24 Feb 2021

Gubernur Anies Baswedan Raih Gelar Pahlawan Transportasi Jakarta

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

24 Feb 2021

Pada Februari 2021 ini, Transformative Urban Mobility Initiative(TUMI) memberikan gelar Pahlawan Transportasi kepada 21 tokoh dunia yang berpengaruh dalam bidang transportasi. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, termasuk satu dari 21 orang yang dianugerahi gelar tersebut. Penghargaan yang bertajuk21Heroes2021ini diberikan kepada mereka yang berhasil melahirkan inisiatif untuk transportasi yang aman, inklusif, dan berkelanjutan sepanjang tahun 2020.

21Heroes2021 by TUMI

Apa TUMI?

Sebagai informasi, TUMI merupakan sebuah lembaga asal Jerman yang mendukung implementasi mobilitas yang berkelanjutan. Misinya mengubah sistem mobilitas yang ada sekarang dengan orientasi ke masa depan, agar lebih ramah bagi seluruh masyarakat dan lingkungan sekitar. TUMI percaya bahwa masa depan yang cerah bersumber pada mobilitas yang berkelanjutan. Oleh karena itu, TUMI mendukung para pembuat kebijakan yang berhasil berkontribusi sesuai dengan misinya.

Transformasi Transportasi Apa yang Sudah Ada di Jakarta?

Pahlawan Transportasi diberikan TUMI kepada Anies Baswedan karena dianggap mampu mengembangkan sistem transportasi di Jakarta di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda. Dilansir dari rilisnya, walaupun sumber daya amat terbatas selama pandemi, Gubernur DKI Jakarta ini tetap kompeten dalam meningkatkan sistem transportasi Jakarta. Anies melihat peluang peluncuran rencana operasional bus listrik dan renovasi stasiun angkutan umum milik kota yang terhubung langsung dengan stasiun kereta commuter line. Selain itu, Gubernur Anies juga sudah menyediakan jalur sepeda sepanjang 63 km di Jakarta. Pada masa mendatang, Jakarta ditargetkan untuk memiliki jalur sepeda sepanjang 500 kilometer. 

“Kita berharap, nantinya bukan hanya 63 kilometer ini, tetapi seluruh mayoritas tempat di Jakarta bisa ada jalur sepedanya. Fase pertama aspalnya akan diganti, menunggu aspalnya diganti dalam beberapa waktu ini. Sesudah itu baru dipasang penandanya, supaya tidak kerja dua kali,” papar Gubernur Anies.

Tak hanya itu, seperti yang telah kita ketahui, pada Oktober 2020 lalu Jakarta memenangkan Sustainable Transport Award 2021dari Institute for Transformation and Development Policy(ITDP). Prestasi yang membanggakan, karena Jakarta merupakan kota pertama di Asia Tenggara yang meraih penghargaan ini. 

[Jakarta Juara Sustainable Transport Awards 2021]

Kemenangan Jakarta merupakan hasil dari kerja keras selama bertahun-tahun. Pada Februari 2020, Transjakarta akhirnya mencapai target satu juta penumpang per hari. Bus Rapid Transit (BRT) dengan rute terpanjang di dunia ini terus berkomitmen untuk menyediakan transportasi publik yang nyaman, cepat, murah, dan aman. Usaha ini telah membuahkan hasil, walau saat ini Jakarta masih dilanda pandemi. Selamat, Jakarta! Yuk, terus manfaatkan sistem transportasi yang sudah tersedia dan mari ambil bagian untuk menyukseskan transformasi berkelanjutan ini.

Penulis dan Editor

Artikel Smart Mobility Lainnya

Jakarta punya 32 bus sekolah rute reguler dan 15 bus sekolah rute zonasi, loh. Ini daftar rute, waktu operasi, dan sekolah yang dilewati.

Mau ke Jakarta Fair Kemayoran? Perhatikan dulu panduan transportasi ini supaya memudahkanmu berkunjung.

Transjakarta sekarang bisa dilacak secara live di Google Maps! Yuk, ketahui cara live tracking, supaya perjalananmu lebih menyenangkan.

Walaupun berhubungan, JakLingko dan Mikrotrans adalah dua hal yang berbeda. Jangan sampai keliru, ya!

Rute Transjakarta dan JakLingko mengalami penyesuaian. Buat kamu pengguna setia moda transportasi publik ini, yuk cek rute terkininya!

MRT Jakarta sudah lima tahun beroperasi. Baru mau mencoba? Ini cara beli tiket dan tarifnya.