02 Des 2021

Fitur e-Booking di JAKI: Sewa Sarana Olahraga dengan Lebih Praktis

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

02 Des 2021

Smartcitizen, apa kamu gemar berolahraga? Atau butuh menyewa tempat untuk berolahraga? Jika iya, kamu pasti senang mendengar kabar satu ini. Kini, JAKI menyediakan fitur e-Booking, yang memungkinkan kamu untuk booking sarana olahraga yang berada dalam naungan Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta. Fitur ini dikembangkan oleh Dispora DKI Jakarta dan Jakarta Smart City, untuk meningkatkan efektivitas pelayanan kepada masyarakat dalam penyewaan sarana olahraga. 

Sejauh ini, terdapat 39 sarana olahraga berjenis lapangan sepak bola terbuka yang telah terintegrasi dan dapat kamu booking melalui JAKI. Jumlah dan jenis sarana olahraga akan terus bertambah untuk mempermudah kegiatan masyarakat Jakarta. Lalu, apa saja syarat dan tata cara menggunakan fitur e-Booking? Mari simak penjelasan selengkapnya.

Syarat Menggunakan Fitur e-Booking

Ada dua hal yang harus kamu penuhi agar dapat menggunakan fitur e-Booking sarana olahraga di JAKI: 

  1. Warga DKI Jakarta (dibuktikan dengan kartu identitas);
  2. Memiliki aplikasi JAKI pada smartphone dan terkoneksi ke internet.

Belum punya aplikasi JAKI? Tak perlu bingung, JAKI dapat kamu unduh dengan mudah melalui Google Play Storeatau Apple App Store.

Tata Cara Menggunakan Fitur e-Booking 

Setelah aplikasi JAKI terpasang di perangkatmu, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan fitur e-Booking:

  1. Buka aplikasi JAKI;
  2. Klik banner “Sewa Tempat Olahraga dan Non-Olahraga di Sini!” pada bagian atas laman utama;

3.Log in dengan mengisi username dan password. Jika belum terdaftar, lakukan registrasi dengan klik Daftar;

  1. Setelah log in, kamu akan diarahkan menuju laman utama fitur;

  1. Pilih Fasilitas Booking pada menu Olahraga;

  1. Pilih Venue Lapangan dan pilih Lihat. Lalu pilih menu Booking;

  1. Isi form Booking lalu pilih Pesan Sekarang;

  1. Selamat! Kamu telah berhasil booking sarana olahraga secara online melalui JAKI.  

Setelah menyelesaikan pemesanan, silakan mengonfirmasi ke pelaksana pelayanan fasilitas maksimal H-1, dengan menunjukkan bukti pemesanan dan membawa kelengkapan administrasi. Setelah itu, barulah kamu dapat menggunakan sarana olahraga pada hari yang telah ditentukan. 

Selain untuk menyewa sarana olahraga, fitur e-Booking di JAKI juga dapat kamu gunakan untuk menyewa sarana non-olahraga jika ingin mengadakan event, pertemuan, seminar, maupun pernikahan. Meskipun saat ini fitur e-Booking Sarana Olahraga sudah dapat dinikmati, Dispora DKI Jakarta bersama Jakarta Smart City masih terus berinovasi mengembangkan sistemnya. Seperti menghadirkan lebih banyak sarana olahraga yang dapat di-booking melalui JAKI.  

Itu tadi penjelasan mengenai layanan e-Booking, fitur terbaru yang ada di JAKI. Fitur ini cocok untuk kamu yang mencari venue aman selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan ingin menyewa tempat olahraga dengan lebih mudah. Karena merupakan fasilitas umum, kamu menggunakannya dengan bijak ya.  

Artikel JAKI Lainnya

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

Butuh nomor antrean faskes atau fasilitas kesehatan lainnya? JAKI bakal bikin gampang. Caranya? Baca di sini!

Hari Pendidikan Nasional dirayakan setiap 2 Mei, bertepatan dengan ulang tahun tokoh terpentingnya. Simak sejarahnya di sini, yuk!

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!