01 Okt 2021

Terbaru di JAKI: Donor Plasma Konvalesen

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

01 Okt 2021

Covid-19 masih berstatus sebagai pandemi yang membayangi umat manusia di berbagai penjuru dunia. Penyakit yang ditularkan melalui virus SARS-CoV-2 ini menyerang saluran pernapasan dan paru-paru. Selain itu, virus ini juga dapat tersebar dengan cepat melalui percikan air ludah. Berbagai upaya telah kita tempuh untuk menghindarinya, dari memakai masker yang menutupi mulut dan hidung, sampai meningkatkan daya tahan tubuh agar kondisinya tidak berat atau kritis walaupun terkena . 

Hingga saat ini memang belum ada obat spesifik yang dapat langsung mengobati penyakit ini. Namun, usaha para tenaga medis untuk menangani pasien Covid-19, terlebih yang sudah parah kondisinya, adalah dengan memberikan plasma darah yang berisi antibodi dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh. 

Jika kamu pernah sembuh dari Covid-19, maka akan terbentuk antibodi atau kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19 yang berada dalam plasma darahmu. Plasma darah dengan antibodi Covid-19 di dalamnya akan membantu orang lain yang sedang kritis, agar bisa sembuh atau setidaknya meringankan gejala yang dirasakan. 

Di Jakarta, donor plasma ini sudah dilakukan sejak gelombang pertama Covid-19 menyerang. Kemudian, ketika gelombang kedua mulai naik, metode ini pun digunakan kembali. Dengan banyaknya pasien yang sembuh dari gelombang kedua, banyak orang dengan antibodi dalam plasmanya yang ingin membantu pasien lain yang masih berjuang untuk pulih di rumah sakit. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta berinisiatif untuk bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), dengan membuka peluang sebesar-besarnya bagi yang ingin mendonorkan plasma darahnya. 

Dinkes dan PMI mulanya membuat website di mana pendonor dapat mendaftarkan diri untuk donor plasma yang dapat membantu kesembuhan banyak pasien Covid-19 ini. Kini, fitur donor plasma tersebut hadir juga di aplikasi JAKI, untuk memudahkan warga Jakarta yang ingin membantu pasien Covid-19 dengan plasma darahnya. 

Kriteria Pendonor Plasma Konvalesen

Tidak semua orang dapat mendonorkan plasma darahnya, meski telah sembuh dari Covid-19. Adapun kriteria pendonor plasma konvalesen sebagai berikut:

  1. Ada riwayat konfirmasi positif Covid-19 dalam 6 bulan terakhir;
  2. Pendonor sehat dan tidak punya penyakit kronik menular via darah (misalnya hepatitis, HIV, dan sebagainya);
  3. Sudah dinyatakan bebas Covid-19 (negatif) atau telah sembuh minimal 14 hari sampai dengan 6 bulan;
  4. Diutamakan usia 18-60 tahun;
  5. Diutamakan laki-laki;
  6. Untuk perempuan, belum pernah hamil;
  7. Berat badan minimal 45 kg; dan
  8. Bersedia menandatangani informed consent (persetujuan donor).

Cara Mendaftarkan Diri untuk Donor Plasma Konvalesen di JAKI

Jika memenuhi kriteria pendonor plasma konvalesen, kamu dapat mendaftarkan diri untuk menjadi pendonor melalui JAKI dengan cara: 

  1. Buka aplikasi JAKI.
  2. Gulir ke bagian bawah. Di bagian Jakarta Tanggap Covid, pilih “Donor Plasma”.



 

  1. Jika kamu ingin bertanya seputar donor plasma terlebih dahulu, klik tombol Whatsapp di kanan bawah layar. Jika kamu ingin langsung mendaftar, pilih “Mulai”.


 

  1. Baca terlebih dahulu penjelasan terkait donor plasma, kemudian gulir ke bawah dan tekan tombol “Saya Mengerti”.


 

  1. Kamu akan diarahkan ke laman skrining. Isi setiap pertanyaan dengan jujur berdasarkan kondisimu, ya. 


 

  1. Jika kamu sudah mengisi skrining dan dinyatakan lolos, maka akan muncul laman persetujuan untuk melanjutkan pendaftaran. Pilih “Ya, Setuju” jika kamu yakin untuk melanjutkan pendaftaran.


 

  1. Setelah menyetujui untuk melakukan donor, kamu akan diarahkan untuk mengisi informasi data diri. Jika sudah lengkap terisi, tekan “Kirim Data”


 

  1. Terima kasih, datamu sudah diterima. Dalam 1x24 jam kamu akan dihubungi oleh PMI untuk proses donor plasma konvalesen. 

Prosedur Donor Plasma Konvalesen

Setelah mendaftar melalui JAKI dan dihubungi oleh PMI, kamu akan dijadwalkan untuk mendonorkan plasma darahmu. Meski tidak dipungut biaya alias gratis, ada prosedur yang akan kamu lalui, di antaranya:

  1. Pengecekan golongan darah serta skrining penyakit lain dan kadar hemoglobin. Bila hasilnya baik, maka kamu akan menjadi pendonor plasma.
  2. Pengambilan plasma darah yang kemudian akan disimpan di bank darah. Setelah prosedur selesai, kamu akan diminta untuk menghindari aktivitas yang banyak mengeluarkan tenaga dan minum air putih setidaknya 2 gelas. Tubuh akan menggantikan cairan yang diambil dalam waktu 24-36 jam. 
  3. Darah yang diambil akan diproses dan disimpan di dalam tempat penyimpanan khusus berlabel kode, tanpa identitas namamu.
  4. Setelah darah diambil, terdapat beberapa risiko ringan seperti memar di bagian pengambilan darah, sakit ringan, atau ketidaknyamanan. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena sangat jarang terjadi infeksi, dan para pekerja di PMI akan berusaha melakukan tindakan preventif untuk meminimalkan risiko. 

JAKI, Aplikasi Lengkap untuk Temanimu Kala Pandemi

Sebagai superapp yang dapat memberikan berbagai layanan untuk warga Jakarta sehari-hari,  JAKI terus mengembangkan berbagai fitur yang dapat membantumu untuk tetap aman dan sehat pada masa pandemi ini. Kamu dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi, melihat data cakupan vaksin, memantau peta persebaran Covid-19, hingga yang terbaru adalah donor plasma konvalesen dan fitur Safe Entrance yang bekerja sama dengan PeduliLindungi. Unduh JAKIsekarang untuk menikmati berbagai fitur penuh manfaat tersebut, ya! Oh ya, kamu juga akan mendapatkan notifikasi berupa info-info penting di Jakarta setiap hari.

Artikel JAKI Lainnya

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.