01 Mar 2024

Setahun Jakarta Bercerita: Jurnal Artikel JSC Edisi 2023

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

01 Mar 2024

Smartcitizen, suka baca artikel di blog Jakarta Smart City? Kalau iya, kamu akan senang Setahun Jakarta Bercerita, jurnal artikel elektronik yang mengompilasikan artikel-artikel Jakarta Smart City dalam setahun. Edisi 2023 dari Setahun Jakarta Bercerita ini mengambil tema Kumpulan Kisah Transformasi Jakarta Menuju Kota Cerdas Berskala Global dan mengajak kita mengeksplor inovasi-inovasi Jakarta Smart City dalam perjalanan Jakarta menuju kota cerdas berskala global. 

Apa Saja Isi Jurnal Artikel Setahun Jakarta Bercerita?

Cover jurnal artikel Setahun Jakarta Bercerita bergambarkan Museum Fatahillah dengan menggunakan warna khas Jakarta Smart City, yakni biru berpadu abu-abu. Dengan foto fasad Museum Fatahillah tersebut, Setahun Jakarta Bercerita menyorot Jakarta sebagai fokus dari artikel-artikelnya setahun ke belakang.

Pada awal jurnal artikel, Smartcitizen akan menemukan Daftar Isi yang akan memudahkan pembaca untuk menuju ke halaman dengan topik yang diinginkan. Di halaman setelahnya, terdapat pula rekap publikasi Jakarta Smart City dalam angka. Sepanjang 2023, 116 artikel telah diterbitkan Jakarta Smart City, mencakupi 9 kategori atau topik pembahasan, dengan rata-rata 10 artikel diterbitkan setiap bulan. Artikel-artikel tersebut telah dibaca 35.241 kali oleh 26.438 pembaca, yang artinya 1 orang rata-rata membaca 2 artikel dengan waktu baca sekitar 1-2 menit. Dari 116 artikel tersebut, 25 di antaranya membahas aplikasi JAKI. Smart Mobility menjadi topik artikel yang paling diminati dengan lebih dari 5 ribu pembaca. Sementara itu, artikel terfavorit selama 2023 adalah artikel Begini Cara Masuk Tebet Eco Parkdengan total lebih dari 6 ribu kali dibaca. 

Pada laman selanjutnya, Setahun Jakarta Bercerita menyorot enam indikator yang digunakan dalam mengukur kesuksesan penerapan smart city Jakarta. Enam indikator tersebut yaitu Smart Governance, Smart Environment, Smart Economy, Smart Mobility, Smart Living, dan Smart People. Selanjutnya, masuk ke bagian artikel yang penyajiannya dikelompokkan berdasarkan enam kategori indikator smart city tersebut.

Meskipun jurnal artikel Setahun Jakarta Bercerita berbahasa Indonesia, Smartcitizen bisa membaca versi Bahasa Inggris dari artikel-artikel tersebut dengan klik link dari setiap artikel yang tercantum dalam jurnal artikel. Kamu akan diarahkan langsung ke laman artikel tersebut dan tinggal klik tombol EN di kanan atas laman. Ingin membaca artikel-artikel di jurnal artikel Setahun Jakarta Bercerita? Klik tautan di bawah gambar ini.

Setahun Jakarta Bercerita

Artikel Smart People Lainnya

Lebaran makin dekat! Enggak perlu panik, ini fitur-fitur JAKI yang bisa bikin persiapan dan perayaanmu makin gampang.

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Sering naik Transjakarta? Catat halte-halte Transjakarta yang dilengkapi musala ini untuk memenuhi kebutuhan ibadahmu.

Bosan beli takjil di situ-situ saja? Coba deh, berburu takjil di pasar, masjid, hingga sekitar stasiun ini.

Kamu naik transportasi publik setiap hari? Mau berbuka puasa di Transjakarta atau MRT Jakarta? Boleh! Ikuti aturannya, ya.

Mau tetap produktif selama bulan Ramadan? Aplikasi JAKI punya fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, cek di sini.