11 Mei 2023

Cara Gampang Melaporkan Jalan Rusak dengan Laporan Warga

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

11 Mei 2023

Halo, para pejuang jalan! Apa kalian pernah berkelana dengan kendaraan pribadi atau umum, tapi ternyata ada jalan rusak atau bergelombang naik turun seperti rollercoaster? Pasti rasanya menyebalkan, ya! Walau begitu, tenang saja. Itu bisa diatasi, kok! 

Jawaban untuk mengatasi jalan rusak atau berlubang kini bisa dalam satu genggaman saja. Dengan menggunakan fitur Laporan Warga di superapp JAKI (Jakarta Kini), Smartcitizen bisa memberikan laporan atau keluhan tentang jalan rusak. Tapi, gimana caranya? Mari kita ungkap rahasianya di bawah ini.

Langkah-langkah Melaporkan Jalan Rusak 

Laporan Warga adalah salah satu fitur andalan JAKI. Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat melaporkan berbagai masalah sehari-hari yang terjadi di Jakarta, termasuk jalan rusak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi JAKI dan temukan fitur Laporan Warga. 


 


 

  1. Pilih ikon di kanan pojok bawah kalau kamu mau membuat laporan. Klik Lapor Foto jika kamu ingin melapor dengan format foto dan klik Lapor Video kalau kamu ingin melapor dengan format video. 


 

Kamu akan diarahkan ke surel (e-mail) ketika menggunakan Lapor Video.


 


 

  1. Foto atau dokumentasikan laporan kamu. Selain menggunakan kamera aplikasi, kamu juga dapat mengunggah foto dari galeri handphone. Namun, sebelum mengambil foto dengan kamera ponsel, pastikan lokasi/GPS (Global Positioning System) kamu aktif, karena Laporan Warga adalah fitur berbasis geotagging. Kemudian, klik "Gunakan". Setelah itu, kamu bisa menambahkan ciri khusus lokasi laporan jika ingin lebih spesifik. Ini bisa membantu petugas dinas terkait untuk merespons dengan cepat dan tepat.


 

  1. Baru deh, kamu tulis laporannya. Tuliskan keluhanmu dengan sejelas mungkin, minimal 50 karakter. Setelah itu, klik “Selanjutnya”.


 

  1. Sebelum mengirimkan laporan, tentukan kategorinya. Pilih kategori "Jalan" untuk mengirimkan laporan tentang jalan rusak. Kamu juga dapat menemukan kategori dengan mengetik di kolom pencarian. 


 


 

  1. Terakhir, tinjau laporan kamu. Kamu pun bisa memilih jenis laporan yang ingin dikirim, Privat/Rahasia. Lalu, klik “Kirim”.


 

Sip, deh! Laporan kamu sekarang telah dikirim ke CRM Petugas Kelurahan.

Lihat Laporan yang Sudah Dikirim 

Semua laporan yang kamu kirim secara publik dapat dilihat. Di sini, kamu juga dapat melihat kemajuan laporanmu. Carilah laporan sesuai dengan mengetik nomor laporan atau gunakan kata kunci di kolom yang tersedia. 


 


 

Kamu bisa menyaring laporan-laporan yang masuk berdasarkan:

  • tanggal; serta
  • status laporan;

dan mengurutkannya  berdasarkan laporan:

  • terbaru;
  • terlama;
  • paling banyak dikomentari; dan
  • paling banyak didukung.

 

Komitmen dan Inisiatif Pemerintah Jakarta untuk Infrastruktur Jalan 

Setiap warga berhak menikmati infrastruktur jalan yang pantas. Itulah sebabnya Tim Satgas DKI Jakarta selalu siap untuk menangani berbagai masalah terkait infrastruktur jalan. Hingga Maret 2023, Dinas Bina Marga DKI Jakarta telah memperbaiki 21.442 jalan rusak.
 

Lubang jalan atau jalan rusak biasanya terjadi karena faktor usia, curah hujan, galian, dan longsor. Perbaikan jalan secara permanen tidak mungkin dilakukan saat musim hujan. Namun, dalam situasi yang mendesak, jalan dapat diperbaiki secara cepat dengan menggunakan aspal cold mix untuk kerusakan ringan. Sedangkan untuk kerusakan sedang atau parah, dapat menggunakan aspal hot mix dan membetonnya ketika tidak hujan.


Jadi, gitu deh! Yuk, ikut adukan jalan rusak melalui JakLapor di JAKI. Unduh aplikasinya di Google Playuntuk pengguna Android atau di AppStoreuntuk pengguna iOS. Semoga kamu bisa selalu berkelana di kota Jakarta tercinta tanpa khawatir!

Penulis dan Editor

Artikel JAKI Lainnya

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

Butuh nomor antrean faskes atau fasilitas kesehatan lainnya? JAKI bakal bikin gampang. Caranya? Baca di sini!

Hari Pendidikan Nasional dirayakan setiap 2 Mei, bertepatan dengan ulang tahun tokoh terpentingnya. Simak sejarahnya di sini, yuk!

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!