02 Mar 2023

5 Manfaat Vaksinasi Covid-19 yang Wajib Diketahui

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

02 Mar 2023

Vaksinasi Covid-19 terus berlangsung hingga sekarang. Periode vaksinasi pertama di Jakarta berlangsung sejak 15 Januari 2021 dan kini kita sudah berada di tahap vaksinasi booster kedua. Tentu ini kabar baik di tengah pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir. 

Apakah kamu sudah mendapatkan vaksinasi booster kedua Covid-19? Atau kamu masih menunggu minimal 6 bulan setelah vaksin booster pertama? Atau mungkin walaupun giliranmu tiba, kamu masih ragu untuk divaksin booster kedua? Kamu tidak perlu khawatir terhadap vaksinasi Covid-19, karena selain aman, vaksin Covid-19 juga memberikan banyak manfaat untukmu. Berikut ini lima manfaat vaksinasi Covid-19 yang perlu kamu tahu:

Vaksin Dapat Mencegah Covid-19 Menginfeksi Tubuhmu

Kita sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan vaksinasi, bukan? Sejak kecil kita telah melakukan vaksinasi dan imunisasi untuk berbagai penyakit. Saat ini tersedia vaksin untuk melindungi dari setidaknya 20 penyakit, seperti difteri, tetanus, pertusis, influenza, dan campak. Menurut WHO, kehadiran vaksin-vaksin yang ada selama ini diestimasikan telah mencegah 2 hingga 3 juta kematian setiap tahun.Sehubungan dengan Covid-19, vaksinasi Covid-19 dapat melindungimu, dengan menciptakan antibodi atau sistem kekebalan dalam tubuh, untuk memerangi virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19. Dengan antibodi tersebut, tubuhmu akan terlatih untuk mencegah dan melawan infeksi Covid-19. Vaksinasi memang bukanlah obat yang menyembuhkan Covid-19 secara total. Namun, menurut para ahli, kalaupun kamu terkena Covid-19 setelah vaksinasi, vaksin akan mencegah tubuhmu dari infeksi dan gejala penyakit Covid-19 yang jauh lebih fatal, karena tubuhmu kini punya sistem pertahanan tubuh yang lebih kuat. 

Vaksin Dapat Membantumu Melindungi Sekitarmu

Ketika kamu divaksinasi, kamu tidak hanya melindungi dirimu sendiri, namun juga keluarga dan orang-orang di sekitarmu. Hal ini karena tidak semua orang dapat menerima vaksin Covid-19. Saat ini, vaksin hanya diberikan kepada mereka yang sehat, tidak memiliki penyakit berat, berusia di atas 18 tahun, dan persyaratan lainnya. Mereka yang tidak bisa divaksinasi mengandalkan kamu yang dapat divaksinasi untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Semakin banyak orang yang divaksinasi, semakin kecil kemungkinan orang yang terinfeksi menularkan penyakit ini ke orang lain. 

Vaksin Dapat Melindungi dan Membantu Tenaga Kesehatan

Tahukah kamu bahwa pandemi Covid-19 telah membuat banyak rumah sakit kewalahan karena fasilitas dan sumber daya yang terbatas? Tidak heran ketika banyak rumah sakit telah mencapai kapasitasnya untuk menerima pasien-pasien Covid-19 dan non-Covid-19. Tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19 pun harus rela bertahan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) agar terhindar dari Covid-19. Dengan kehadiran vaksin dan semakin banyak orang yang divaksinasi, maka orang yang terinfeksi dan penyebarannya tentu akan berkurang. Hal ini mengurangi beban tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan, lho. Tenaga kesehatan dapat mendedikasikan upaya, dana, dan peralatan mereka untuk membantu pasien dengan gejala yang lebih berat, penyakit yang tidak dapat dicegah lainnya, serta mencegah penumpukan pasien-pasien di rumah sakit.

Dengan Vaksin, Pandemi Dapat Segera Berakhir

Kamu pasti ingin pandemi segera berakhir? Inilah waktunya. Jika kamu divaksinasi dan semakin banyak orang yang divaksinasi Covid-19, maka semakin besar juga pertahanan diri begitu banyak orang. Hal ini akan mendorong pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok, berupa kondisi di mana penduduk di suatu daerah sudah kebal terhadap suatu penyakit. Herd immunity ini akan memutus mata rantai pandemi Covid-19, seiring dengan semakin banyak orang yang divaksinasi. Untuk menghentikan pandemi, seluruh sumber daya tentu harus dikerahkan dengan sebaik-baiknya. Menerima vaksinasi dan tetap menjaga diri dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) akan mengoptimalkan kemungkinan pandemi ini segera berakhir. 

Vaksin Dapat Melindungi Generasi Masa Depan

Dengan penurunan tingkat infeksi Covid-19 dan mata rantai pandemi Covid-19 yang terputus, kamu dapat melindungi generasi masa depan dari penderitaan panjang akibat terinfeksi penyakit ini. Hal itu sudah terbukti berdasarkan catatan-catatan sejarah. Sebagai contohnya, Indonesia secara resmi dinyatakan bebas polio pada tahun 2014 oleh WHOkarena berhasilnya vaksinasi polio tiga tahap di Indonesia. Pada masa lampau begitu banyak penyakit yang disebabkan virus-virus mematikan. Berkat vaksin, kita merupakan generasi yang hidup dari perjuangan vaksinasi generasi masa lampau. Maka, inilah saatnya bagi kita untuk menyelamatkan generasi masa depan dari penyakit Covid-19 yang berbahaya dan membuat generasi selanjutnya lebih sehat lagi. Kamukah salah satu penyelamat itu?

Kini, kamu sudah semakin tahu manfaat-manfaat penting dari vaksinasi Covid-19, kan? Nah, sekarang saatnya mendaftarkan diri untuk divaksinasi booster kedua di lokasi vaksinasi terdekat. Supaya proteksi yang kamu dapat dari vaksinasi lebih maksimal, tetap terapkan protokol kesehatan, ya!

Artikel Covid-19 Lainnya

Vaksinasi booster kedua ada di Puskesmas Kecamatan dan RSUD. Gak perlu daftar, kamu tinggal bawa KTP atau tiket vaksinasi. Baca selengkapnya di sini.

Sudah dapat vaksin booster kedua? Berikut panduan vaksinasi di Jakarta untuk jadi acuan kamu jika ingin mendaftar. Baca di sini.

Vaksin Covid-19 sudah ada di depan mata. Mari kita gali lebih dalam alasan mengapa kamu harus vaksinasi Covid-19!

Apakah kamu masih ragu untuk divaksinasi? Tidak perlu khawatir. Vaksinasi Covid-19 ini aman dan punya banyak manfaat, loh.

Booster kedua Covid-19 sudah ada di fasilitas kesehatan Jakarta. Punya pertanyaan terkait pendaftarannya atau vaksin? Dapatkan jawabannya di sini.

Vaksin booster kedua udah ada di Jakarta! Apa aja sih manfaatnya? Cari tahu di sini, ya.