27 Apr 2022

Di Jakarta Saja: Rekomendasi Kegiatan Seru Selama Lebaran

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

27 Apr 2022

Libur Lebaran sebentar lagi! Hayo, siapa nih yang berencana menghabiskan libur Lebaran di Jakarta? Hmm, ada lho beberapa kegiatan yang bisa dilakukan beserta tempat-tempat yang wajib dikunjungi, biar makin seru quality time kamu saat libur hari raya Idulfitri. Apa sajakah itu? Baca artikel ini, ya!

Menikmati Ruang Terbuka Hijau yang Menyegarkan

Buat kamu yang lebih suka menghabiskan waktu menikmati pemandangan hijau nan menyegarkan, kamu bisa banget kunjungi taman-taman yang ada di Jakarta, misalnya sebagai berikut.

Tebet Eco Park

Pertama, Taman Tebet Eco Park yang baru direvitalisasi dan tersedia beberapa fasilitas rekreasi seperti arena bermain, area terbuka hijau, taman tematik, infinity link bridge, dan ada arena olahraga juga. Kawasan ini dibuka pada pukul 06.00–19.00 WIB. Untuk bisa ke kawasan ini, kamu bisa menggunakan transportasi umum, yaitu KRL Commuter Line lalu turun di Stasiun Tebet, atau Transjakarta koridor 5N (Kampung Melayu-Ragunan), Mikrotrans JAK18 (Stasiun Kalibata-Kuningan), dan Mikrolet M34 (Kalibata-Manggarai), lalu nanti bisa berhenti di halte terdekat Taman Tebet.

[Baca artikel ini untuk tahu Taman Tebet lebih dalam]

Taman Suropati

Berikutnya, kamu juga bisa ke Taman Suropati. Di sini, kamu bisa piknik, berfoto, refleksi pijat kaki, atau membaca buku yang telah disediakan oleh Jakarta Bookhive. Bermain ke taman ini dijamin akan terasa nyaman, karena kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari puluhan pohon dan tanaman di sini. Taman dibuka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Kalau ingin ke sini, kamu bisa menggunakan KRL Commuter Line, lalu turun di Stasiun Cikini, atau Transjakarta koridor 4 (Pulo Gadung-Halte Dukuh Atas 2), 4D (Pulo Gadung-Kuningan), dan 6M (Stasiun Manggarai-Blok M), lalu turun di Halte Halimun.

Ragunan

Bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan hijau, sekaligus bertemu dengan para satwa, maka kamu wajib ke Ragunan. Kebun binatang Ragunan ini memiliki ribuan satwa, seperti ada Jerapah, Gajah, dan Orangutan. Dalam Ragunan, memiliki koleksi ribuan flora seperti Cempaka Putih, Akasia, Melinjo, atau Damar. Kawasan ini beroperasi mulai pukul 07.00–14.30 WIB dan tutup pada hari Senin. Untuk bisa ke sini, pengunjung wajib pesan tiket secara daring satu hari sebelum kunjungan melalui link bit.ly/PesantiketTMR. Bagi kamu yang ingin datang ke sini dapat menggunakan Transjakarta, lalu turun di halte Ragunan.

Taman Lapangan Banteng

Bagi kamu yang ingin berkegiatan di ruang terbuka hijau terdekat dengan Monumen Nasional, kamu bisa datang ke Taman Lapangan Banteng. Untuk memasuki kawasan ini tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Di sini, kamu bisa berolahraga atau jalan santai, bisa bermain di area permainan, berfoto, membaca buku karena ada Bookhive, serta berpiknik. Tempat ini dibuka mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Untuk bisa datang ke sini, kamu juga bisa memanfaatkan transportasi umum seperti naik KRL (tujuan Stasiun Jakarta Kota) nanti bisa turun di Stasiun Juanda atau naik Transjakarta koridor 6H (Lebak Bulus-Senen) kemudian bisa turun di Halte Lapangan Banteng 2. Alternatif halte lainnya dengan Transjakarta, kamu bisa turun di halte Juanda, yang dilewati Transjakarta koridor 2A (Pulo Gadung–Kalideres), koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), koridor 5C (PGC-Harmoni), koridor 5H (Ancol-Harmoni). Selain itu, bagi kamu yang ingin naik MRT juga bisa, caranya turun di Stasiun Bundaran HI, lalu bisa lanjut naik bus tingkat gratis atau bus Transjakarta.

