11 Okt 2022

Tukar Struk Belanja Dapat Poin di JakRewards

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

11 Okt 2022

Smartcitizen, sudah familiar belum sama pajak PPN? Kalau Smartcitizen habis belanja, coba deh perhatikan struk yang kamu terima. Biasanya, di sana akan tertera nominal pajak yang kamu bayar. Nah, pajak seperti ini disebut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang umumnya dibayar saat kita berbelanja, makan di restoran, dan sebagainya.

Ternyata, PPN ini bisa kamu laporkan lewat layanan JakRewards di JAKI, loh. Kamu juga bisa kumpulkan poin dari setiap laporan tersebut setelah diverifikasi. Kalau kamu menjadi pengguna dengan poin terbanyak, ada keringanan pajak yang bisa kamu dapatkan. Jadi kepengin lapor PPN? Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya.

Apa itu JakRewards?

JakRewards merupakan layanan terbaru dari fitur JakPenda di JAKI. Layanan ini memungkinkan warga Jakarta untuk melaporkan PPN secara online,ditambah dengan insentif berupa pemberian poin hingga reward sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi. Harapannya, layanan ini dapat membantu meningkatkan pengontrolan, penertiban, pelaksanaan, serta pelaporan pembayaran berbagai jenis pajak, seperti pajak hiburan, hotel, makanan, dan sebagainya.

Cara Lapor PPN di JAKI

Jika ingin melaporkan PPN, kamu wajib melakukan hal-hal ini terlebih dulu:

  1. Memperbarui aplikasi JAKI ke versi terbaru;
  2. Login dan verifikasi NIK;
  3. Memiliki akun di pajakonline.jakarta.go.id.

Kalau sudah, barulah kamu dapat melaporkan PPN. Ikuti langkah-langkah ini untuk melapor:

  1. Buka aplikasi JAKI;
  2. Klik Lainnya pada menu fitur;
  3. Pilih fitur JakPenda;
  4. Klik layanan JakRewards;
  5. Tentukan lokasi struk;
  6. Upload foto dan isi data struk.

Data struk yang perlu dimasukkan terdiri dari nomor struk, tanggal transaksi, dan jumlah transaksi. Setelah data terisi, data struk tadi bakal diverifikasi petugas. Jika data sudah terverifikasi, kamu akan dapat 10 poin! Laporkan PPN pada struk belanja atau pembelianmu sebanyak-banyaknya buat mengumpulkan poin. Smartcitizen dengan poin akumulatif terbanyak selama periode aktif akan mendapatkan reward berupa keringanan pajak dari Bapenda DKI Jakarta!

Bayar Pajak Online Lewat JAKI

Selain bisa lapor PPN dan dapatkan reward, ada kemudahan lain yang bisa kamu dapatkan terkait pajak dari JAKI. Ya, kamu bisa bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan QRIS aja!

Caranya pun mudah. Berikut tahapan membayar PBBonline dengan QRIS di JAKI:

  1. Buka fitur JakPenda;
  2. Klik “Masuk atau Daftar Pajak Online”;
  3. Pilih Layanan “Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)”;
  4. Masukkan NOP PBB;
  5. Pilih menu “Informasi dan Tagihan”;
  6. Klik “Informasi Tagihan SPT”;
  7. Pilih PBB yang ingin dibayar;
  8. Klik “Konfirmasi dan Bayar”;
  9. Pilih metode pembayaran “QRIS”;
  10. Klik “Lihat QRIS”;
  11. Scan atau simpan QR untuk melakukan pembayaran dengan uang elektronik.

Praktis, bukan? Dengan fitur JakPenda, semoga kamu lebih dimudahkan untuk mengurus pajak, mulai dari bayar hingga melapor PPN. Apalagi sekarang kamu bisa dapat keringanan pajak. Jadi, tunggu apa lagi? Buat kamu yang masih memiliki struk belanja atau akan berbelanja dalam waktu dekat, simpan strukmu dan lapor di JAKI, ya! Aplikasi JAKI dapat kamu unduh melalui Google Play Store maupun Apple App Store. Kalau kamu punya pertanyaan seputar JAKI atau hanya mau tahu lebih banyak, kunjungi @jakisuperapp di Instagram.

Artikel JAKI Lainnya

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

Butuh nomor antrean faskes atau fasilitas kesehatan lainnya? JAKI bakal bikin gampang. Caranya? Baca di sini!

Hari Pendidikan Nasional dirayakan setiap 2 Mei, bertepatan dengan ulang tahun tokoh terpentingnya. Simak sejarahnya di sini, yuk!

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!