22 Jul 2022

Yang Nggak Boleh Dilakukan Saat Main di Taman

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

22 Jul 2022

Tahukah kamu, Jakarta punya 1.851 taman kota? Kalau kamu belum ada agenda untuk akhir pekan ini, berkunjung ke taman di Jakarta bisa jadi pilihan. Ada banyak kegiatan yang bisa Smartcitizen lakukan, misalnya piknik, foto-foto, atau baca buku. Dengan berbagai kegiatan di ruang terbuka seperti itu, kamu bisa menghirup udara segar dan menyegarkan pikiran setelah sepanjang weekday bekerja atau belajar. 

Tapi, sebelum berkunjung ke taman-taman di Jakarta, kamu perlu tahu hal-hal yang boleh dan enggak boleh kamu lakukan di sana. Simak aturannya berikut ini, ya. 

Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan? 

Taman adalah ruang publik. Menjaga kebersihan dan kenyamanannya adalah tanggung jawab kita bersama. Karena itu, ada beberapa hal yang enggak boleh kamu lakukan nih, kalau lagi datang ke taman-teman di Jakarta, seperti:

  1. Buang sampah sembarangan

Bayangkan betapa sayangnya jika taman yang sudah bersih dan cantik berkat dirawat oleh petugas berubah menjadi kotor akibat ulah pengunjung. Oleh karena itu, setelah makan atau menggunakan suatu barang di taman, jangan buang sampahnya sembarangan, ya. Buat mengantisipasi hal ini, coba deh simpan dulu sampah tersebut dan tunggu sampai kamu menemukan tempat sampah.  


 

  1. Merusak fasilitas taman

Taman-taman di Jakarta punya fasilitas yang beragam. Ada yang menyediakan area bermain anak, rak berisi buku-buku, fasilitas khusus difabel, dan sebagainya. Kamu bebas menggunakannya, asal jangan sampai merusak fasilitas-fasilitas tersebut. Berhati-hatilah saat membaca buku yang disediakan, lalu taruh lagi di tempatnya seusai membaca. Kamu juga perlu berhati-hati saat berjalan di sekeliling taman, karena ada beberapa area yang biasanya tak boleh dipijak. Nah, alangkah baiknya untuk mengikuti aturan ini, agar tidak merusak fasilitas taman. Kembali lagi, fasilitas-fasilitas ini kan diperuntukkan buat kepentingan bersama, jadi kita jaga bareng-bareng, ya!


 

  1. Mengganggu ketenangan pengunjung lain 

Di taman ada pengunjung-pengunjung lain yang berada di area yang sama, bahkan barangkali menggunakan fasilitas yang sama denganmu. Penting banget untuk Smartcitizen saling menghargai dengan pengunjung lain, supaya dapat beraktivitas dengan nyaman di taman. Contoh sederhananya dengan tidak melakukan hal-hal yang mengganggu kenyamanan mereka, seperti enggak ngomong terlalu keras dan enggak membuat kegaduhan. 


 

  1. Melakukan tindak asusila

Akhir-akhir ini banyak sekali kasus viral pengguna transportasi umum Jakarta yang melakukan tindak asusila terhadap sesama penumpang. Oknum-oknum ini enggak ragu untuk melakukannya di tengah banyak orang saat siang hari. Ada baiknya kita berkaca dari situasi tersebut ketika akan berkunjung ke tempat umum, termasuk taman. Selama berada di taman, dilarang melakukan tindak asusila terhadap pengunjung atau siapapun yang berada di sana. Pastikan pula bahwa kamu tidak bergerak-gerik yang membuat pengunjung lain tidak nyaman, ya. 


 

  1. Melakukan tindak kriminalitas 

Seperti tindak asusila, melakukan tindak kriminalitas juga dilarang di taman-taman Jakarta. Karena itu, beberapa taman di Jakarta, seperti Taman Banteng, mempunyai CCTV agar dapat mengantisipasi dan memantau tindak kejahatan secara lebih ketat. Nah, untuk mendukung keamanan ruang terbuka hijau, kamu sebagai pengunjung pun perlu menaati aturan ini. 

Apa yang Boleh Dilakukan di Taman? 

Taman merupakan tempat rekreasi. Oleh karena itu, ketika berada di taman, fokuslah melakukan kegiatan yang membuatmu lebih tenang dan terhibur, daripada tindakan-tindakan terlarang yang sebelumnya telah dibahas. Ini beberapa hal yang boleh dan bisa kamu lakukan ketika di taman agar mood lebih baik. 

