25 Mar 2024

Tempat-tempat Berburu Takjil di Jakarta

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

25 Mar 2024

Smartcitizen, suka berburu takjil di Jakarta? Sekadar informasimu buatmu, takjil berasal dari bahasa Arab yang artinya “menyegerakan”. Namun, istilah takjil biasa dipakai untuk menyebut kudapan yang dimakan sesaat setelah waktu buka puasa. Di Jakarta, takjil biasanya bisa ditemukan di pasar trandisional, pedagang kaki lima, toko kue, warung makan, restoran, hingga masjid. Nah, buat kamu yang ingin berburu takjil di Jakarta, ini beberapa tempat yang bisa kamu jelajahi.

Pasar Takjil Rawamangun

Kamu warga Jakarta Timur? Pasar Takjil Rawamangun dapat menjadi tempat kamu berburu takjil di Jakarta. Kalau kamu suka berbuka puasa dengan takjil yang manis, bisa coba aneka jenis kolak seperti kolak pisang dan kolak ubi, atau es buah yang dijual di sini. Mau cari yang gurih-gurih? Ada jajanan seperti dadar gulung yang membawamu nostalgia ke masa sekolah. Buat kamu yang terbiasa langsung makan berat untuk berbuka puasa, Pasar Takjil Rawamangun juga menjual nasi beserta lauk-pauk. Pilihan yang beragam membuat pasar ini selalu ramai dikunjungi warga Jakarta setiap bulan Ramadan. 

Lokasi pasar terletak di Jalan Pinang Raya Rawamangun, Pulo Gadung. Kamu bisa mengunjungi pasar dari jam bukanya pada pukul 15.00 WIB. Ingin naik transportasi umum ke Pasar Takjil Rawamangun? Kamu dapat menggunakan Transjakarta Koridor 4 ke Rawamangun. Turun di Terminal Rawamangun, tinggal jalan kaki deh menuju pasar ini. 

Stasiun Tebet 

Pengguna transportasi umum yang harus commute setiap hari mungkin akan kesulitan mencari takjil jika harus berbuka puasa di jalan. Tapi tentu tidak jika kamu lewat Stasiun Tebet di Jakarta Selatan! Di sekitar Stasiun Tebet, terdapat beberapa kios makanan dan minuman yang bisa kamu beli dagangannya sebagai takjil. Mau takjil ringan? Ada gorengan atau otak-otak yang bisa kamu cicip. Namun, jika sudah ingin makan berat, kamu juga tak perlu khawatir, sebab kawasan Tebet memang terkenal dengan  restoran dan kafe yang menjamur. Kamu bisa coba tempat-tempat makan sekitar Stasiun Tebet seperti Soto Kudus Ayam Kampung Garuda 2, Sate Kikil Kang Duloh, atau Kobain Coffee. Tak ingin makan berat ataupun jajan gorengan? Ada banyak minimarket yang bisa kamu hampiri untuk sekadar beli air minum ataupun cemilan ringan sebagai takjil. 

Pasar Benhil

Berlokasi di jalan Bendungan Hilir 3, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Markas Polsek Metro Tanah Abang, Pasar Takjil Benhil merupakan pusat penjualan takjil yang setiap tahun menjadi favorit warga Jakarta. Tak mengherankan, sebab aneka takjil tersedi, mulai dari makanan seperti gudeg, nasi ayam, dan gorengan, hingga minuman seperti es buah, es kelapa, es cendol, serta pisang ijo. Harga takjilnya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp 5.000 saja. 

Pasar takjil ini buka sejak pukul 14.00 WIB. Naik transportasi umum? Tak perlu khawatir, akses transprotasi umum menuju dan pulang dari Pasar Takjil Benhil gampang kok. Jika menggunakan Transjakarta, kamu bisa naik bus Koridor 1 Blok M-Jakarta Kota. Turun di Halte Transjakarta Bendungan Hilir. Setelah itu, kamu bisa berjalan kaki ke Pasar Takjil Benhil sejauh kurang lebih 300 meter.

Jika naik MRT, turun di Stasiun MRT Bendungan Hilir. Kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan naik ojek ke Pasar Benhil sekitar 2,6 kilometer. Sementara, kalau naik KRL, kamu bisa turun di Stasiun Palmerah, lalu lanjutkan perjalanan dengan ojek sejauh 7,4 kilometer. 

Masjid Sunda Kelapa

Tak hanya pasar, masjid pun menjadi salah satu tempat berburu takjil di Jakarta yang banyak pelanggannya. Salah satu contohnya, Masjid Sunda Kelapa di Menteng, Jakarta Pusat. Di sekitar masjid, kamu dapat menemukan penjaja takjil dengan beragam santapan, seperti kue tradisional, jajanan khas Betawi, hingga makanan berat. 

