03 Jan 2022

Urus Perizinan Anti Repot Lewat JakEVO di JAKI

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

03 Jan 2022

Siapa yang tahun lalu pernah urus Surat Izin Keluar Masuk (SIKM)? Kalau pernah, mungkin Smartcitizen sudah familier dengan JakEVO. JakEVO merupakan layanan daring untuk mengelola perizinan maupun non-perizinan yang diprakarsai oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jakarta. Pada awal kehadirannya, JakEVO hanya bisa diakses di jakevo.jakarta.go.id. Kini, melalui kolaborasi dengan Jakarta Smart City, JakEVO menjadi salah satu fitur yang melengkapi aplikasi milik warga Jakarta, JAKI. Kehadiran JakEVO di JAKI merupakan salah satu usaha Pemprov DKI Jakarta yang terus mengupayakan integrasi seluruh layanan publik lewat satu platform (one-stop service). Bila seluruh layanan pemerintah telah terintegrasi lewat satu platform, warga dapat memenuhi kebutuhannya dengan lebih efisien.

Sejalan dengan kepanjangan namanya, Jak Evolution, JakEVO membawa evolusi dalam hal pengurusan perizinan. Pengurusan perizinan yang biasanya memakan waktu berhari-hari, kini dipangkas JakEVO hanya menjadi kurang dari satu hari. Bayangkan, yang biasanya kamu harus datang langsung ke kantor instansi untuk mengurus perizinan, kini bisa dilakukan dengan sentuhan jari! Smartcitizen cukup buka aplikasi JAKI, pilih fitur JakEVO, dan urusan perizinan bisa selesai tanpa harus bolak-balik mengantre.

Apa Saja yang Bisa Diurus Lewat JakEVO?

Semula, JakEVO diharapkan bisa meningkatkan kemudahan membuka usaha di Jakarta, mengingat urusan perizinannya kerap kali melewati alur yang panjang dan memakan banyak waktu. Padahal, kegiatan-kegiatan usaha di Jakarta menjadi salah satu penggerak roda perekonomian yang harus didukung pertumbuhannya. Untuk mengatasi masalah ini, diciptakanlah JakEVO, sehingga pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) bisa lebih cepat dan praktis.

Seiring perjalanan waktu, JakEVO tidak terbatas hanya untuk pelaku usaha saja. Fitur ini juga turut memudahkan individu yang ingin mengurus dokumen pribadi. Pada 2020 lalu, JakEVO sudah melayani banyak warga Jakarta yang memerlukan SIKM. Selain itu, Surat Izin Domisili serta IMB non-rumah tinggal pun bisa diurus via JakEVO. Hingga kini, sebanyak 949.803 perizinan sudah selesai diurus lho, Smartcitizen! Pada masa yang akan datang, JakEVO akan terus berevolusi menghubungkan seluruh layanan perizinan di Jakarta, sehingga warga Ibu Kota dapat menikmati manfaat yang lebih banyak.

Buat Perizinan di JakEVO Lewat JAKI

Karena JakEVO sudah terintegrasi dengan JAKI, Smartcitizen dapat langsung mengaksesnya lewat beranda JAKI. Pengajuan izin bisa Smartcitizen lakukan dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka aplikasi JAKI dan gulir hingga kamu menemukan Layanan Pemprov DKI Jakarta;
  2. Pilih JakEVO;
  3. Lakukan verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan lengkapi data diri;
  4. Selesai! Sekarang kamu bisa mengakses JakEVO di JAKI.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah tadi, kamu tinggal memilih jenis perizinan yang dibutuhkan tanpa harus berulang-ulang mengisi data diri dari awal. Seluruh data yang sudah diinput akan melewati proses verifikasi oleh Dinas PMPTSP. Jika data valid dan terverifikasi, dokumen perizinan yang kamu butuhkan akan terbit dalam waktu kurang lebih 30 menit. Keren, kan?

Masifnya perkembangan teknologi memang harus dimanfaatkan untuk memangkas proses atau alur yang tidak praktis. Dimulai dari JakEVO, kini warga Jakarta bisa merasakan kemudahan mengurus perizinan hanya dengan smartphone. Yuk, kita dukung terus agar seluruh layanan pemerintahan di Jakarta bisa terintegrasi dengan baik di JAKI! Kalau Smartcitizen belum punya JAKI, unduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

Penulis dan Editor

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!