penelitian dalam kategori Q1, dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional IEEE. Inilah salah satu bukti Jakarta Smart City sebagai inisiator penerapan teknologi dan data science untuk menciptakan kota cerdas yang berkelanjutan. Jurnal-jurnal ilmiah lainnya pun terkumpul di halaman Journal of Future Cities  milik situs web Jakarta Smart City.


 

Contoh publikasi penelitian Jakarta Smart City pada 2023. Sumber: Jakarta Smart CityContoh publikasi penelitian Jakarta Smart City pada 2023. Sumber: Jakarta Smart City

Contoh-contoh publikasi penelitian Jakarta Smart City pada 2023. Sumber: Jakarta Smart City


 

Penghargaan yang Diraih Jakarta Smart City

Setelah berupaya untuk meningkatkan inovasi produk dan layanan, Jakarta Smart City mendapatkan apresiasi berbentuk sejumlah penghargaan. Penghargaan-penghargaan ini diraih melalui ajang kompetisi dari dalam atau luar negeri, yaitu:

  1. Champion Category Building Confidence and Security in the use of Information and Communication of Technology (ICT);

  1. Recognition of Excellence Award (forum: JAKI);

  1. Recognition of Excellence Award (forum: Data Science Trainee);

  1. Provinsi Terinovatif

  1. Terbaik Penerapan Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tingkat Provinsi, Digital Government Awards; 

  1. Recognition of Excellence Award; 

  1. Digital Leader of the Year; dan

  1. Provinsi dengan Nilai Indeks Inovasi Tertinggi di Region Pulau Jawa.

 

Penghargaan Digital Leader of the Year. Sumber: Jakarta Smart City

Penghargaan Digital Leader of the Year. Sumber: Jakarta Smart City

 

Dengan sinergi dan partisipasi aktif Smartcitizen, kita bisa membangun kota yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan sejahtera. Yuk, terus dukung Jakarta dan segudang inovasinya! 


Annual Report Jakarta Smart City 2023 dapat diakses secara penuh melalui tautan ini. Di sana, kamu bisa mengeksplorasi kaleidoskop JSC secara lengkap. Kalau kamu mau informasi terbaru tentang Jakarta, silakan ikuti media sosial @jsclab, ya.

Penulis dan Editor

Artikel Smart Governance Lainnya

Sehubungan dengan musim hujan, berikut laporan warga terkait banjir dan tidak lanjutnya periode Januari-Februari 2024.

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!

Jakarta Smart City mendapat sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 terkait pengelolaan keamanan informasi. Baca selengkapnya di sini.

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!

Tahun ini, 30 tahun Jakarta dan Berlin bersinergi sebagai sister city. AsiaBerlin, merayakannya lewat acara Jakarta x Berlin.