27 Jun 2023

Inovasi Jakarta Smart City untuk Jakarta

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

27 Jun 2023

Smartcitizen, tahukah kamu kota di Indonesia yang berulang tahun pada bulan Juni? Yupss, salah satunya adalah Jakarta. Tepat pada 22 Juni 2023 lalu, kota Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-496. Perayaan ulang tahun Jakarta bukan hanya berupa seremoni atau hiburan semata, tetapi juga kesempatan untuk mengembangkan inovasi yang dapat membawa kota ini ke tingkat yang lebih tinggi.

Sebagai kota metropolitan yang terus berkembang, Jakarta menghadapi berbagai tantangan. Mulai dari kemacetan lalu lintas, pengelolaan sumber daya yang efisien, hingga peningkatan kualitas hidup penduduknya. Jakarta Smart City (JSC) sebagai bagian dari Pemprov DKI Jakarta hadir dengan memberikan berbagai solusi inovatif untuk mengatasi tantangan tersebut, dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Salah satu pilar utama dari Jakarta Smart City adalah pemanfaatan teknologi untuk memperkuat pemerintahan dan pelayanan publik. JSC telah meluncurkan aplikasi Jakarta Kini (JAKI) sebagai platform digital yang memungkinkan warga Jakarta untuk mengakses informasi dan layanan publik secara mudah dan efisien. Apa aja inovasi yang telah dilakukan JSC sebagai kado untuk ulang tahun Jakarta saat ini? Yuk, simak artikelnya!

Jakarta Future City Hub

JFCH

Jakarta Smart City bekerja sama dengan Senat Berlin meluncurkan Jakarta Future City Hub (JFCH), sebuah pusat inovasi yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mengembangkan solusi cerdas untuk meningkatkan kualitas hidup di Jakarta. Future City Hub menjadi tempat kolaborasi antara pemerintah, industri, serta masyarakat untuk menciptakan solusi inovatif dalam berbagai bidang, seperti transportasi, energi, lingkungan, dan sebagainya.

Bertempat di Jakarta Box Tower (JB Tower), Kebon Sirih, Jakarta Pusat, menjadikannya lokasi yang strategis untuk berkumpul. JFCH direncanakan akan resmi diluncurkan pada September 2023 nanti. Wah, yuk kita nantikan bersama!

Update Aplikasi JAKI (Jakarta Kini) 3.0

JAKI 3.0

JAKI merupakan aplikasi super resmi milik Pemprov DKI Jakarta yang berfungsi untuk membantu warga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memberikan informasi lengkap tentang ibu kota, termasuk berita, cuaca, transportasi, acara, serta layanan publik lainnya. Dalam rangka ulang tahun Jakarta ke-496, Jakarta Smart City telah meng-update aplikasi JAKI menjadi versi 3.0. Fitur-fitur baru bertambah, seperti JAKI dwibahasa, antarmuka yang lebih user-friendly, serta peningkatan performa dan personalisasi pengguna sehingga makin nyaman menggunakan aplikasi ini sesuai kebutuhan.

Personalisasi layanan hadir dengan menyesuaikan kebutuhan kamu yang datang dari berbagai latar belakang, yakni pelajar atau mahasiswa, pekerja kantoran, pencari kerja, wirausaha, dan ibu rumah tangga. Selain personalisasi layanan, tampilan aplikasi JAKI 3.0 juga hadir dengan pengkategorisasian layanan, seperti kesehatan, transportasi, kependudukan, pendidikan, laporan dan kedaruratan, karier dan usaha, sosial dan ekonomi, rekreasi, olahraga, lingkungan, informasi publik, kemitraan, serta manajemen pemerintahan. Sehingga, saat menggunakan JAKI 3.0, kamu dapat memilih kategori sesuai dengan topik atau kegiatan yang diminatinya.

Pembuatan dan Integrasi Akun Warga

Akun Warga JAKI

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kota, Jakarta Smart City telah memperkenalkan konsep Akun Warga. Setiap warga Jakarta dapat memiliki akun pribadi yang terintegrasi dengan berbagai layanan publik, seperti pendaftaran kesehatan, mengecek bantuan sosial, pendidikan, dan sebagainya. Dengan Akun Warga, masyarakat dapat mengakses dan mengelola berbagai layanan publik secara online dengan lebih mudah dan efisien.

Dashboard Cepat Respon Masyarakat untuk Gubernur dan Per Wilayah

Dashboard CRM

Dalam meningkatkan kualitas penanganan aduan masyarakat, Jakarta Smart City telah mengembangkan dashboard Cepat Respon Masyarakat. Dashboard ini memungkinkan masyarakat dan gubernur untuk melihat kinerja penanganan laporan di tiap wilayah beserta perkembangannya. Dengan dashboard tersebut, respons pemerintah terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat dapat lebih cepat serta efektif.

Platform Kolaborasi Penanganan Stunting

Platform Stunting

Jakarta Smart City juga telah mengembangkan platform kolaborasi untuk penanganan stunting, yakni masalah gizi kronis pada anak yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan mereka. Platform ini menghubungkan berbagai pihak yang terlibat dalam penanganan stunting, termasuk pemerintah, rumah sakit, lembaga kesehatan, dan masyarakat, untuk berbagi informasi, pengalaman, serta solusi dalam upaya mengurangi angka stunting di Jakarta. Dengan platform ini, kolaborasi antar-stakeholder lebih terkoordinasi dan efektif dalam mengatasi masalah stunting.

Platform ini dapat kamu temukan di website Smart City, dengan memilih ‘Jakarta Bergerak’ pada bagian header. Lalu kamu akan dialihkan ke landing page yang berisi tentang penelusuran penyaluran donasi dan informasi tentang paket penyaluran dana maupun lokasinya.

Inovasi-inovasi di atas adalah bagian dari upaya Jakarta Smart City dalam menerapkan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jakarta. Semoga dengan inisiatif-inisiatif dan inovasi-inovasi ini, Jakarta dapat terus berkembang menjadi kota cerdas yang lebih baik di masa depan. Selamat ulang tahun ke-496 Jakarta.

 

Artikel Smart Governance Lainnya

Sehubungan dengan musim hujan, berikut laporan warga terkait banjir dan tidak lanjutnya periode Januari-Februari 2024.

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!

Jakarta Smart City mendapat sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 terkait pengelolaan keamanan informasi. Baca selengkapnya di sini.

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!

Tahun ini, 30 tahun Jakarta dan Berlin bersinergi sebagai sister city. AsiaBerlin, merayakannya lewat acara Jakarta x Berlin.