Berwisata ke Kawasan Legendaris

Saat libur lebaran, kamu juga bisa berkunjung ke tempat yang memiliki nilai sejarah kota Jakarta nan kental, ada dua rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi seperti kawasan Kota Tua dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Kota Tua Jakarta

Ada juga nih tempat yang sudah tidak asing lagi bagi kamu yang ingin menghabiskan libur Lebaran di Jakarta. Kamu bisa menikmati suasana sejarah Jakarta yang kental di sini. Ya, apalagi kalau bukan Kawasan Kota Tua Jakarta. Kamu bisa mengabadikan momen dengan pilihan spot foto, menapak tilas sejarah Batavia di Museum Sejarah Jakarta, atau duduk santai di kafe-kafe yang ada di area ini. Untuk ke sini, kamu dapat naik KRL tujuan Jakarta Kota atau Transjakarta, lalu turun di Halte Jakarta Kota. Kemudian, kamu bisa masuk ke area ini dengan berjalan kaki.

Sunda Kelapa

Masih berdekatan dengan Kota Tua Jakarta, kamu dapat menjelajahi kawasan pesisir Jakarta, ya salah satunya ke Pelabuhan Sunda Kelapa yang bersejarah. Kawasan ini dulunya menjadi jalur masuknya Islam dan Eropa untuk datang ke Batavia. Sekarang, aktivitas di pelabuhan ini hanya bongkar muat barang. Namun, kamu bisa berkunjung melihat kapal yang sedang bersandar dan nikmati matahari terbenam. Selain ke sini, kamu juga bisa datang ke tempat wisata sekitar pelabuhan, seperti Museum Bahari atau Menara Syahbandar. Kedua tempat ini letaknya berdekatan. Di tempat ini, kamu bisa melihat koleksi seputar kemaritiman Indonesia dan kamu dapat nikmati pemandangan dari atas jika kamu ke Menara Syahbandar. Untuk bisa sampai ke kawasan ini, kamu bisa gunakan KRL Commuterline, lalu turun di Stasiun Jakarta Kota dan menyambung naik moda transportasi lain atau naik Transjakarta rute M15 (Tanjung Priok-Kota) dan P02 (Senen-Muara Karang).

Healing di Pantai

Selain kawasan hijau dan bersejarah, kamu bisa juga lho healing ke pantai, menikmati hamparan laut yang luas atau singgah di pulau. Ini rekomendasi tempatnya.

Pantai Indah Kapuk (PIK)

Sumber: Republika

Kamu ingin ke kawasan pantai sembari kulineran? Pas banget nih, kamu bisa jejal kawasan Pantai Indah Kapuk! Di sini, kamu bisa menikmati kuliner dengan nuansa Tionghoa di area Pantjoran PIK atau makan di pinggir pantai di Cove at Batavia. Selain itu, kamu dapat pula menikmati beragam spot estetik di sini atau berolahraga di San Antonio Promenade.

Nah, sehabis itu kamu juga bisa berkunjung ke kawasan terbuka hijau tepi pantai di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, lho! Tak ketinggalan kamu juga healing di kawasan Pantai Pasir Putih yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk 2. Untuk bisa ke kawasan ini, kamu bisa naik KRL Commuter Line, lalu turun di Stasiun Jakarta Kota dan lanjut dengan moda transportasi daring, atau Transjakarta koridor 1A (Balaikota-PIK).

