07 Sep 2022

Menilik Fitur-fitur Terbaru di JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

07 Sep 2022

Memperkuat perannya sebagai super apps yang menyediakan informasi dan layanan terintegrasi bagi warga Jakarta, JAKI baru saja merilis beberapa fitur baru. Fitur tersebut antara lain Ruang Ketiga, Digital ID, JakTransport, dan JakEmisi. Apa saja yang bisa kamu akses dengan fitur ini? Yuk, tilik satu-satu fitur baru ini.

Ruang Ketiga: Daftar untuk Berkunjung ke Ruang Publik Jakarta 

Barangkali di antara Smartcitizen ada yang belum familiar dengan istilah ruang ketiga. Ruang ketiga merupakan istilah bagi ruang alternatif yang bisa menjadi tempat berkegiatan warga Jakarta. Jika sehari-hari warga biasanya berkutat di ruang pertama yakni rumah maupun ruang kedua seperti sekolah atau kantor, maka ruang ketiga dapat menjadi tempat untuk menghidupkan kembali interaksi warga, baik dalam satu komunitas atau bahkan lingkungan sekitar. 

Ruang ketiga berupa ruang publik di Jakarta yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatanmu, seperti jalur pejalan kaki, akses internet gratis melalui JakWifi, hingga akses transportasi umum yang mudah. Namun, untuk berkunjung ke beberapa ruang ketiga di Jakarta, biasanya dibutuhkan pendaftaran terlebih dahulu agar kenyamanan pengunjung tetap terjaga. Nah, melalui fitur Ruang Ketiga di JAKI, kamu dapat mendaftar secara online. Sejauh ini, ruang ketiga yang dapat kamu akses melalui JAKI yakni Tebet Eco Park dan JakLitera, yakni sekumpulan perpustakaan milik Pemprov DKI Jakarta. 

Bagaimana cara mendaftarnya? Pertama, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi JAKI di smartphone. Buka aplikasi. Kemudian, gulir laman utama hingga menemukan menu Ruang Ketiga. Klik Daftar Sekarang pada Tebet Eco Park atau JakLitera. Jika memilih Tebet Eco Park, kamu akan diminta membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan. Masukkan jumlah pengunjung, pilih tanggal, dan sesi kunjungan. Selanjutnya, isi identitas diri. Kamu pun akan langsung terdaftar. Jika memilih JakLitera, kamu perlu melakukan login akun terlebih dulu. Bila sudah masuk ke akunmu, kamu dapat mengikuti arahan di aplikasi untuk mendaftar ke perpustakaan atau meminjam buku yang diinginkan. Selesai, deh! Setelah terdaftar, kamu dapat berkunjung ke perpustakaan sesuai jadwal yang telah kamu pilih.

Digital ID: Dapatkan Layanan dan Informasi Terpersonalisasi 

Selain sebagai platform informasi dan layanan satu pintu, aplikasi JAKI kini dipersiapkan untuk menjadi akun digital bagi warga Jakarta. Dengan Digital ID, warga dapat mengakses data keluarga, dokumen kependudukan dan dokumen hasil integrasi NIK lainnya, serta mendapatkan informasi terpersonalisasi. Warga juga akan lebih dimudahkan karena identitas mereka dapat disimpan di perangkat masing-masing. 

Cara akses Digital ID pun gampang. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti: 

  1. Setelah memiliki akun JAKI dan berhasil login, klik Profil;
  2. Lakukan verifikasi NIK;
  3. Isi Nama Lengkap sesuai KTP, NIK, dan lampirkan foto kartu identitas;
  4. Lakukan swafoto dengan kartu identitas, lalu klik Ambil Foto;
  5. Arahkan wajah dan kartu identitas ke kamera;
  6. Jika foto sudah sesuai, klik Sesuai;
  7. Kamu akan diarahkan ke laman konfirmasi data diri. Centang pernyataan persetujuan, klik Konfirmasi;
  8. Permohonan Verifikasi NIK berhasil dikirim. 

Setelah NIK terverifikasi, barulah kamu dapat mengakses berbagai informasi terpersonalisasi, seperti Informasi Rumah, Kesehatan, Ketahanan Pangan, Status DTKS, Sosial, dan Pendidikan. Pada menu informasi rumah, kamu dapat mengakses alamat domisili dan status RW Kumuh. 

Sementara, lewat menu Kesehatan, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai status vaksinasi Covid-19 dan informasi mendetail dari masing-masing dosis vaksinasi. 

