07 Mar 2024

Yuk, Rayakan Hari Musik Nasional!

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

07 Mar 2024

Smartcitizen, kamu biasa dengerin musik pas OTW ke kantor? Suka main instrumen musik kayak gitar? Wah, musik memang bisa menjadi bahasa universal! Berkat musik, mood kamu dapat meningkat, kreativitasmu pun tersalurkan. Enggak heran kalau di Indonesia ada Hari Musik Nasional. Bagaimana asal-usulnya? Perayaannya kapan, ya? Bahas bareng-bareng, yuk!

 

Acara musik di Jakarta. Sumber: Jakarta Smart City
 

Kenapa Ada Hari Musik Nasional?

Hari Musik Nasional dirayakan setiap  9 Maret. Perayaan ini ditetapkan Keputusan Presiden  Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2013 Tentang Hari Musik Nasional. Bisa dibilang, perayaannya adalah momen yang penting di Indonesia. Musik menjadi bentuk ekspresi budaya. Selain itu, nilai-nilai luhur kemanusiaan pun dapat direpresentasikan.
 

Keputusan Presiden tersebut menyatakan bahwa Hari Musik Nasional berguna supaya kita semua bisa mengapresiasi musik Indonesia. Ada banyak bentuk apresiasi yang dapat kita semua lakukan, salah satunya dengan menghadiri acara musik. Kepercayaan diri para insan musik pun meningkat dan para penyelenggara acara akan termotivasi. Nah, supaya kita bisa senang-senang, ada beberapa acara musik yang bisa kamu ikuti, lo! Ayo, cek!
 

Acara-acara Musik Seru di Jakarta

 

Jakarta Music Live 

Jakarta Music Live  hadir untuk mendukung komunitas seni dan budaya. Makanya, acara ini direncanakan oleh JXB  untuk hadir secara rutin setiap Jumat. Kalau mau ikutan, jangan lupa melipir ke Dukuh Atas, ya. Kamu bisa melepas lelahmu dengan nyanyi bareng-bareng!

 

Jakarta Musik Live. Sumber: jxboard.co.id

Jakarta Musik Live. Sumber: jxboard.co.id
 

Lokasi: Jakarta Creative Zone Buy Local by JXB, Spot Budaya Taman Dukuh Atas, Jakarta Pusat

Tanggal: setiap Jumat

Tautan: Instagram @jxboard

Akses: Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Stasiun KRL Sudirman, Transjakarta koridor 1, 1B, 1N, 1P, 6B, dan 9D

 

M Bloc Music Market

Kalau nyari perayaan Hari Musik Nasional yang afdal, kayaknya Mbloc Music Market  jawabannya, deh. Di sana bakal ada deretan acara yang bisa diikuti: Vinyl SpinningM Showcase, dan Talkshow & Workshop. Bakal ada pertunjukan musisi lokal juga, jadi jangan ketinggalan, ya!

 

M Bloc Music Market. Sumber: Mbloc Music Market

M Bloc Music Market. Sumber: Mbloc Music Market 
 

Lokasi: M Bloc Space, Jakarta Selatan

Tanggal: 8–9 Maret 2024

Tautan: Instagram @mblocspace

Akses: Stasiun MRT Blok M BCA, Transjakarta koridor 1 dan 1P

 

Diffa Chandra Intimate Showcase

Kamu mau mendukung musisi lokal? Datang ke acara penampilannya adalah kunci. Diffa Chandra bakal bawain lagu barunya secara langsung di Diffa Chandra Intimate Showcase. Acaranya gratis! Jadi, kamu tinggal datang dan nikmati penampilannya.

 

Diffa Chandra Intimate Showcase. Sumber: @diffachandra

 Diffa Chandra Intimate Showcase. Sumber: @diffachandra

 

Lokasi: Kios Ojo Keos, Jakarta Selatan

Tanggal: 8 Maret 2024

Tautan: Instagram @diffachandra

Akses: Stasiun MRT Lebak Bulus, Mikrotrans JAK03 dan JAK45

 

The 14th Music Gallery

Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Indonesia hadir kembali dengan acara tahunannya. Bernama The 14th Music Gallery, ada deretan artis Indonesia keren yang bakal tampil, seperti rumahsakit, The Adams, dan The Jansen. Yuk, cus!
 