Ancol

Sumber: Okezone

Selain PIK, kamu juga bisa berkunjung ke kawasan pantai paling favorit, ya apalagi kalau bukan Ancol. Kawasan ini beroperasi pada pukul 06.00–21.00 WIB. Untuk masuk ke sini, kamu akan dikenakan biaya berkisar Rp30.000–40.000, belum termasuk tiket kendaraan dan wahana rekreasi. Kamu dapat menikmati berbagai pantai yang ada di sini, seperti Pantai Festival, Marina, Ria, atau Laguna. Selain itu, kamu pun bisa menikmati beragam atraksi dan permainan seru di Dunia Fantasi, Sea World, atau Gelanggang Samudera. Ada pula kawasan taman Allianz Ecopark yang beroperasi hingga pukul 17.00. Kawasan taman ini menawarkan edukasi di beberapa zona bisa kamu kunjungi, dari permainan, pameran, flora dan fauna, atau olahraga. Untuk bisa ke sini, kamu dapat menggunakan Transjakarta melalui koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu), 5D (PGC-Ancol), 5E (Kampung Rambutan-Ancol), dan 5H (Harmoni-Ancol), atau KRL Commuter Line lalu turun di Stasiun Kampung Bandan.

Kepulauan Seribu

Selain dua pantai di atas, kamu dapat pula menjelajahi pulau-pulau yang ada di sekitar Jakarta, tepatnya di kawasan Kepulauan Seribu. Untuk bisa ke sini, kamu bisa menaiki kapal dari Ancol atau Angke. Kamu pun dapat memilih beragam jenis pulau untuk dikunjungi, seperti Pulau Pramuka, Tidung, atau Bidadari yang terkenal. Selain itu, kamu bisa juga ke Pulau Pari, Harapan, atau Macan. Kamu dapat menikmati pantai pasir putih, snorkling, menginap di resort, bersepeda, atau menyelam di sana.

Ikut Tur Jalan Kaki dan Museum bersama Jakarta Good Guide

Terakhir, kamu bisa menikmati libur lebaran kali ini dengan wisata berjalan kaki (walking tour) yang diselenggarakan Jakarta Good Guide SEJAK 28 April sampai 8 Mei 2022. Jakarta Good Guide merupakan suatu organisasi yang menawarkan wisata di Ibu Kota yang lebih eksploratif, dengan berjalan kaki dan mengunjungi tempat-tempat menarik.

Dalam Lebaran Season ini, kamu bisa memilih hari dan mendaftarkan diri melalui bit.ly/jakartawalkingtour. Setiap hari, Jakarta Good Guide menawarkan destinasi yang berbeda-beda. Misalnya pada 28 April 2022 mendatang, Tur ini dimulai dari eksplorasi ke ke Menteng yang melewati Taman Suropati, Bappenas, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Sekolah Obama, dan Taman Menteng. Atau pada hari lain, ada yang rutenya dari Glodok sampai Melawai, lalu hari berikutnya yang melewati Sunda Kelapa. Selain itu, hari esoknya yang menyusuri Museum Nasional sampai ke Es Krim Ragusa, serta terakhir rute yang menyusuri Senayan dan Semanggi.

Selain walking tour, Jakarta Good Guide menyediakan pilihan museum tour, pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 09.00. Jadwal pergi ke museum mana saja di Jakarta, bisa lihat jadwalnya di sini:

  • Sabtu, 30 April 2022, akan ada tur ke Museum Nasional.
  • Jumat, 6 Mei 2022, ke Museum Seni Rupa dan Keramik.
  • Sabtu, 7 Mei 2022, ke Museum Wayang
  • Minggu, 8 Mei 2022 ke Museum Sejarah Jakarta.

Untuk melihat informasi rute yang lebih lengkap setiap harinya, kamu bisa cek ke akun Instagram resmi Jakarta Good Guide di @jktgoodguide.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama menghabiskan libur Lebaran, dari menikmati pemandangan hijau menyegarkan, wisata ke museum, bersantai di pantai, hingga meikut tur Jakarta Good Guide. Namun, yang terpenting, ketika beraktivitas di ruang publik, pastikan kamu sudah vaksinasi dan menjaga protokol kesehatan 6M (Menggunakan masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Mengurangi mobilitas, Menjauhi kerumunan, dan Menghindari makan bersama). Dengan begitu, kamu tidak hanya membantu mengurangi tingkat penyebaran Covid-19, tapi liburanmu juga dijamin akan menjadi lebih aman dan seru!

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!