Cara Praktis Pinjam Buku Favoritmu di JAKI

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

17 Mei 2023

Buku adalah jendela dunia. Siapa nih, yang setuju? Dengan hanya membaca buku, kita bisa menjelajahi tempat-tempat yang jauh dan pastinya bisa memperdalam pemahaman tentang dunia. Penasaran gimana seandainya ada empat bersaudara yang menjadi raja dan ratu? Baca aja, serial The Chronicles of Narnia karya C. S. Lewis. Mau tahu rasanya menjalani lika-liku sebagai seorang musisi? Smarcitizen mungkin bisa baca Crying in H Mart karya Michelle Zauner. Banyak banget, pilihannya!

Bisa dibilang, membaca adalah hal yang penting. Makanya, pada 2002, 17 Mei pun ditetapkan sebagai Hari Buku Nasionaloleh Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar. Tanggal ini pun dipilih berdasarkan waktu pendirian Perpustakaan Nasional Republik Indonesiadi Jakarta Pusat pada 17 Mei 1980. Cocok banget, ya!

Enggak ada alasan lagi untuk susah meminjam buku! Zaman sekarang, sudah ada cara gampang untuk bertualang di halaman-halaman buku. Kamu bisa pakai JAKI untuk meminjam buku hingga reservasi kunjungan ke perpustakaan di Jakarta. Gimana sih, caranya? Coba kita bahas di bawah, yuk!

Cara Pinjam Buku di JAKI

Nikmati gampangnya pinjam buku di JAKI! Caranya praktis banget. Ikuti langkah di bawah ini, yuk!

  1. Buka aplikasi JAKI, lalu ketik Perpustakaan Jakarta di bilah pencarian dan pilih menunya. Klik tombol Akun di pojok kanan bawah.

  1. Kamu bisa langsung masuk atau daftar jika belum punya akun Kawan Perpus. Ikuti langkah-langkah yang tersedia.

  1. Setelah sukses masuk, kamu pun bisa melihat tampilan Beranda. Di sini, kamu bisa langsung memilih berdasarkan Rekomendasi Buku yang tersedia. Klik tombol Jelajahi untuk memilih:

  • Reservasi Kunjungan;
  • Daftar Koleksi;
  • Cari Perpustakaan;
  • Agenda Literasi;
  • Event;
  • Usul Buku; dan
  • Jadwal Pusling.

Kalau kamu mau cari buku yang lain, tinggal klik Daftar Koleksi, ya.

  1. Setelah klik Daftar Koleksi, cari buku berdasarkan judul, pengarang, atau ISBN. Hasil pencarian pun akan muncul. Klik gambar buku yang ingin dipinjam.


 


  1. Di sini, langsung terlihat detail buku. Kamu bisa klik tombol Favorit
untuk menyimpan buku yang dicari. Klik tombol Bagikan  jika kamu mau mengirim tautan buku ke orang lain. Jika sudah yakin untuk meminjam, klik tombol Peminjaman.


  1. Pilih lokasi buku untuk meminjam buku. 

Setelah memilih, geser ke bawah untuk memilih tombol Selanjutnya.

  1. Kamu bisa memilih tempat pengambilan buku yang berbeda dengan perpustakaan tempat buku disimpan. Kamu bisa pilih tempatnya dengan klik kolom Lokasi Pengambilan. Setelah berhasil memasukkan buku ke daftar peminjaman, kamu pun tinggal klik tombol Pinjam Buku.

 

Hore! Sekarang, hanya tunggu untuk konfirmasi, lalu aman deh bukunya! Nah, sekarang kamu hanya butuh untuk pergi ke perpustakaannya, nih. Yuk, kita bahas cara reservasi kunjungannya sekarang!

Cara Reservasi Kunjungan ke Perpustakaan di Jakarta

Ada beberapa perpustakaan keren di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Cara untuk reservasi kunjungannya pun mudah banget. kamu cukup menggunakan fitur Perpustakaan Jakarta di JAKI seperti yang dibahas sebelumnya. Simak sekarang, yuk!

  1. Pilih fitur Perpustakaan Jakarta, klik tombol Jelajahi, dan pilih Reservasi Kunjungan.

  1. Kamu pun langsung dihadapkan dengan formulir reservasi kunjungan bagi anggota. Isi semua kolom yang tersedia. 

 

Kamu dapat memilih perpustakaan yang ingin dikunjungi pada kolom Perpustakaan. Inilah daftar perpustakaan yang dapat dipilih:

  • Perpustakaan Jakarta - Perpustakaan Cikini;
  • Perpustakaan Jakarta - Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin;
  • Perpustakaan Jakarta Barat - Tanjung Duren;
  • Perpustakaan Jakarta Timur - Jatinegara;
  • Perpustakaan Jakarta Utara - Koja;
  • Perpustakaan Jakarta Pusat - Petojo Enclek; dan
  • Perpustakaan Jakarta Selatan - Gandaria Tengah.

Setelah yakin memilih perpustakaan, tinggal klik Submit, deh!

  1. Kamu pun langsung diberi struk reservasi kunjungan yang berisi nama perpustakaan, tanggal kunjungan, beserta QR CodeQR Code ini akan digunakan saat kamu tiba di perpustakaan. Klik tombol Simpan untuk menyimpan QR Code ini pada perangkat kamu.

  1. Kamu akan menerima e-mail Kunjungan Perpustakaan Jakarta. Di e-mail tersebut, terdapat tautan bukti reservasi yang sama dengan struk reservasi dari aplikasi. Kamu dapat klik link tersebut yang bertuliskan "Bukti reservasi" untuk menyimpan QR Code yang sama.

  1. Untuk melihat riwayat reservasi kunjungan, kamu dapat buka menu Perpustakaan Jakarta JAKI lagi. Pergi ke halaman Akun, lalu pilih Riwayat Reservasi dan Kunjungan. Di sini, kamu pun dapat melihat kunjungan perpustakaan mana yang pernah dipesan.


Yuhu! Sekarang, kamu sukses untuk reservasi perpustakaan di Jakarta. Sesimpel itu, kan! Makanya, jangan lupa unduh JAKIuntuk bisa segera memanfaatkan segala kemudahan mengakses perpustakaan di Jakarta. Selamat menikmati keajaiban jendela dunia ya!

Penulis dan Editor

Artikel Smart People Lainnya

Lebaran makin dekat! Enggak perlu panik, ini fitur-fitur JAKI yang bisa bikin persiapan dan perayaanmu makin gampang.

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Sering naik Transjakarta? Catat halte-halte Transjakarta yang dilengkapi musala ini untuk memenuhi kebutuhan ibadahmu.

Bosan beli takjil di situ-situ saja? Coba deh, berburu takjil di pasar, masjid, hingga sekitar stasiun ini.

Kamu naik transportasi publik setiap hari? Mau berbuka puasa di Transjakarta atau MRT Jakarta? Boleh! Ikuti aturannya, ya.

Mau tetap produktif selama bulan Ramadan? Aplikasi JAKI punya fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, cek di sini.