15 Agt 2022

Tata Cara Daftar Imunisasi Anak di JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

15 Agt 2022

Selama pandemi Covid-19, cakupan imunisasi dasarlengkap pada bayi, khususnya anak usia 0 hingga 6 tahun mengalami penurunan. Berkurangnya tenaga kesehatan menyebabkan beberapa layanan imunisasi anak selama pandemi sempat terhenti. Jika kesenjangan imunitas bayi ini tidak segera diatasi, kasus penyakit atau kelainan pada bayi dapat meningkat. Oleh karena itu, mengingat Agustus adalah Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan melakukan percepatan imunisasi anak. 

Gimana, sudahkah kamu memastikan imunisasi anak atau adikmu lengkap? Jika belum, ada kabar baik nih. Si kecil yang belum diimunisasi lengkap (imunisasi DPT 4 kali, polio tetes 4 kali, dan IPV 1 kali) maupun imunisasi Campak-Rubella dapat didaftarkan melalui aplikasi  JAKI(Jakarta Kini)! Kelebihannya, kamu bisa daftar dari mana saja dan kapan saja, sekaligus pilih jadwal serta lokasi imunisasi sesuai preferensi. Baca lebih lanjut untuk info lengkapnya, ya. 

Kenapa Si Kecil Perlu Imunisasi? 

Bayi memiliki imunitas yang rendah, sehingga perlu mendapat perlindungan agar tak terinfeksi penyakit menular. Pemberian imunisasi dapat bekerja efektif melindungi bayi dari infeksi tersebut dengan membentuk kekebalan tubuh. Imunisasi lengkap dan imunisasi Campak-Rubella dapat mencegah anak dari kesakitan serta kecacatan akibat polio, difteri, pertusis, hepatitis B, pneumonia, meningitis, campak, maupun rubella.

Tata Cara Daftar Imunisasi Anak di JAKI

Sebelum mendaftar, pastikan aplikasi JAKI sudah terpasang di smartphone kamu, ya. Kalau belum, download terlebih dulu lewat Google Play Storeataupun Apple App Store. Setelah aplikasi terpasang, barulah kamu bisa mengikuti langkah-langkah pendaftaran ini:

  1. Buka aplikasi JAKI;
  2. Klik banner Bulan Imunisasi Anak Nasional;


  1. Isi data diri;

  1. Pilih lokasi dan jadwal imunisasi;

  1. Selesai! Anak sudah terdaftar imunisasi sesuai dengan jadwal dan lokasi yang dipilih.

 

Demikian tata cara yang bisa kamu ikuti untuk mendaftarkan si kecil imunisasi lengkap serta Campak-Rubella melalui JAKI. Kesehatan anak yang terjamin lebih tak ternilai harganya daripada tiga menit yang kamu habiskan untuk mendaftarkan imunisasi. Karena itu, yuk daftarkan si kecil imunisasi! Sebarkan pula informasi ini agar lebih banyak orang tahu, ya. 

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!