17 Jun 2022

Tips Berkunjung ke Jakarta Fair Kemayoran

Oleh:Amira Sofa, Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

17 Jun 2022

Jakarta Fair kembali lagi! Setelah absen selama dua tahun karena pandemi Covid-19, kini Smartcitizen bisa kembali menikmati pameran dan hiburan terbesar serta terlama di Asia Tenggara ini. Jakarta Fair Kemayoran digelar sebagai salah satu rangkaian acara memperingati ulang tahun Jakarta ke-495 pada 22 Juni 2022. Acara ini diadakan di Hall C1 JIExpo selama 39 hari tanpa jeda, pada 9 Juni-17 Juli 2022. Jam operasional yakni pukul 15.30-22.00 WIB selama Senin sampai Jumat dan pukul 10.00-22.00 WIB selama Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional. Tertarik  untuk berkunjung? Simak dan catat hal-hal ini, ya.

Ada Apa Saja di Jakarta Fair Kemayoran?

Jakarta Fair Kemayoran dibuka dengan pesta kembang api di area panggung utama sebagai bentuk perayaan ulang tahun Jakarta. Mengingat tema tahun ini adalah “Majulah Produk-produk Indonesia untuk Pasar Domestik dan Dunia”, Jakarta Fair Kemayoran menyediakan ruang bagi tenan untuk mempromosikan dan menjual  produk dari berbagai sektor industri, seperti fashion, kerajinan tangan, furnitur, dan lain-lain. Tujuannya agar Jakarta Fair dapat memantik perekonomian supaya bangkit kembali setelah pandemi mereda.

Jika sudah puas berkeliling melihat-lihat gerai tersebut, kamu dapat beristirahat terlebih dulu sembari jajan. Ada berbagai pilihan makanan dan minuman yang bisa kamu cicipi. Suasana Jakarta Fair pun semakin asyik dengan konser musik. Nama-nama besar musisi tanah air seperti Slank, Tulus, Maliq d’Essentials, dan masih banyak lagi, turut meramaikan konser tersebut. Khusus untuk konser musik, ada imbauan nih dari pihak Jakarta Fair Kemayoran untuk teman-teman yang ingin menonton. Penonton diharapkan tetap menaati protokol kesehatan, antre dengan tertib, hati-hati dengan barang bawaan, memakai pakaian yang nyaman, serta membagikan momen konser di media sosial dengan mention @jakartafairid. Adapun hal-hal yang tak boleh dilakukan selama konser yakni membawa senjata tajam, membawa makanan dan minuman dari luar, membuat kericuhan, serta membuang sampah sembarangan. Oh ya, selain pameran dan konser, di Jakarta Fair kamu juga bisa menyaksikan parade karnaval, kontes Miss Jakarta Fair, hingga ikut donor darah dan vaksinasi Covid-19.
 

Pemprov DKI Jakarta Meriahkan Jakarta Fair Kemayoran

Pemprov DKI Jakarta turut memeriahkan Jakarta Fair Kemayoran. Kalau berkunjung ke sana, Smartcitizen bisa melihat anjungan Pemprov DKI Jakarta. Di dalamnya, terdapat beberapa booth Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk Jakarta Smart City. Apa saja yang bisa kamu lihat di booth Jakarta Smart City? Banyak! Kamu bisa cari tahu informasi tentang Jakarta Smart City dan pengembangan ekosistem kota cerdas. Ada merchandise juga, loh.
 

Tips Aman Selama Berada di Jakarta Fair Kemayoran

Perlahan Jakarta memang sudah kembali ke kondisi normal. Buktinya Jakarta Fair Kemayoran sudah kembali digelar. Namun ingat, pandemi masih ada. Selama berada di Jakarta Fair, Smartcitizen akan berbagi ruang yang sama dengan banyak orang tak dikenal. Oleh karena itu, kamu wajib menaati protokol kesehatan untuk melindungi diri dari virus. Pastikan kamu tetap memakai masker, sekalipun berada di area terbuka. Sebab, kita tak tahu bagaimana kondisi orang lain dan tidak bisa mengontrolnya. Karena itu, akan lebih baik kalau kita mengantisipasi dengan tetap memakai masker. Selain itu, kurangilah kontak fisik dengan orang lain atau benda-benda yang dipakai bersama. Jika memungkinkan, sebaiknya kamu melakukan pembayaran digital ketika membeli barang. Kalaupun harus memegang barang-barang yang tak steril, usahakan untuk mencuci tangan atau setidaknya memakai hand sanitizer, ya. 

Transportasi Menuju Jakarta Fair Kemayoran

Kamu sudah tahu apa saja kegiatan yang bisa dilakukan selama berada di Jakarta Fair. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara menuju Jakarta Fair? Buat kamu yang ingin berkunjung tapi malas membawa kendaraan sendiri dan mencari parkir, jangan khawatir. Lokasi JIExpo bisa diakses dengan transportasi umum kok. Salah satunya TransJakarta. Berbekal Rp3.500 saja, kamu bisa ke JIExpo dengan mengambil salah satu dari rute-rute menuju JIExpo berikut: 

  • Monas - JIEXPO Kemayoran;
  • PGC 1 - JIEXPO Kemayoran;
  • Kampung Melayu - JIEXPO Kemayoran;
  • Pulo Gadung 1 - JIEXPO Kemayoran.

Rute ini beroperasi selama Jakarta Fair Kemayoran digelar, pukul 15.00-22.00 WIB pada hari kerja dan 09.00-22.00 WIB pada Sabtu, Minggu, dan hari libur. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan selama berada di transportasi umum ya, Smartcitizen. 

Gimana, kamu tertarik datang ke Jakarta Fair? Enggak perlu buru-buru kok, sebab Jakarta Fair Kemayoran berlangsung sampai 17 Juli 2022. Kamu bisa persiapkan waktu lowong dulu. Tiket masuk dan tiket konser dapat kamu beli secara online melalui  websiteJakarta Fair atau websiteJIExpo. Segala informasi mengenai Jakarta Fair bisa kamu temukan di Instagram @jakartafairid. Oh ya, kalau akan berkunjung ke Jakarta Fair, jangan lupa kunjungi booth Jakarta Smart City, ya! 

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!