25 Agt 2023

Tips Bantu Kurangi Polusi Udara Bareng JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

25 Agt 2023

Beberapa waktu belakangan, kualitas udara di Jakarta sedang kurang baik. Namun, tenang, Pemprov DKI Jakarta sedang menggencarkan berbagai upaya untuk mengatasi masalah polusi udara. Smartcitizen juga bisa loh melindungi diri secara mandiri agar kesehatan tetap terjaga di tengah polusi udara. Salah satunya bisa dilakukan dengan bantuan fitur-fitur di aplikasi JAKI. Apa saja fitur-fitur itu dan fungsi-fungsinya? Yuk, cari tahu sama-sama. 

Fitur-fitur JAKI untuk Bantu Kurangi Polusi Udara

Mulai dari pantau kualitas udara sampai naik transportasi umum, kontribusi-kontribusi sederhanamu mengatasi polusi udara dapat difasilitasi dengan fitur-fitur JAKI. Berikut fitur tersebut beserta fungsinya. 

Kualitas Udara

Fitur Kualitas Udara atau yang pada JAKI versi sebelumnya dikenal dengan JakISPU, merupakan fitur yang bisa membantu kamu cari tahu kualitas udara terkini di Jakarta. Dalam fitur ini, kamu akan diperlihatkan peta DKI Jakarta beserta titik dari masing-masing wilayah administratif. Terdapat pula informasi Indeks Standar Pencemaran Udara Maksimum dari tiap wilayah tersebut. 

Untuk mengakses fitur Kualitas Udara, kamu cukup buka JAKI, klik Semua pada bagian fitur, gulir tab Unggulan hingga mendapat fitur Kualitas Udara. Selain itu, kamu juga bisa temukan fiturnya di tab Kategori, lalu klik kategori Lingkungan. Fitur Kualitas Udara ada di sana beserta fitur-fitur terkait lingkungan lainnya. 

Fitur JAKI untuk Meminimalisir Polusi Udara

Daftar, Cek Lokasi, dan Hasil Uji Emisi

Sudah uji emisi kendaraan bermotor kamu? Kalau belum, JAKI punya fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengakses layanan uji emisi kendaraan bermotor, mulai dari daftar, cek lokasi, sampai melihat hasil uji emisi. Layanan tersebut dapat kamu akses melalui fitur Daftar, Cek Lokasi, dan Hasil Uji Emisi.

Cara aksesnya, buka aplikasi JAKI, klik Semua pada bagian fitur, pilih tab Kategori. Klik kategori Lingkungan. Barulah kamu akan menemukan fitur Daftar, Cek Lokasi, dan Hasil Uji Emisi. Setelah mengkliknya, kamu akan diarahkan menuju tiga pilihan layanan, yaitu Cek Hasil Uji Emisi, Lokasi Tempat Uji Emisi, dan Pemesanan Uji Emisi. Pilihlah layanan berdasarkan informasi yang kamu inginkan. Dengan melakukan uji emisi kendaraan, kamu dapat mengetahui tingkat zat-zat berbahaya yang dihasilkan oleh kendaraan bermotormu. 


 

Fitur JAKI untuk Meminimalisir Polusi Udara

Laporan Warga 

 

Mungkin kamu salah satu Smartcitizen yang sudah pernah menggunakan fitur Laporan Warga untuk melapor permasalahan di Jakarta. Nah, fitur tersebut juga bisa kamu manfaatkan untuk melaporkan aksi-aksi yang memperburuk kualitas udara di Jakarta, misalnya pembakaran sampah. 

Untuk melaporkan aksi pembakaran sampah sembarangan melalui fitur Laporan Warga, kamu bisa buka aplikasi JAKI dan klik fitur Laporan Warga yang ada di bagian fitur dalam Beranda. Selanjutnya, ikuti arahan pada fitur. Jangan lupa, pilih kategori sesuai laporan, ya. Untuk pembakaran sampah, kamu bisa pakai kategori Sampah maupun Pencemaran Lingkungan. 


 

Fitur JAKI untuk Meminimalisir Polusi Udara

Transportasi Publik

Siapa yang sudah mulai naik transportasi umum sebagai alternatif dari kendaraan pribadi? Kalau kamu salah satunya, fitur Transportasi Publik di JAKI bisa membantu kamu merencanakan perjalanan dengan transportasi. Lewat fitur ini, Smartcitizen dapat mengetahui rute, jadwal, dan tarif dari transportasi umum yang bernaung di bawah PT  JakLingko, yakni MRT Jakarta, LRT Jakarta, TransJakarta, dan MikroTrans. 


 

Fitur JAKI untuk Meminimalisir Polusi Udara

Untuk mengakses fitur ini, kamu hanya perlu buka aplikasi JAKI dan klik fitur Transportasi Publik pada bagian fitur di Beranda. Akan muncul empat pilihan transportasi umum yang tersedia. Pilih yang ingin kamu akses informasinya. Kemudian, informasi jadwal, rute, hingga tarif transportasi tersebut akan muncul.

Baca juga:Ini Lokasi Baru Fitur Favorit Kamu di JAKI

Itu tadi, rekomendasi fitur JAKI yang bisa kamu gunakan untuk membantu meminimalkan polusi udara di Jakarta. Aplikasi JAKI bisa diunduh melalui Google Play Storeatau Apple App Store. Yuk, segera manfaatkan fitur-fitur JAKI untuk birukan lagi langit Jakarta! 

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!