The 14th Music Gallery. Sumber: the-musicgallery.com

The 14th Music Gallery. Sumber: the-musicgallery.com

 

Lokasi: Kuningan City P6 & P7, Jakarta Selatan

Tanggal: 9 Maret 2024

Tautan: the-musicgallery.com, Instagram @musicgallery_

Akses: Transjakarta koridor 1, Stasiun KRL Tebet

 

Retreat: Late Night Shift

Sejak November 2023, ada lokasi musik baru di Jakarta: Krapela. Deretan acara musik pun rutin dihadirkan. Minggu ini, di Krapela akan ada Retreat: Late Night Shift. Agensi-agensi kreatif bisa berkumpul di sana, membangun koneksi. Buat yang mau seru-seruan sama teman-temanmu, bisa juga saksikan acara musiknya. Gratis! Jangan lupa hadir sebelum pukul 22:00, ya.

 

Retreat: Late Night Shift. Sumber: @krapela.live

Retreat: Late Night Shift. Sumber: @krapela.live
 

Lokasi: Krapela, Jakarta Selatan

Tanggal: 8 Maret 2024

Tautan: krapela.live, Instagram @krapela.live

Akses: Stasiun MRT Lebak Bulus, Transjakarta koridor 1P dan 1N
 

Pakai JAKI, Enggak Kesasar di Jakarta

Siapa yang mau telat datang ke acara yang ditunggu-tunggu? Pasti enggak ada! Kalau mau menghadiri acara-acara di atas, jangan sampai kesasar, ya. Coba unduh JAKI, aplikasi super punya Jakarta yang bakal bikin gampang buat sampai di tujuan kamu.

Caranya? Yuk, pakai fitur Peta. Di sini, titik-titik transportasi publik di Jakarta pun akan terlihat. Oh ya, sebelumnya, jangan lupa aktifkan lokasi perangkatmu. Untuk menggunakan fiturnya, kamu perlu ketik “Peta” di bilah pencarian. Setelah fitur terbuka, coba ikuti caranya:

  1. klik bagian Transportasi,
  2. pilih opsi yang paling cocok buatmu: Bus Stop (halte Mikrotrans dan Metrotrans), Halte TJ (Halte Transjakarta), Stasiun MRT, atau Stasiun LRT. Seandainya kamu memilih Bus Stop, nanti akan terlihat bahwa halte Mikrotrans dan Metrotrans terdekat berjarak 140 meter dari lokasimu, sementara halte Transjakarta berjarak 177 meter.
     

Fitur Peta di JAKIFitur Peta di JAKI

Fitur Peta di JAKI

 

Selain fitur Peta, ada juga fitur yang bisa bikin gampang berkeliling Jakarta. Kamu dapat memakai fitur Transportasi Publik yang kasih tahu jadwal, rute, dan tarif transportasi publik di Jakarta, baik MRT Jakarta, LRT Jakarta, Transjakarta, maupun Mikrotrans.


Berarti, udah siap buat rayain Hari Musik Nasional, kan? Enggak cuma share lagu di Instagram Story, kamu juga bisa seru-seruan bareng yang lain. Asyik! Yuk, ikuti @jsclab   supaya selalu up to date sama acara-acara di Jakarta!

 

Baca jugaDaftar Lengkap Rute Transjakarta untuk 2024

Penulis dan Editor

Artikel Spot Hits Lainnya

Di Indonesia, ada perayaan Hari Musik Nasional. Mau merayakan? Dateng ke acara-acara ini, dong!

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Masjid-masjid di Jakarta ini bisa dijadikan destinasi ibadah kalau lagi bermobilitas. Ada apa aja? Simak berikut ini.