  1. Piknik bersama teman-teman

Cobain deh sensasi makan-makan cantik di tengah taman kota. Supaya lebih seru, kamu bisa lakukan ini bersama teman-temanmu. Bawa tikar, kotak bekal, makanan, serta minuman favoritmu. Carilah tempat yang teduh untuk menggelar tikar. Piknik ini bisa dilakukan enggak sekadar untuk foto-foto dan perkara estetika, tapi juga demi quality time. Sembari menikmati jamuan, kamu dan teman-teman bisa ngobrol dan bertukar pikiran. Ditemani angin sepoi-sepoi dan percakapan yang berkualitas dengan mereka, pikiranmu pasti akan terasa lebih jernih setelah piknik.

Belum punya peralatan piknik? Enggak masalah! Kamu bisa datang ke taman-taman yang menyewakan peralatan piknik, misalnya Taman Sedjarah Satria Mandala. Berbekal Rp200.000, kamu sudah bisa piknik di taman tersebut dengan fasilitas meja, tikar, serta selimut untuk empat orang.

  1. Pakai baju terbaik dengan warna-warna cerah

Satu hal yang enggak kalah penting kalau mau piknik, ya outfit! Pakaian yang cocok dan nyaman di tubuhmu, akan bikin kamu semakin percaya diri. Mau seharian beraktivitas di taman pun enggak akan jadi masalah. Selain itu, di taman kamu juga bisa foto-foto, sehingga pakaian menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Kamu bisa pakai baju dengan warna pakaian yang cerah, seperti pink dan hijau toska. Warna-warna seperti itu akan cocok banget kamu pakai untuk foto di taman yang didominasi warna hijau berlatar gedung-gedung tinggi Jakarta.

  1. Berolahraga

Enggak cuma untuk haha hihi, taman-taman di Jakarta juga dapat kamu manfaatkan untuk berolahraga agar tubuh lebih bugar. Bisa bersepeda, main skuter, atau sekadar jogging. Tentunya berolahraga di taman punya kelebihan tersendiri ketimbang di gym atau rumah. Suasana taman yang asri dengan udara segar pada pagi hari akan bikin kamu lebih fresh. Selain itu, rute olahraga yang kamu tempuh lebih variatif dan terasa lebih seru. 

Beberapa taman sangat bersahabat untuk kamu yang ingin berolahraga di Jakarta seperti Taman Menteng dan Taman Tebet. Di sana terdapat jogging track yang memadai. Bahkan, Taman Menteng menyediakan lapangan untuk basket dan futsal. Taman Tebet juga memiliki alat kebugaran yang bisa kamu gunakan. Oh ya, kalau mau berolahraga di taman-taman Jakarta, usahakan pada pagi hari untuk mendapat asupan vitamin D ya, Smartcitizen. 

  1. Membaca buku

Buat para introvert yang gemar baca dan lebih suka menghabiskan waktu sendiri, tempat umum seperti taman pun bisa menjadi tempat yang menyenangkan, kok. Berkunjung ke taman enggak berarti harus selalu bersama teman atau keluarga. Kamu juga bisa datang sendirian. Cari tempat pewe, dengar musik pakai earphone, sembari membaca buku.


Sudah bosan dengan koleksi buku yang kamu punya? Sejumlah taman di Jakarta, seperti Taman Lembang, Taman Lapangan Banteng, Taman Suropati, dan Taman Menteng menyediakan rak berisi buku-buku, hasil kerja sama dengan perpustakaan baca Bookhive. Mengusung tagline “Ambil seperlunya, sumbang semampunya”, Bookhive mengajak kamu untuk berdonasi, meminjam, ataupun menukar buku yang ada dengan buku yang kamu punya. 


  1. Bikin konten TikTok

Ingin mengabadikan memori dengan teman atau keluarga? Selain foto-foto, bikin konten TikTok bisa jadi alternatif! Ruang gerak yang luas di taman membuat kamu semakin leluasa untuk merekam dirimu atau bahkan berjoget. Supaya lebih bermanfaat, kamu bisa membuat konten yang mengulas dan berbagi informasi tentang taman yang sedang dikunjungi. Siapa tahu kontenmu viral dan bikin banyak orang mau berkunjung! 

Itu dia hal-hal yang tidak boleh dan boleh kamu lakukan ketika berkunjung ke taman-taman di Jakarta. Perlu diingat kembali, nikmatilah kegiatan yang kamu lakukan selama di taman. Asal jangan merusak taman dan mengganggu orang lain yang ada di sana. Setelah membaca artikel ini, kira-kira kegiatan apa nih yang mau kamu lakukan di taman akhir minggu ini? 

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!