22 Jul 2022

Terowongan Kendal Terlalu Ramai? Ke Taman Aja!

Oleh:-

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

22 Jul 2022

Kawasan sekitar Terowongan Kendal, Menteng, Jakarta Pusat, kini tengah naik daun, karena fenomena Citayam Fashion Week. Fenomena tersebut mewakili berkumpulnya anak-anak muda dari daerah-daerah penyangga Jakarta, seperti Citayam, Depok, Bojonggede, yang memenuhi wilayah tersebut dengan gaya berpakaian nan khas.

Fenomena ini merupakan bukti nyata bahwa ruang ketiga, yakni ruang selain rumah dan tempat kerja, yang dekat dengan transportasi publik diidam-idamkan oleh warga sebagai tempat berkumpul nan nyaman, gratis, dan tentu saja terbuka untuk publik.

Nah, selain Terowongan Kendal, Jakarta menyimpan segudang ruang publik lainnya berupa taman-taman menarik yang mudah dikunjungi dan dekat dengan titik-titik transportasi publik, loh. Karena Terowongan Kendal dekat dengan stasiun KRL Sudirman dan BNI City, juga stasiun MRT Dukuh atas dan Halte Tosari, kamu bisa mengunjungi taman-taman cantik lainnya dari sini dengan mudah. Berikut ini taman-taman yang bisa kamu kunjungi dari Terowongan Kendal, Dukuh Atas.

Pocket Park Taman Rasuna Said

Untuk kamu yang ingin nongkrong di taman yang nyaman dan tetap dengan latar gedung-gedung tinggi, taman ini sangat cocok untukmu. Taman ini merupakan ikon unik di kawasan Rasuna Said, karena memanfaatkan ruang kosong yang tidak terlalu luas untuk menjadi ruang terbuka hijau di antara gedung-gedung.

Pocket Park Taman Rasuna Said ini terletak di seberang pusat perbelanjaan Epicentrum Walk. Dari Terowongan Kendal, kamu bisa berjalan kaki ke halte Taman Kudus, lalu naik Transjakarta 6Q dan turun di Taman Rasuna.

Taman Mataram

Setelah direvitalisasi, taman yang terletak di Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ini semakin dilengkapi fasilitas-fasilitas yang membuatmu betah berlama-lama di sana. Di sini terdapat fasilitas bermain untuk anak-anak, jogging track, area bermain pingpong, jalur sepeda, serta toilet.

Untuk menuju taman ini dari Terowongan Kendal, kamu bisa berjalan kaki ke Halte Tosari, lalu naik Transjakarta. Kemudian kamu bisa turun di Masjid Al-Azhar, dilanjutkan berjalan kaki lagi ke taman ini.

Taman Ayodya dan Taman Langsat

Taman Ayodya yang juga dikenal dengan Taman Barito bisa menjadi alternatif tempat nongkrong lain untukmu dan teman-temanmu. Taman seluas 7.500 m2 ini dilengkapi dengan gazebo, pendopo, toilet, jogging track, dan jalur pijakan.

Taman Ayodya bersebelahan dengan Taman Langsat, sehingga kamu bisa kunjungi sekaligus. Taman Langsat memiliki lahan yang lebih luas lagi, yaitu sekitar 3,6 hektare. Selain memiliki fasilitas umum, taman ini pun menjadi tempat pameran flora dan fauna serta tempat pembudidayaan pohon palem raja.

Untuk menuju ke sini, kamu bisa berjalan ke Stasiun MRT Dukuh Atas, lalu naik MRT ke arah Blok M. Sesampai di Blok M, kamu bisa berjalan kaki langsung ke dua taman ini.

Jaga Ruang Publik Bersama

Sebagai ruang publik, Terowongan Kendal dan taman-taman di Jakarta merupakan ruang ketiga yang perlu kita jaga. Selain membuang sampah pada tempatnya, kamu juga harus menjaga berbagai fasilitas di dalamnya. Jika menemukan fasilitas yang rusak, kamu bisa melaporkannya lewat aplikasi JAKI yang bisa diunduh di Google Play Store and Apple App Store. Kamu dapat memotret fasilitas yang rusak dan mendeskripsikannya dengan jelas, kemudian petugas akan dengan sigap memperbaikinya. Yuk, kita sama-sama jaga ruang publik.

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!