14 Apr 2022

Siap Memulai Perjalanan Karier Bersama Jaknaker

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

14 Apr 2022

Pemprov DKI Jakarta kembali melahirkan kolaborasi baru bagi warga Jakarta. Kali ini, untuk mendukung pengembangan karier warga Jakarta, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertransgi) Provinsi DKI Jakarta dan TopKarir Indonesia menghadirkan Jaknaker. Yuk, kita bahas lebih dalam soal program baru ini!

Jaknaker: Komitmen Jakarta Mengurangi Tingkat Pengangguran

Bila Smartcitizen mengunjungi jaknaker.id, jelas terlihat bahwa Jaknaker merupakan portal penyedia lowongan pekerjaan. Yup, Jaknaker memang diharapkan mampu mengurangi tingkat pengangguran di Jakarta. Tapi, Jaknaker tak sebatas menyediakan lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan terpercaya, Smarcitizen. Platform ini juga berfokus pada pengembangan karier generasi muda. Jadi, Smartcitizen akan menemukan segudang informasi bermanfaat, dari pelatihan keterampilan, tes minat dan bakat, hingga konsultasi karier. Hal inilah yang membedakan Jaknaker dengan platform sejenisnya, yaitu penyediaan akses pengembangan diri buat seluruh warga Jakarta.

Sederet Menu Berfaedah dari Jaknaker

Jaknaker memiliki banyak menu di dalamnya. Lewat menu-menu ini, diharapkan akan terwujud link and match. Artinya, keahlian yang dimiliki para angkatan kerja sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Seluruh pelatihan dan lowongan kerja yang tersedia di Jaknaker gratis, jadi wajib banget untuk kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Yuk, kita bedah satu per satu!

Tips Karir

Usai lulus kuliah, wajar sekali kalau kita masih merasa abu-abu dengan dunia kerja yang ingin kita masuki. Nah, lewat menu Tips Karir yang ada di Jaknaker, kamu bisa belajar seputar dunia kerja, mulai dari cara membuat CV (Curriculum Vitae) yang baik, menggali info beragam profesi, hingga tips interview. Menu di Jaknaker ini bisa menjadi bekal awal kamu saat menapaki dunia kerja yang masih asing.

Lowongan Kerja

Kalau Smartcitizen sudah tahu ingin berkarier di bidang apa, saatnya cari pekerjaan yang sesuai dengan pilihanmu. Hingga sekarang, ada 7.766 lowongan yang tersedia di Jaknaker. Untuk mendaftar ke perusahaan yang kamu inginkan, kamu harus buat akun Jaknaker terlebih dahulu, ya.

Tes Minat dan Bakat

Kamu fresh graduate? Masih belum tahu pilihan karier yang ingin kamu jalani? Enggak apa-apa! Yuk, coba tes minat dan bakat terlebih dahulu. Dengan mengikuti tes ini, kamu akan lebih memahami dirimu, sehingga bisa memilih profesi yang sesuai dengan kemampuanmu. Ingin tahu cara mengikutinya? Kunjungi jaknaker.id/minatbakat dan ikuti langkah di bawah ini!

Usai menjawab sekitar 50 pertanyaan, kamu akan diarahkan untuk melihat hasil akhir. Normalnya, kamu akan dikenai biaya Rp30.000 dan pembayaran dapat dilakukan dengan dompet digital. Tapi, dengan menggunakan kode voucer ‘TMBJAKNAKER’, kamu bisa melihat hasil tesmu secara gratis. Oh iya, kuota voucer terbatas hanya untuk tiga juta penduduk Jakarta. Yuk, segera manfaatkan kesempatan ini!

TopEdu

Asah keterampilan kamu lewat pelatihan-pelatihan yang tersedia di menu TopEdu. Banyak sekali jenis pelatihan yang bisa Smartcitizen pilih, mulai dari bisnis, marketing, desain dan fotografi, sampai bahasa, semua bisa kamu dapatkan di sini. Supaya enggak bingung memilih pelatihan, ada tips nih dari Bapak Andri Yansyah, Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta. Menurut beliau, pilihlah pelatihan yang sesuai dengan keahlian dan pasar kerja yang dibutuhkan. Untuk mengikuti pelatihan lewat Jaknaker, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, yaitu:

  1. termasuk kategori angkatan kerja;
  2. tidak sedang bekerja;
  3. memiliki KTP Jakarta.

Pelatihan-pelatihan di Jaknaker dilaksanakan secara daring dan luring. Jadi perhatikan saat kamu memilih pelatihannya, ya!

Magang

Smartcitizen yang masih kuliah dan butuh magang, yuk merapat! Ada lowongan-lowongan magang yang bisa kamu pilih di situs Jaknaker. Kamu bisa filter lowongan magang berdasarkan lokasi, tingkat pendidikan, serta spesialisasi.

Beasiswa

Punya cita-cita ingin mengejar beasiswa ke luar negeri? Berarti menu ini akan menjadi favorit kamu. Sejalan dengan fokus Jaknaker yang menitikberatkan pada pengembangan diri dan karier, selain menyediakan info seputar dunia kerja, Jaknaker juga menyediakan informasi beasiswa dalam dan luar negeri. Supaya enggak terlewat info-info beasiswa terkini, cek menu ini secara berkala ya, Smarcitizen!

TopKarir Klinik

Tak hanya menyediakan jalan untuk memasuki dunia profesional, lewat TopKarir Klinik di Jaknaker, kamu juga bisa konsultasi seputar karier. Di sini, kamu akan dibimbing oleh para pakar di berbagai bidang. Ada empat hal yang bisa Smartcitizen konsultasikan di sini, yaitu karier, bisnis, kreatif, dan obrolan dengan kakak kelas berpengalaman untuk kamu yang pertama kali masuk dunia kerja.

Bagaimana, Smartcitizen? Sudah siap memulai perjalanan kariermu bersama Jaknaker? Untuk mengunjungi Jaknaker, buka aplikasi JAKI dan pilih banner ‘Cari Lowongan Kerja di Jakarta’ di beranda. Belum punya JAKI? Unduh aplikasinya secara gratis melalui Play Store dan App Store.

Penulis dan Editor

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!