Selanjutnya, pada menu Ketahanan Pangan, kamu dapat mengetahui informasi penerimaan manfaat pangan bersubsidi per tahunnya. Tinggal pilih tahun yang diinginkan, kamu akan melihat informasi berupa nama dan nomor rekening.

Menu DTKS memberikan kamu informasi mengenai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Data yang dapat kamu lihat, yakni Penerima Bantuan Iuran (PBI), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sementara, melalui menu Sosial, kamu dapat mengecek informasi penerimaan bantuan sosial yang tersedia untuk keluargamu. Bantuannya berupa Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ), dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ). Informasi yang tercantum yakni daftar periode penerimaan bantuan sosial beserta nominal. 

Menu terakhir yakni Pendidikan yang dapat kamu gunakan untuk mengakses informasi bantuan pendidikan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Informasi yang tertera pada menu tersebut yaitu terkait periode, tahapan, dan tahun penerimaan bantuan.

JakTransport: Cari Tahu Informasi Transportasi Umum Jakarta 

Mendukung pemanfaatan transportasi umum di Jakarta, JAKI turut menghadirkan fitur JakTransport. Fitur ini dapat kamu gunakan untuk mengecek rute dan jadwal transportasi umum di Jakarta, yakni MRTJ (Moda Raya Terpadu Jakarta), LRT (Lintas Raya Terpadu), dan Transjakarta. Kamu hanya perlu klik Lainnya pada menu fitur di laman utama JAKI, lalu klik JakTransport. Pilih transportasi yang ingin kamu akses informasinya. Laman akan langsung menunjukkan pengertian dari transportasi umum tersebut beserta jam operasional, tarif maksimal, rute, dan jadwal. 

Mengapa perlu akses JakTransport? Mengakses informasi transportasi umum via JAKI akan membuat kamu hemat aplikasi dan tak perlu cek dua kali. Bayangkan jika kamu ingin bepergian ke Tebet Eco Park naik transportasi umum. Mulai dari pendaftaran kunjungan, cek rute dan jadwal transportasi, hingga check-in QR Code Tebet Eco Park, bisa langsung kamu lakukan cukup melalui JAKI. Praktis, bukan? 

JakEmisi: Cek Hasil Uji, Lokasi, dan Pemesanan Uji Emisi

Berbeda dengan tiga fitur sebelumnya, JakEmisi bukanlah fitur yang benar-benar baru. Fitur ini merupakan fitur pintasan, hasil kolaborasi Jakarta Smart City dengan World Research Institute (WRI) Indonesia. Sebelumnya, fitur JakEmisi di JAKI berfungsi untuk membantu pengguna menghitung emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari. Seiring berjalan waktu, fitur JakEmisi mengalami pembaruan, menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Untuk dapat mengadopsi gaya hidup rendah emisi, khususnya pada sektor transportasi, masyarakat butuh melakukan pemesanan uji emisi kendaraan, mengetahui lokasi tempat uji emisi, dan mengecek hasil uji emisi. Untuk itu, fitur JakEmisi diperbarui dengan menghadirkan ketiga fungsi tersebut.

Supaya bisa mengakses JakEmisi, kamu hanya perlu klik JakEmisi pada laman utama JAKI. Terdapat tiga layanan, yakni Cek Hasil Uji Emisi, Lokasi Tempat Uji Emisi, dan Pemesanan Uji Emisi. Pilih layanan yang diinginkan. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengikuti arahan dari layanan yang dipilih. Dengan fitur JakEmisi, diharapkan warga lebih terbiasa dan mendapatkan akses yang semakin memadai untuk hidup lebih ramah lingkungan melalui uji emisi kendaraan. 

Seluruh fitur baru tersebut sudah tersedia di JAKI dan bisa kamu nikmati layanannya. Belum punya JAKI? Download dulu di Google Play Storeataupun Apple App Store. Kira-kira fitur mana nih yang mau kamu coba duluan setelah ini? 

Artikel Smart Governance Lainnya

Akta kematian adalah hal penting untuk diurus. Namun, jangan khawatir. Simak caranya di sini.

Sehubungan dengan musim hujan, berikut laporan warga terkait banjir dan tidak lanjutnya periode Januari-Februari 2024.

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!

Jakarta Smart City mendapat sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 terkait pengelolaan keamanan informasi. Baca selengkapnya di sini.

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!