07 Sep 2022

Digital ID: Layanan dan Informasi Terpersonalisasi

Oleh:Amira Sofa, Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Aditya Gagat Hanggara

07 Sep 2022

Selain sebagai platform informasi dan layanan satu pintu, aplikasi JAKI kini dipersiapkan untuk menjadi akun digital bagi warga Jakarta. Dengan Digital ID, warga dapat mengakses data keluarga, dokumen kependudukan dan dokumen hasil integrasi NIK lainnya, serta mendapatkan informasi terpersonalisasi. Warga juga akan lebih dimudahkan karena identitas mereka dapat disimpan di perangkat masing-masing.

Cara akses Digital ID pun gampang. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Setelah memiliki akun JAKI dan berhasil login, klik Profil;
  2. Lakukan verifikasi NIK;
  3. Isi Nama Lengkap sesuai KTP, NIK, dan lampirkan foto kartu identitas;
  4. Lakukan swafoto dengan kartu identitas, lalu klik Ambil Foto;
  5. Arahkan wajah dan kartu identitas ke kamera;
  6. Jika foto sudah sesuai, klik Sesuai;
  7. Kamu akan diarahkan ke laman konfirmasi data diri. Centang pernyataan persetujuan, klik Konfirmasi;
  8. Permohonan Verifikasi NIK berhasil dikirim.

Setelah NIK terverifikasi, barulah kamu dapat mengakses berbagai informasi terpersonalisasi, seperti Informasi Rumah, Kesehatan, Ketahanan Pangan, Status DTKS, Sosial, dan Pendidikan. 

Pada menu informasi rumah, kamu dapat mengakses alamat domisili dan status RW Kumuh.

Sementara, lewat menu Kesehatan, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai status vaksinasi Covid-19 dan informasi mendetail dari masing-masing dosis vaksinasi.

Selanjutnya, pada menu Ketahanan Pangan, kamu dapat mengetahui informasi penerimaan manfaat pangan bersubsidi per tahunnya. Tinggal pilih tahun yang diinginkan, kamu akan melihat informasi berupa nama dan nomor rekening.

 

Menu DTKS memberikan kamu informasi mengenai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Data yang dapat kamu lihat, yakni Penerima Bantuan Iuran (PBI), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

 

Sementara, melalui menu Sosial, kamu dapat mengecek informasi penerimaan bantuan sosial yang tersedia untuk keluargamu. Bantuannya berupa Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ), dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ). Informasi yang tercantum yakni daftar periode penerimaan bantuan sosial beserta nominal.

 

Menu terakhir yakni Pendidikan yang dapat kamu gunakan untuk mengakses informasi bantuan pendidikan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Informasi yang tertera pada menu tersebut yaitu terkait periode, tahapan, dan tahun penerimaan bantuan.

Nah, banyak kan fitur yang terpesonalisasinya. Smartcitizen udah verifikasi NIK belum? Yuk, segera verifikasi NIK supaya merasakan banyak manfaatnya

Artikel Smart Governance Lainnya

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!

Tahun ini, 30 tahun Jakarta dan Berlin bersinergi sebagai sister city. AsiaBerlin, merayakannya lewat acara Jakarta x Berlin.

Apa itu kota global? Apakah Jakarta salah satu contohnya? Yuk, cari tahu di sini!

Setelah melepas status ibu kota, Jakarta menjadi kota global. Begini alasan di balik transformasinya hingga upaya yang telah dilakukan Jakarta.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!