24 Sep 2021

Teknologi Peringatan Dini Bencana Banjir di Jakarta

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

24 Sep 2021

Jakarta merupakan salah satu daerah yang sangat rawan mengalami banjir. Karena, secara geografis, Jakarta berada di antara hulu sungai dan pesisir laut, sehingga dapat menyebabkan berbagai jenis banjir. Dari banjir hujan lokal karena intensitas hujan yang tinggi di Jakarta, banjir kiriman dari daerah di sekitar Jakarta yang sungai-sungainya bermuara di Ibu Kota, hingga banjir rob karena pasang air laut. 

Berbagai langkah ditempuh untuk untuk meminimalkan dampak banjir di Jakarta. Salah satunya dengan teknologi yang dapat memberikan informasi peringatan dini, ketika banjir akan melanda Ibu Kota. Berikut ini berbagai teknologi yang mengantisipasi banjir di Jakarta.

Automatic Weather Station

Automatic Weather Station merupakan alat pemantau cuaca otomatis yang dapat merekam dan menginformasikan komponen cuaca, dari curah hujan, kecepatan angin, pergerakan angin, kondisi pencahayaan matahari, hingga suhu dan tekanan udara melalui berbagai sensor. 

Berkat Automatic Weather Station yang terpasang di lima kantor wali kota se-Jakarta dan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta dapat memprediksi cuaca dan menginformasikan peringatan dini apabila akan terjadi cuaca ekstrem. 

Automatic Water Level Recorder

</i>

Selain alat pemantau cuaca, Jakarta juga memiliki alat pengukur tinggi muka air yang disebut Automatic Water Level Recorder. Alat yang dapat memantau ketinggian permukaan sungai ini telah terpasang di 21 titik lokasi sungai. Dengan alat ini, kondisi permukaan air dapat dilaporkan setiap dua menit sekali ke website monitoring BPBD DKI Jakarta, selain pantaubanjir.jakarta.go.idyang memuat berbagai informasi mengenai banjir Jakarta. 


 


 

Disaster Warning System

Untuk menginformasikan warga dengan segera, terdapat alat peringatan dini bencana yang disebut Disaster Warning System. Alat ini dilengkapi pengeras suara untuk menginformasikan kondisi debit air sungai. Sistem ini terpasang di 15 titik yang tersebar di 5 kelurahan rawan banjir. Sistem ini akan menginformasikan kondisi air apabila informasi di Puncak, Bogor​, Jawa Barat telah menunjukkan Siaga 2. 

Di samping itu, untuk memberikan peringatan dini terkait cuaca dan banjir di Jakarta, BPBD Jakarta melalui aplikasi JAKI kini memberikan informasi berkala terkait cuaca hujan berbasis notifikasi, yang akan muncul di layar ponsel pintar milik warga yang telah memasang JAKI. 

Selain dapat mengetahui prakiraan cuaca hujan dan intensitasnya, aplikasi JAKI juga punya fitur JakPantau yang memuat berbagai informasi terkait banjir di Jakarta. Oleh karena itu, bagi kamu yang belum mengunduh JAKI, yuk unduh JAKI sekarang di Google Play Store atau Apple App Store. Kamu akan mendapatkan notifikasi dan informasi terkait banjir, supaya kamu bisa lebih siaga selama musim hujan di Jakarta.

Artikel Smart Governance Lainnya

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!

Jakarta Smart City mendapat sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 terkait pengelolaan keamanan informasi. Baca selengkapnya di sini.

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!

Tahun ini, 30 tahun Jakarta dan Berlin bersinergi sebagai sister city. AsiaBerlin, merayakannya lewat acara Jakarta x Berlin.

Apa itu kota global? Apakah Jakarta salah satu contohnya? Yuk, cari tahu di sini!