07 Jul 2022

Intip Taman Ismail Marzuki yang Makin Cantik

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

07 Jul 2022

Rindu Taman Ismail Marzuki? Tenang, TIM sudah selesai direvitalisasi. Bangunan yang berdiri di Jalan Cikini Raya Nomor 73 ini siap menyambut Smartcitizen. Dengan konsep mixed-use building atau bangunan multifungsi, TIM diharapkan mampu menjadi pusat seni perkotaan dan tempat berkumpul orang-orang kreatif di Jakarta dan Indonesia untuk berkarya. Sejak 3 Juni 2022, TIM sudah dibuka untuk umum. Yuk, kita jalan-jalan virtual melihat cantiknya TIM sekarang!

Megahnya Gedung Panjang TIM

Tampilan Taman Ismail Marzuki dari luar

Revitalisasi yang sudah berlangsung sejak 2019 ini menghadirkan satu wajah baru bernama Gedung Panjang. Ada satu hal memukau tentang bentuk gedung ini. Desain Gedung Panjang TIM dibuat berdasarkan bentuk tinggi rendah not balok lagu Rayuan Pulau Kelapa ciptaan Ismail Marzuki. Kalau kita perhatikan, gedung ini terlihat berundak-undak dari kejauhan, tidak rata seperti bangunan tinggi biasanya.

Gedung Panjang berdiri menjulang setinggi 14 lantai di sisi utara TIM. Rencananya, lantai-lantai ini akan diisi dengan retail, coworking space, hingga perpustakaan daerah yang bisa Smartcitizen kunjungi. Oh iya, perpustakaan daerah ini rencananya akan dibuka pada Juli 2022. Tunggu, ya!

Sudut-sudut perpustakaan daerah di TIM yang rencananya dibuka pada Juli 2022

Berkeliling Melihat Pameran di TIM

Pada Juni 2022 lalu, untuk merayakan Bulan Seni Rupa, banyak pameran karya seniman indah terhampar di penjuru Gedung Panjang TIM dan Galeri Annex. Salah satunya adalah pameran bertajuk “Betawi Masa Kini, Masa Gitu?!” Karya seni yang disajikan merupakan karya-karya bertema ruang dialog antara wacana kontemporer dengan budaya Betawi.

Sepatu kuning keemasan di Galeri Annex. Instalasi Dwi Rustanto yang mengikuti pameran bertajuk “Betawi Masa Kini, Masa Gitu?!”

Rumah Sumpit, bentuk kritik yang disampaikan lewat karya seni

Sudut-sudut Galeri Annex

Sekarang, mari kita jalan ke seberang Galeri Annex, masih di Gedung Panjang, menuju Galeri Seni. Pada awal Juni lalu, Galeri Seni TIM memamerkan aneka karya seni, dari batik hasil Pelatihan Seni Rupa Membatik, lukisan cat air, hingga Al-Quran Mushaf Betawi. Manuskrip indah ini ditulis dengan bahasa Arab yang dihiasi dengan bingkai bercorak khas Betawi seperti gambang kromong.

Al-Quran Mushaf Betawi

Batik cantik di Galeri Seni

Naik ke lantai dua, ada karya seni lukis dan kriya yang ditampilkan. Inilah pameran Outsider Art Jakarta 2022 yang memamerkan 26 karya 14 pelukis autistik dan tuli berusia 13–26 tahun dari komunitas Kitaoneus Asia.

Buah kreativitas anak-anak Kitaoneus Asia

Buat kamu yang ada rencana untuk berkunjung ke tim, Galeri Seni TIM saat ini tengah menggelar Pameran Arsip dan Koleksi Seni DKJ bertajuk “Cipta! Kapita Selekta Cikini Raya 73”. Pameran ini sudah berlangsung sejak 17 Juni lalu dan masih bisa kamu saksikan hingga 16 Juli mendatang.

Area Parkir dan Ruang Terbuka TIM

Selain ruangan-ruangan tadi, TIM juga menyediakan area parkir dan ruang terbuka. Ruang terbuka ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan pengunjung untuk berkumpul atau bertukar pikiran.

Jalan-jalan ke TIM sekalian kongko? Bisa!

Mau berkunjung ke sini? Tenang, TIM mudah diakses kok dengan transportasi umum. Bila ingin naik Transjakarta, ada Transjakarta 6H (Senen-Lebak Bulus) dan 5M (Tanah Abang-Kampung Melayu) yang lewat di depan TIM. Kalau kamu menggunakan Commuter Line, kamu bisa turun di Stasiun Cikini, lalu berjalan kaki sekitar satu kilometer. Dengan MRT, Smartcitizen bisa berhenti di Stasiun MRT Bundaran HI yang berjarak sekitar tiga kilometer dari TIM.

Sebagai warga Jakarta, kita tentu bahagia dan bangga punya ruang-ruang publik cantik serta terawat yang bisa digunakan bersama-sama. Jadi, kalau berkunjung ke TIM, pastikan kamu selalu mengikuti aturan yang berlaku, tetap tertib, dan jagalah kebersihan selalu.

Bila kamu melewatkan pameran-pameran bulan Juni lalu, jangan sedih! Akan ada pameran dan kegiatan lain di TIM. Untuk info terkini, silakan ikuti @wajahbaru_tim di Instagram. Selamat jalan-jalan!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!