19 Mar 2021

WSIS Prizes 2021: Jakarta di Tengah Kompetisi Tingkat Dunia

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

19 Mar 2021

Jakarta masuk nominasi ajang penghargaan tingkat dunia! Sebuah kabar yang membahagiakan bagi warga Jakarta khususnya, juga warga Indonesia pada umumnya. Bagaimana tidak? Jakarta mewakili Indonesia di tengah nominasi-nominasi lain dari berbagai negara. Ajang penghargaan tersebut adalah WSIS Prizes 2021. World Summit on Information Society (WSIS) merupakan sebuah forum yang mendukung pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals(SDG), dengan mendorong perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Forum ini diselenggarakan oleh International Telecommunication Union (ITU) setiap tahun. Tahun ini, Jakarta masuk ke dalam dua nominasi, yaitu JakWifi dalam kategori AL C2. Information and Communication Infrastructure dan JAKI (Jakarta Kini) dalam kategoriAL C7. E-Government.

Nominasi Solusi Infrastruktur TIK Terbaik

Untuk memajukan bidang informasi dan teknologi, dunia memerlukan infrastruktur yang memadai. Pentingnya hal tersebut membuat WSIS memberikan penghargaan untuk berbagai negara yang mengembangkan infrastruktur teknologi dan informasi yang baik. 

JakWifi, Internet untuk Semua, Indonesia

Ketika pandemi Covid-19 menimpa, begitu banyak kegiatan belajar mengajar hingga bekerja dilakukan secara daring. Hal ini mendorong pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan infrastruktur internet di Jakarta, agar warga dapat dengan mudah mengakses internet. Tidak heran JakWifi terpilih sebagai nominasi di kategori infrastruktur komunikasi dan informasi, karena JakWifi memberikan akses menyeluruh di berbagai tempat publik di Jakarta. Tidak hanya itu, Wifi yang disediakan pun tidak dipungut biaya. Dengan ini, warga dapat menghemat pengeluaran pribadinya, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan mereka yang lain. Sejak diluncurkan pada 28 Agustus 2020 hingga Maret 2021, total pengguna JakWifi di Jakarta mencapai 20.747. Kini, para siswa yang bersekolah secara daring dapat belajar dengan baik dan warga yang bekerja dari rumah bisa memanfaatkan internet untuk menggerakkan ekonomi ibu kota.. 

“AFAQ” Initiative, Oman

AFAQ diluncurkan oleh Telecommunications Regulatory Authority (TRA) di Kesultanan Oman untuk menyediakan layanan internet untuk desa-desa terpencil.  AFAQ Initiative kini telah mencakup 598 desa terpencil yang mencakup 141 sekolah negeri yang sebelumnya tidak terhubung ke internet serta 5 lokasi pertanian. 

Government Meets, Sri Lanka

Di tengah Covid-19, pemerintah Sri Lanka harus menyesuaikan diri dan tetap melaksanakan tugasnya untuk melayani warganya dengan tetap menjaga jarak. Sri Lanka kemudian memindahkan pertemuan antar elemen pemerintah menjadi virtual melalui meet.gov.lk untuk mencegah penyebaran penyakit Covid-19. 

Hellas Sat dan Africom Holdings, Zimbabwe

Hellas Sat menyediakan konektivitas internet tak terbatas dan gratis ke 127 klinik umum dan rumah sakit di Zimbabwe. Penyebaran dilakukan oleh Africom Holdings yang menghidupkan kembali konektivitas ke infrastruktur yang awalnya didirikan pada 2016 di berbagai klinik dan rumah sakit.

Nominasi Solusi E-GovernmentTerbaik

Selain berkompetisi dengan berbagai wakil negara di kategori infrastruktur komunikasi dan informasi, Indonesia juga bersaing dengan beragam perwakilan dunia di kategori AL C7 E-Government. E-government merupakan bentuk pelayanan pemerintah berbasis teknologi dan informasi. JAKI yang merupakan aplikasi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil menjadi salah satu nominasinya. 

Jakarta Kini (JAKI), Aplikasi untuk Aneka Kebutuhan, Indonesia

JAKI merupakan super-app milik Pemerintah Provinsi Jakarta. Platform JAKI mampu mengintegrasikan berbagai layanan milik pemerintah untuk warga Jakarta. Hingga sekarang, JAKI sudah memiliki 1.035.743 pengguna. JAKI banyak digunakan karena memiliki aneka fitur dalam satu aplikasi. Salah satunya adalah pengaduan masalah di Jakarta yang terhubung dengan sistem Cepat Respon Masyarakat (CRM). Jumlah laporan warga pada 2020 melalui JAKI mencapai 51.675. Hal ini menunjukkan bahwa JAKI memudahkan warga terhubung dengan pemerintah dan layanan-layanannya secara cepat. Inilah yang membuat JAKI berhasil masuk ke dalam nominasi kategori E-Government di WSIS Prizes 2021. 

Buenos Aires Urbanistic Code in 3D, Argentina

CUR 3D adalah peta interaktif dan tiga dimensi kota Buenos Aires pertama yang menampilkan visualisasi nan tepat dari area yang dapat dibangun, ketinggian maksimum yang dapat diterima, dan permukaan konstruksi. Proyek ini diluncurkan untuk meningkatkan perencanaan, desain dan manajemen konstruksi publik maupun swasta, serta proyek real estat yang lebih efektif dan efisien. 

COVID-19 Vaccination Information System, Serbia 

Proyek ini mendukung penjadwalan dan pelacakan vaksin serta imunisasi penduduk Serbia. Sistem berbasis web ini dirancang untuk memastikan koordinasi yang optimal dalam alokasi, pasokan, distribusi dan administrasi vaksin, sehingga pemberian dosis vaksin aman dan efektif kepada warga yang ingin menerimanya dengan cepat, efisien, serta andal.

e-Court, Qatar

E-Court merupakan manajemen kasus elektronik tanpa kertas yang dikembangkan oleh pemerintah Qatar di tengah pandemi Covid-19. Aplikasi ini mencakup manajemen proses pengadilan, mulai dari pengajuan kasus hingga dikeluarkan putusan. Hal ini memungkinkan berbagai pihak untuk mengajukan kasus, mengakses kasus, dan berkomunikasi dengan pengadilan. 

Selangkah Lagi untuk Menjadi Pemenang di WSIS Prizes 2021

Bersaing dengan 20 nominasi di setiap kategori, JakWifi dan JAKI dengan beragam manfaat serta prestasinya telah membuktikan diri sebagai kandidat yang pantas untuk bersaing di kancah dunia. Kini, Jakarta membutuhkan bantuanmu untuk bisa terpilih sebagai pemenang WSIS Prizes 2021 ini. Kenapa kamu harus mendukung JakWifi dan JAKI? Karena, dengan mendukung Jakarta dan membantu memberikan suaramu, kamu ikut berpartisipasi dalam perkembangan konektivitas internet di Indonesia yang diwakili JakWifi serta berbagai layanan daring pemerintah secara efektif dan efisien yang diwakili JAKI. Jadi tunggu apa lagi? Bantu dukung Jakarta dengan klik bit.ly/JakartaWSIS, kemudian daftar lalu pilih JakWifi dan JAKI. Tutorial cara vote bisa kamu temukan di sini

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!