08 Mei 2024

Smart People: Interaksi Sosial Warga yang Berkualitas

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

08 Mei 2024

Penerapan kota cerdas atau smart city  berguna supaya warga lebih sejahtera. Jakarta pun telah termasuk sebagai suatu smart city. Pengembangannya selalu disertai dengan inovasi berbasis teknologi untuk memecahkan permasalahan urban. Pilar-pilar atau pendukung suatu smart city adalah:

Warga-warga di suatu smart city perlu berinteraksi satu sama lain, untuk mendukung kualitas hidupnya. Kondisi seperti itulah yang diciptakan oleh pilar smart people. Lalu, apa saja yang sudah Jakarta lakukan dalam implementasi smart people? Yuk, bahas bersama-sama!

 

Implementasi smart people di Jakarta. Sumber: Jakarta Smart City

Implementasi smart people di Jakarta. Sumber: Jakarta Smart City

 

Definisi Smart People

Smart people adalah kondisi smart city dengan interaksi sosial warga yang berkualitas, melibatkan warga untuk membangun kota. Interaksi tersebut dilakukan melalui ketersediaan layanan publik dari pemerintah atau pihak swasta. Kesehatan, pendidikan, dan karier pun dapat ditunjang. Kondisi smart people terlihat dari keterlibatan warga dalam hal-hal seperti:

  • penentuan layanan (pemerintah/swasta);
  • kelas bersama;
  • survei masyarakat;
  • dasbor publik; dan
  • portal lowongan pekerjaan.
     

Kehadiran pilar smart people membuat Jakarta memiliki berbagai program untuk mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia). Jakarta Smart City, akselerator untuk transformasi digital, telah menghadirkan program-program terkait pengembangan kemampuan, keterampilan, literasi digital, serta daya saing SDM di bidang teknologi dan informasi. Inilah program-program yang bisa diikuti warga Jakarta, termasuk kamu!

 

Implementasi Smart People di Jakarta

 

JAKI: Aplikasi Super Punya Jakarta

Jakarta punya aplikasi super (super-app), yaitu JAKI. Beragam kebutuhan di Jakarta pun hadir dalam satu platform tersebut. Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah Laporan Warga. Kalau kamu melihat suatu permasalahan kota, silakan gunakan fitur tersebut, ya. Partisipasi kamu bisa membantu Jakarta menjadi kota yang lebih baik, lo!

 

JAKI, aplikasi super punya Jakarta. Sumber: Jakarta Smart City

JAKI, aplikasi super punya Jakarta. Sumber: Jakarta Smart City

 

JAKI berisi fitur layanan digital Pemprov DKI Jakarta. Kebutuhan-kebutuhanmu pun bisa terpenuhi dengan mengakses secara digital, tanpa harus datang ke tempat. Butuh akses buku di perpustakaan? Mau sekalian reservasi kunjungan? Kamu bisa pakai fitur Perpustakaan Jakarta! Silakan eksplor fitur yang paling cocok buat kamu, ya. JAKI dibuat untuk seluruh kalangan di Jakarta, termasuk:

  • Pelajar/Mahasiswa;
  • Pekerja Kantoran;
  • Pencari Kerja;
  • Wirausaha; dan
  • Pengelola Rumah Tangga.

 

JSCLab Sharing: Kelas bersama Pakar

Jakarta Smart City menginisiasi JSCLab Sharing  sebagai kelas untuk mempertemukan warga dengan para pakar. Di sini, para peserta memperoleh pengetahuan supaya bisa meningkatkan keahlian di berbagai bidang. Kelas-kelas yang dilaksanakan berfokus pada:

  • bidang teknologi;
  • smart city:
  • kebijakan publik; dan 
  • literasi digital.

 

JSCLab Sharing #3: “Cakap Berbahasa dalam Dunia Kerja” dengan Ivan Lanin. Sumber: Jakarta Smart City

JSCLab Sharing #3: “Cakap Berbahasa dalam Dunia Kerja” dengan Ivan Lanin. Sumber: Jakarta Smart City
 

Selama 2023, ada total 18 pakar yang hadir sebagai narasumber di JSCLab Sharing. Contoh materi-materinya adalah analisis digital (digital analytics), tata bahasa, wicara public (public speaking), dan ruang uji coba (regulatory sandbox). Tertarik dengan JSCLab Sharing? Silakan ikutan! Pantau jadwalnya di @jsclab, ya. 


 

Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan)

Jakarta memiliki sistem informasi bernama Musrenbang  (Musyawarah Rencana Pembangunan). Di sini, para pemangku kepentingan dapat membahas daftar usulan pembangunan. Wilayah yang terlibat meliputi desa/kelurahan, diintegrasikan dengan prioritas di Kabupaten/Kota di wilayah Kecamatan.

 

Musrenbang

Situs web Musrenbang

 

Musrenbang mempermudah untuk melacak setiap usulan yang masuk. Berkat sistem ini, usulan pembangunan pun menjadi transparan dan prosesnya akuntabel.

 

JSC Goes to School

Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog (Kemendikbudristek), pada 2021, angka lulusan perguruan tinggi yang bekerja sesuai latar belakang cenderung rendah. JSC Goes to School pun hadir untuk menjawab masalah tersebut. 

 

JSC Goes to School Feat. Grab. Sumber: Jakarta Smart City

JSC Goes to School Feat. Grab. Sumber: Jakarta Smart City
 

Program Jakarta Smart City ini bersama mitra (partner) berbagai perusahaan teknologi mengadakan sosialisasi kepada pelajar di bangku sekolah. Harapannya, para peserta bisa menjadi talenta digital pada masa depan. Lima perusahaan yang bekerja sama di program ini adalah Zenius, Grab, JakLingko, XL Axiata, dan Cakap.
 

Data Science Trainee

Generasi muda menjadi penentu masa depan Jakarta. Punya ambisi menjadi ilmuwan data (data scientist)? Jakarta Smart City punya ruang khusus buatmu! Dalam program Data Science Trainee, kamu bisa mendapat pengalaman untuk mencari solusi dari permasalahan kota.

 

Data Science Trainee 3. Sumber: Jakarta Smart City

Data Science Trainee 3. Sumber: Jakarta Smart City
 

Sampai saat ini, Jakarta Smart City sudah menghasilkan 40 alumni Data Science Trainee. Pendaftarannya selalu diumumkan lewat @jsclab. Jangan sampai kelewatan, ya!

Dengan menciptakan interaksi sosial yang berkualitas, Jakarta pun berharap agar hidup warganya berkualitas pula. Program-program yang dihadirkan berguna agar SDM terus berkembang. Kamu siap kan jadi warga Jakarta yang bertalenta?

Penulis dan Editor

Artikel Smart People Lainnya

Ulang tahun Jakarta sebentar lagi! Berbagai rangkaian acara ini diselenggarakan untuk merayakan hari jadi kota tercinta.

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

PPDB DKI Jakarta 2024 akan dibuka sebentar lagi. Sudah siap? Jangan ketinggalan, catat jadwalnya, ya!

31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Upaya bebas asap rokok di Jakarta dilakukan melalui Kawasan Dilarang Merokok

PPDB DKI Jakarta 2024 diikuti oleh semua satuan pendidikan. Supaya tidak keliru, pelajari ketentuan dan mekanismenya di sini, ya!

Membeli buku di Jakarta jadi tantangan tersendiri, karena beragamnya toko. Ini beberapa rekomendasi untukmu, mulai dari pasar hingga hub literasi.