Meskipun demikian, kamu tak perlu khawatir kebingungan saat mencari takjil dambaan. Sebab, pembagian penjaja takjil di Masjid Sunda Kelapa dibagi menjadi dua lokasi untuk memudahkan penjual dan pelanggan. Di sisi kiri masjid, kebanyakan menjual makanan berat. Sementara di sisi kanan masjid, lebih banyak menjajajakan takjil ringan. 

Mengingat lokasi bazar takjil yang berada di sekitar Masjid Sunda Kelapa, otomatis berburu takjil di sini menjadi lebih mudah karena kamu dapat langsung salat Magrib dan tarawih setelah berbuka puasa. Buat kamu yang mau berkunjung naik transportasi umum, halte Transjakarta terdekat dari Masjid Sunda Kelapa adalah Halte Taman Suropati yang terletak di depannya. Oleh karena itu, kamu bisa naik bus Transjakarta yang melewati Halte Taman Suropati, seperti 4C (Bundaran Senayan-TU Gas) dari Halte Gelora Bung Karno, Halte Polda, Halte Bendungan Hilir, maupun Halte Tosari.

Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, juga menjadi salah satu masjid yang ramai dikunjungi pada bulan Ramadan karena takjil yang dijajakan di sekitarnya. Masjid ini memang menjalankan program berbuka puasa gratis, tetapi di sekitarnya tetap dipenuhi kios-kios yang menjual takjil. Beragam jajanan seperti es buah, cimol, serta cireng tersedia. Selama bulan Ramadan, kawasan kios takjil Masjid Cut Meutia dibuka mulai dari pukul 14.00 WIB dan sudah ramai pengunjung pada jam 15.00 WIB.

Untuk kamu pengguna transportasi umum, bisa naik KRL dan turun di Stasiun Gondangdia. Masjid Cut Meutia hanya berjarak 120 meter dari stasiun tersebut, sehingga kamu bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki saja. Jika menggunakan Transjakarta, kamu bisa naik bus rute 2P (Terminal Senen-Stasiun Gondangdia) lalu turun di halte BRI Cut Meutia, naik 2Q (Gondangdia-Balai Kota) lalu turun di halte Masjid Cut Meutia 1, atau naik 6H (Senen-Lebak Bulus) lalu turun di Halte Cut Meutia. 

JAKI untuk Berburu Takjil di Jakarta Lebih Gampang

Untuk memudahkan kamu dalam perjalanan berburu takjil di Jakarta, Smartcitizen bisa menggunakan aplikasi JAKI, loh! Selain lokasi kios-kios takjil di atas, sebenarnya kamu pun bisa mencari tempat makan atau restoran untuk berbuka puasa melalui JAKI. Caranya, pilih fitur Peta, klik kategori Restoran. Kemudian, akan muncul peta Jakarta yang disertai titik lokasi tempat makan ataupun restoran. Terdapat pula deskripsi nama restoran beserta titik kordinatnya. Kamu dapat pula mencari tahu tempat makan atau restoran di daerah tertentu atau sekitarmu dengan mengetik lokasi di bilah pencarian. 

Buat kamu yang mau cari masjid untuk beribadah setelah beli takjil ataupun berbuka puasa, juga bisa pakai fitur Peta. Langkah-langkahnya serupa, hanya saja kamu perlu memilih kategori Rumah Ibadah di awal tahapan. Selain fitur Peta, ada pula fitur Transportasi Publik di JAKI yang bisa kamu gunakan untuk cek jadwal, rute, dan tarif MRT, LRT, Transjakarta, serta Mikrotrans, jika naik transportasi umum untuk berbelanja takjil.

Itu tadi beberapa tempat berburu takjil di Jakarta yang bisa menjadi referensi kamu. Semoga rekomendasi tempat beserta fitur JAKI tadi bermanfaat, ya. Belum punya aplikasi JAKI? Download dulu di Google Play Storeataupun Apple App Store, gratis! 

Artikel Smart People Lainnya

Ulang tahun Jakarta sebentar lagi! Berbagai rangkaian acara ini diselenggarakan untuk merayakan hari jadi kota tercinta.

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

PPDB DKI Jakarta 2024 akan dibuka sebentar lagi. Sudah siap? Jangan ketinggalan, catat jadwalnya, ya!

31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Upaya bebas asap rokok di Jakarta dilakukan melalui Kawasan Dilarang Merokok

PPDB DKI Jakarta 2024 diikuti oleh semua satuan pendidikan. Supaya tidak keliru, pelajari ketentuan dan mekanismenya di sini, ya!

Membeli buku di Jakarta jadi tantangan tersendiri, karena beragamnya toko. Ini beberapa rekomendasi untukmu, mulai dari pasar hingga hub literasi.