27 Mei 2022

Tips Tetap Sehat Saat Cuaca Panas

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

27 Mei 2022

Apakah akhir-akhir ini kamu merasakan cuaca semakin panas dan terik? Ternyata, beberapa daerah di Indonesia juga merasakan hal yang sama. Rupanya Indonesia ikut terkena dampak dari fase hangat El Niño

Baca juga: Mengapa Cuaca Jakarta Terasa Panas?

Tips Jaga Kesehatan Saat Cuaca Panas Jakarta

Tidak sedikit masyarakat mengeluhkan panas yang mengganggu dan badan cepat gerah lebih dari biasanya. Selain mempengaruhi kenyamanan tubuhmu ketika beraktivitas, cuaca panas dan terik ini dapat mempengaruhi kesehatanmu, seperti dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala, bahkan hingga pingsan. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, agar kesehatanmu tetap terjaga di tengah cuaca panas yang sedang melanda.

Tips Jaga Kesehatan Saat Cuaca Panas Jakarta

Banyak Minum Air Putih

Kehilangan cairan tubuh dalam jumlah banyak dapat disebabkan oleh cuaca panas. Karena itu tetaplah terhidrasi dengan banyak minum air putih. Kamu tidak perlu menunggu haus dulu untuk meminum air putih. Minumlah air putih lebih banyak daripada biasanya untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuhmu. Selain itu, kurangi minuman berkafein dan beralkohol yang dapat memicu dehidrasi.

Konsumsi Buah-buahan

Dalam kondisi panas, batasi makanan yang bersuhu panas, karena dapat membuat tubuhmu semakin panas. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak kadar air, seperti semangka. Selain dapat membuatmu lebih terhidrasi, vitamin dalam buah-buahan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuhmu.

Pakai Busana yang Sesuai

Agar kamu tidak mudah kegerahan, gunakan pakaian yang longgar, menyerap keringat, serta berwarna terang. Dengan begitu, tubuhmu akan terasa lebih dingin dan nyaman untuk beraktivitas.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Tetaplah berada di dalam ruangan dan kurangi aktivitas di luar ruangan. Namun, jika kamu harus beraktivitas di luar ruangan, hindari paparan sinar matahari langsung, dengan mencari tempat-tempat teduh atau menggunakan pelindung seperti topi dan payung.

Gunakan Tabir Surya

Jika kamu harus keluar ruangan, pastikan kamu menggunakan tabir surya terlebih dahulu, agar kulitmu terlindung dari panas matahari yang dapat menyebabkan iritasi. Aplikasikan ulang tabir surya sesuai petunjuk pemakaian, supaya kulitmu tetap terlindungi dan kamu terhindar dari dehidrasi.

Perhatikan Kondisi Darurat

Jika kamu mengalami atau menemukan orang lain yang berada dalam kondisi darurat karena cuaca panas, kamu bisa menghubungi fasilitas kesehatan terdekat. Atau jika kamu berada di Jakarta, gunakan fitur Ambulans di aplikasi JAKI untuk memanggil Ambulans Gawat Darurat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, agar tenaga kesehatan yang bertugas dapat segera membantumu.

Tetap Up-to-date dan Cek Informasi Cuaca Terbaru

Tips Jaga Kesehatan Saat Cuaca Panas Jakarta

Cek informasi cuaca terbaru, agar kamu dapat bertindak cepat jika terdapat perubahan cuaca ekstrem yang terjadi di lingkunganmu. Pastikan juga kamu memiliki informasi terkait kesehatan, supaya bisa menjaga tubuhmu dengan lebih baik. Yuk, sama-sama istirahat yang cukup, tetap terapkan protokol kesehatan, dan jaga orang-orang terdekatmu!

Artikel Smart People Lainnya

Wi-Fi gratis bisa menunjang kamu bekerja, belajar, atau sekadar nongkrong di Jakarta. Ini cara agar dapat terkoneksi lewat JAKI.

Tempat bermain apa aja ya, yang ramah anak di Jakarta? RPTRA dan perpustakaan adalah jawabannya! Baca di sini kalau mau berkunjung.

Pertolongan pertama pada kondisi darurat medis perlu dilakukan dengan tepat dan cepat. Begini caranya, salah satunya bisa lewat JAKI.

Ruangan di Future City Hub bisa disewa! Ada ruang event, rapat, serta studio podcast dengan fasilitas untuk kebutuhan kreatif dan profesionalmu.

Future City Hackathon sudah buka pendaftaran. Buat startup, simak syarat dan timeline penyelenggaraan hackathon di sini.

Ulang tahun Jakarta sebentar lagi! Berbagai rangkaian acara ini diselenggarakan untuk merayakan hari jadi kota tercinta.