29 Agt 2024

Menjelajah Kota bareng Stempel MRT Jakarta

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Amira Sofa

29 Agt 2024

Smartcitizen, apakah kamu salah satu warga Jakarta yang sering naik MRT Jakarta? Biasanya, setelah mengetuk keluar (tap out) kartu, kita langsung fokus meninggalkan stasiun. Sekarang, ada hal menarik yang bisa kamu lakukan sebelum keluar. MRT Jakarta punya layanan unik berupa stempel stasiun yang bisa kamu koleksi! Setiap stempel memiliki karakteristik dan ikon dari wilayah sekitar stasiun tersebut. Kamu penasaran? Coba cek di sini, yuk!

 

Stempel stasiun MRT Jakarta. Sumber: MRT Jakarta

Stempel stasiun MRT Jakarta. Sumber: MRT Jakarta


 

Stempel dari Stasiun-Stasiun MRT Jakarta 

Mulai 9 Agustus 2024, kita semua bisa mengoleksi stempel bercorak khas Betawi dari MRT Jakarta. Inilah komitmen MRT Jakarta sebagai moda transportasi sekaligus pelestari warisan budaya. Yuk, simak stasiun-stasiun yang bisa kasih kamu stempel! 
 

Stempel Stasiun MRT Cipete Raya

Stempel Stasiun MRT Cipete Raya. Sumber: MRT Jakarta

Stempel Stasiun MRT Cipete Raya. Sumber: MRT Jakarta

 

Kamu warga Cilandak? Coba kunjungi Stasiun MRT Cipete Raya! Di sini, kamu bisa mendapatkan stempel yang berdesain ikon bunga kembang sepatu, petai, dan motif Betawi tumpal. Inilah lambang keberagaman, transformasi, kreativitas, serta kemajuan yang bersatu dalam keseimbangan harmonis antara kebudayaan tradisional dengan kehidupan modern. Yuk, dapatkan stempelnya!

 

Stempel Stasiun MRT Cipete Raya. Sumber: MRT Jakarta

Stempel Stasiun MRT Cipete Raya. Sumber: MRT Jakarta

 

Stempel Stasiun MRT Haji Nawi

Stempel Stasiun MRT Haji Nawi. Sumber: MRT Jakarta

Enggak hanya stasiun sebelumnya, Stasiun MRT Haji Nawi pun punya stempelnya sendiri. Ada maksud dari gambar kereta yang dikelilingi ikon Betawi gigi balang. Ini berarti, terdapat fondasi yang kuat dalam keterhubungan transportasi publik, keseimbangan budaya, dan ketangguhan dalam menghadapi dinamika urban. Keren, ya?


Stempel Stasiun MRT Haji Nawi. Sumber: MRT Jakarta

Stempel Stasiun MRT Haji Nawi. Sumber: MRT Jakarta


 

Stempel Stasiun MRT Blok A

Stempel Stasiun MRT Blok A. Sumber: MRT Jakarta

Sekarang, pindah sedikit ke Kebayoran Baru, yuk! Di daerah ini, kamu bisa mendapatkan stempel di Stasiun MRT Blok A. Desainnya menunjukkan anyaman bambu dan MRT Jakarta yang melambangkan kekuatan keterhubungan serta fleksibilitas dalam menghadapi perubahan. Selain itu, ada gambaran keindahan dalam kesederhanaan yang menunjukkan keseimbangan di kota metropolitan. Silakan koleksi juga stempel yang ini!


Stempel Stasiun MRT Blok A. Sumber: MRT Jakarta

Stempel Stasiun MRT Blok A. Sumber: MRT Jakarta

 

Cara Mendapatkan Stempel MRT Jakarta

Ketiga stasiun di atas punya hubungan yang erat dengan budaya Betawi sebagai suku asli Jakarta. Kamu tipe yang suka ngumpulin memorabilia? Berarti, stempel MRT Jakarta cocok untuk kamu koleksi. Cara untuk mengoleksinya gampang. Cek di bawah ini, ya!

  • Kunjungi loket stasiun;
  • Minta stempel dari petugas stasiun;
  • Stempel dapat dicap di buku catatan atau lembar kertas pribadi maupun lembaran khusus yang disediakan di stasiun;
  • Untuk saat ini, stempel tersedia di Stasiun MRT Haji Nawi, Blok A, dan Cipete Raya.

Lewat program stempel ini, MRT Jakarta ingin memberikan pengalaman interaktif untuk penumpang. Ini juga bisa menjadi pengingat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan budaya lokal.


Sudah siap menjelajahi Jakarta bareng MRT? Butuh informasi tentang rute, jadwal, dan tarifnya? Silakan pakai fitur Transportasi Publik di JAKI, bisa diunduh di Google Play Storeor Apple App Store. Gratis! Jangan lupa ikuti @jsclab  supaya enggak ketinggalan berita tentang MRT Jakarta, ya! 

Penulis dan Editor

Artikel Smart Mobility Lainnya

Pin prioritas Transjakarta membantu penumpang prioritas diidentifikasi dan mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan. Cek cara mendapatkannya di sini.

Kunjungan dan Misa Akbar Paus Fransiskus akan diselenggarakan 4 dan 5 September. Cek pengalihan lalu lintas hingga rute Transjakarta di sini.

Jangan langsung pergi. Setelah tap out, silakan minta stempel stasiun MRT Jakarta. Cek caranya di sini, yuk!

Kamu sering naik Transjakarta? Per Agustus 2024, beberapa haltenya punya nama dan wajah baru, lo. Yuk, baca di sini supaya enggak ketinggalan!

Sistem ganjil-genap (gage) berlaku di Jakarta. Inilah 25 ruas jalan yang menerapkannya per Juli 2024, lengkap dengan aturan dan jadwal.

Jakarta punya 32 bus sekolah rute reguler dan 15 bus sekolah rute zonasi, loh. Ini daftar rute, waktu operasi, dan sekolah yang dilewati.