09 Mar 2023

Simak, Perubahan Rute TransJakarta Selama Pembangunan MRT

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

09 Mar 2023

Smartcitizen, dalam menangani dan mengurangi kemacetan, Jakarta membutuhkan berbagai solusi. Rute TransJakarta selama ini memang telah menjadi salah satu urat nadi mobilitas warga Ibu Kota. Namun, pembangunan sistem transportasi umum yang baik dan berkelanjutan tetap dibutuhkan. Pemprov DKI Jakarta bukan hanya berkomitmen menyediakan transportasi publik, tapi juga membuatnya saling terintegrasi.

Pembangunan MRT fase 2A jalur utara-selatan merupakan salah satu komitmen itu dan sudah berjalan sejak tahun lalu. Menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Kota sepanjang 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, pembangunan MRT ini mengutamakan konsep TOD (Transit Oriented Development) yang akan memudahkan proses transit antarmoda transportasi. Salah satu stasiun transitnya adalah Stasiun Harmoni yang akan terhubung dengan Halte TransJakarta Harmoni.

Halte Harmoni merupakan salah satu halte tertua dan tersibuk yang dimiliki TransJakarta. Melayani penumpang sejak 2004, halte ini hingga kini menjadi pusat transit berbagai koridor TransJakarta. Pembangunan MRT fase 2A membuat Halte Harmoni harus direvitalisasi serta direlokasi sementara, sehingga berdampak pada penyesuaian rute Transjakarta, terutama koridor yang menjadikan halte tersebut sebagai halte transit. Bagaimana penyesuaian rutenya? Yuk, simak artikelnya!

Penyesuaian Rute TransJakarta

Bus Transjakarta berhenti di Halte Bundaran Hotel Indonesia

Pembangunan MRT fase 2A berdampak pada tiga halte TransJakarta yang harus disesuaikan dan dialihkan ke halte sementara, seperti Halte Mangga Besar yang sudah menggunakan halte sementara sejak 25 Februari 2023, lalu Halte Sawah Besar pada 28 Februari 2023. Mulai 4 Maret 2023, Halte Harmoni direlokasi ke halte sementara. Hal ini akan berdampak pada rute-rute yang melayani halte tersebut, sehingga diperlukan penyesuaian.

Penyesuaian rute terbilang cukup banyak, mengingat Halte Harmoni merupakan halte transit. Untuk meminimalkan penumpukan penumpang di halte sementara, maka titik transit tersebar di berbagai halte, seperti Halte Monumen Nasional (Monas). Informasi mengenai rute apa saja yang mengalami penyesuaian dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini:

Informasi Penyesuaian Rute Transjakarta

Smartcitizen yang mau bepergian bisa juga mengecek peta perubahan rutenya di gambar ini:

Peta Rute Penyesuaian Transjakarta Selama Pembangunan MRT pada 2023

Tetap Slay Naik Transportasi Umum

Proses pembangunan MRT dan penyesuaian rute TransJakarta ini pasti juga membutuhkan penyesuaian jadwal Smartcitizen. Halte Harmoni memang direlokasi, tapi bukan berarti naik transportasi publik berhenti. Jangan sampai hal tersebut sampai mengganggu rutinitas harianmu. Karena itu, pemahaman terhadap rute maupun info ter-update pun diperlukan, sehingga kegiatan sehari-hari kamu menggunakan transportasi publik dapat berjalan lancar.

Informasi dan pemahaman yang tepat juga membantumu menyesuaikan jadwal harian, seperti dilakukan Smartcitizen Raka yang tinggal di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pria 24 tahun ini sehari-hari menggunakan TransJakarta untuk bekerja ke kantornya yang berlokasi di kawasan Monas. Biasanya Raka naik TransJakarta dari Halte Kebon Jeruk di Koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni). Lalu ia transit di Halte Harmoni menuju Koridor 2 (Harmoni-Pulo Gadung). Akhirnya ia turun di Halte Balai Kota, yang seluruhnya membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Rute Transjakarta Koridor 8

Ketika Halte Harmoni direlokasi dan terjadi penyesuaian rute, Raka mempelajari informasi rute terbaru tersebut. Dengan demikian, waktu perjalanan dapat ia sesuaikan dengan tepat.

Poster Perubahan Layanan

Hal tersebut juga bisa kamu lakukan. Informasi peta rute pengalihan maupun informasi seputar revitalisasi dapat kamu cek di sini. Kamu pun dapat mengakses melalui bit.ly/inforevitalisasitj. Setelah update rute dan informasi terbarunya, kamu bisa pula mengecek jadwal kedatangan bus TransJakarta lewat fitur JakLingko di JAKI, lho! Ke mana-mana jadi slay, tanpa khawatir telat.

Baca juga: Jaklingko: Cek Jadwal TJ, MRT, dan LRT Terlengkap

Nah, demikian informasi mengenai Halte Harmoni yang direlokasi beserta perubahan rutenya. Yuk, gunakan terus transportasi umum dan jaga bersama fasilitasnya. Jangan lupa ikuti media sosial JSClab dan TransJakarta juga ya untuk update info terkini tentang transportasi publik ataupun info menarik lainnya.

Artikel Smart Mobility Lainnya

Jangan kesasar, inilah 14 koridor Transjakarta dan nama-nama halte terbarunya, per 2024.

Jakarta makin ramah disabilitas! Ada lima unit bus sekolah khusus penyandang disabilitas yang baru diluncurkan. Baca informasinya di sini.

Beberapa halte Transjakarta punya nama baru, lho! Apakah halte langgananmu salah satunya? Cek di sini.

PT Transjakarta menyesuaikan beberapa rute untuk optimalisasi pelayanan. Inilah rincian rute Transjakarta terbaru sejak Desember 2023.

Gimana sih, biar cepat datang ke konser idola? Intip caranya di sini!

Mau naik Transjakarta gratis? Pastikan kamu salah satu dari 15 golongan ini.