04 Nov 2022

Cek Informasi Mikrotrans Auto Gampang Pakai Fitur JakLingko

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

04 Nov 2022

Melengkapi layanan transportasi dalam aplikasi JAKI, Pemprov DKI Jakarta meluncurkan satu layanan lagi di fitur JakLingko, yakni informasi operasional Mikrotrans. Mikrotrans merupakan angkutan kota (angkot) dengan kapasitas lebih kecil yang dapat digunakan penumpang sebelum menaiki KRL Commuterline atau Transjakarta. Dengan adanya layanan ini di JAKI, Smartcitizen bisa cek jadwal, rute, dan tarif maksimal Mikrotrans. Ingin tahu cara aksesnya? Simak selengkapnya di bawah ini. 

Cara Cek Jadwal, Rute, dan Tarif Mikrotrans via JAKI 

Sebelum masuk ke tata cara, pastikan aplikasi JAKI sudah terpasang di smartphone kamu, ya. Kalau belum, unduh melalui Google Play Storeatau Apple App Store. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi JAKI;
  2. Pilih fitur JakLingko;
  3. Pilih Mikrotrans. Hari dan jam operasional, tarif maksimal, serta halte/bus stop terdekat akan langsung muncul;


 


  1. Gunakan filter di kanan atas untuk cari halte/bus stop ataupun rute yang ingin dituju;

  1. Klik halte/bus stop yang ingin dituju;

  1. Hari dan jam operasional, tarif maksimal, jenis transaksi, serta rute akan tampil;


 


 

  1. Klik rute untuk cek halte/bus stop yang akan dilewati sepanjang perjalanan. 

Selain informasi Mikrotrans, kamu juga bisa cek informasi transportasi umum lain dalam naungan JakLingko melalui aplikasi JAKI, seperti Moda Raya Terpadu Jakarta (MRTJ), Lintas Raya Terpadu Jakarta (LRTJ), dan Transjakarta. 

Dapatkan Informasi MRTJ, LRTJ, dan Transjakarta

Sebelum JAKI merilis layanan Mikrotrans dalam fitur JakLingko, fitur ini sudah lebih dulu disertai dengan layanan informasi MRTJ, LRTJ, dan Transjakarta. Cara aksesnya serupa dengan Mikrotrans, hanya saja pada laman utama fitur JakLingko seperti di bawah ini, kamu harus memilih transportasi lain yang diinginkan. 

Jika ingin naik MRT, klik MRTJ. Kamu akan mendapat informasi jam operasional, tarif maksimal, dan rute. Ingin cek jam keberangkatan MRT? Klik saja stasiun yang diinginkan. Kamu juga bisa memperkirakan jam sampai di stasiun tujuan dengan klik jam keberangkatan. Untuk mengganti arah rute Bundaran HI-Lebak Bulus maupun sebaliknya, klik Ganti Arah yang terdapat di bagian bawah laman. 

Kalau kamu mau cek informasi LRT, tinggal klik LRT Jakarta dan akan langsung dapat informasi jam operasional, tarif maksimal, dan rute operasional dengan rute Pegangsaan Dua-Velodrome. Klik stasiun untuk melihat jadwal keberangkatan. Terakhir, jika kamu memilih Transjakarta, kamu akan disuguhi dengan jam operasional, tarif maksimal, serta beberapa pilihan halte terdekat dari lokasi kamu berada. Kamu bisa klik halte tersebut untuk mengetahui jam mulai operasional, hari operasional, tarif maksimal, jenis transaksi, dan rute. 

Gimana, gampang, kan? Sekarang, enggak perlu takut ribet naik transportasi umum buat keliling kota Jakarta. Karena informasi yang kamu butuhkan buat semua moda transportasi JakLingko bisa diakses dalam satu aplikasi aja. Yuk, mulai sekarang cek jadwal, rute, dan tarif dengan JAKI! Kalau mau tahu lebih banyak informasi atau tanya-tanya tentang JAKI, ikuti @jakisuperappdi Instagram, ya. 

Artikel Smart Mobility Lainnya

Jakarta punya 32 bus sekolah rute reguler dan 15 bus sekolah rute zonasi, loh. Ini daftar rute, waktu operasi, dan sekolah yang dilewati.

Mau ke Jakarta Fair Kemayoran? Perhatikan dulu panduan transportasi ini supaya memudahkanmu berkunjung.

Transjakarta sekarang bisa dilacak secara live di Google Maps! Yuk, ketahui cara live tracking, supaya perjalananmu lebih menyenangkan.

Walaupun berhubungan, JakLingko dan Mikrotrans adalah dua hal yang berbeda. Jangan sampai keliru, ya!

Rute Transjakarta dan JakLingko mengalami penyesuaian. Buat kamu pengguna setia moda transportasi publik ini, yuk cek rute terkininya!

MRT Jakarta sudah lima tahun beroperasi. Baru mau mencoba? Ini cara beli tiket dan tarifnya.