06 Mar 2023

Serunya JSC Goes to School Bersama Grab

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

06 Mar 2023

Jakarta Smart City (JSC) berkolaborasi lagi nih dengan perusahaan teknologi dalam JSC Goes to School! Buat kamu yang belum familiar dengan JSC Goes To School, program ini merupakan kolaborasi Jakarta Smart City bersama perusahaan teknologi untuk mempersiapkan siswa-siswi SMA, SMK, dan MA, agar mampu menghadapi tantangan digital dengan memberikan edukasi terkait industri dan pelaku digital. Tujuan ini juga selaras dengan dengan keinginan JSC untuk meningkatkan literasi digital warga Jakarta dan mempercepat transformasi digital. 

Tim Jakarta Smart City dan Grab berkunjung ke sekolah SMAN 6 Jakarta

Pada kegiatan JSC Goes to School kali ini, tim Jakarta Smart City menggaet Grab Indonesia sebagai mitra kolaborasi untuk mengunjungi SMA Negeri 6 Jakarta Selatan. Bertema “Pengembangan Ekosistem Digital di Bidang Transportasi”, JSC Goes to School Feat. Grab diadakan pada Selasa, 28 Februari 2023, pukul 10.00-12.00 WIB, di SMA Negeri 6 Jakarta. Meskipun begitu, untuk memaksimalkan partisipasi audiens, acara ini juga tetap bisa diikuti secara daring. 

JSC Goes to School: Siapkan Generasi Muda Hadapi Tantangan Digital

Acara JSC Goes to School Feat. Grab Indonesia bertempat di musala SMA Negeri 6 Jakarta Selatan untuk siswa-siswi kelas 12. Sementara itu, siswa-siswi kelas 10 dan 11 dapat mengikuti acara secara daring di kelas masing-masing. Adapun total peserta kurang lebih 500 orang. Acara dimulai dengan pembukaan oleh perwakilan guru SMA Negeri 6 Jakarta. Ia mengimbau siswa dan siswi untuk menyimak serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, karena materi yang disampaikan bisa menambah wawasan tentang tantangan digital yang akan dihadapi generasi muda, terutama ketika mencari pekerjaan. 

Kemudian, acara dilanjutkan dengan dengan paparan Paulus Radyan Indraputra (Ryan) selaku City Manager of Business DKI Jakarta, Grab Indonesia. Ryan membuka pemaparannya dengan memperkenalkan ekosistem dan layanan Grab Indonesia serta tiga tujuan Grab for Good, yakni berkolaborasi dengan pemerintahan agar bisa mengimplementasikan ekonomi digital jangka panjang untuk wiraswasta, menyediakan platform dan teknologi untuk bisnis kecil, UMKM, dan pedagang tradisional, serta menciptakan solusi inovatif dengan keamanan dan kebersihan yang lebih terjamin pada era new normal.

Tim Jakarta Smart City dan Grab berkunjung ke sekolah SMAN 6 Jakarta

Memasuki inti pemaparan, Ryan membahas mengenai pekerjaan di industri teknologi. Pada bagian ini, siswa dan siswi diberi pemahaman tentang skills dan kompetensi yang mereka butuhkan untuk bisa bekerja di industri teknologi, baik bagi jurusan IPA maupun IPS. Selain itu, siswa-siswi juga diberitahu cara-cara mengembangkan skills dan kompetensi dalam mempersiapkan diri bekerja di industri teknologi maupun menghadapi tantangan digital masa depan. Topik yang relevan dengan para siswa-siswi itu membuat mereka antusias mengajukan pertanyaan seusai pemaparan. Acara dilanjutkan dengan sesi kuis berhadiah. Siswa dan siswi yang dapat menjawab pertanyaan kuis dengan tepat maupun mengajukan pertanyaan terbaik saat sesi tanya jawab mendapatkan voucher dan merchandise dari Grab Indonesia. 

Pada paruh kedua JSC Goes to School Feat. Grab, saatnya tim Jakarta Smart City yang mengambil alih panggung. Perwakilan JSC, yakni Customer Product Knowledge Jakarta Smart City Ibnu G Aslam menjelaskan kepada siswa dan siswi, tentang kemudahan akses layanan publik digital di lingkup Provinsi DKI Jakarta yang bisa mereka dapatkan melalui aplikasi JAKI (Jakarta Kini). Siswa-siswi diajak mengunduh aplikasi JAKI dan dikenalkan dengan beberapa fitur andalan yang cocok untuk usia sekolah dan pra-kerja, seperti Laporan Warga, Karier di Jakarta, Jakarta Sehat, Informasi Bantuan Kartu Jakarta Pintar,, dan lain-lain.  Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, siswa dan siswi SMA Negeri 6 pun antusias mengajukan beragam pertanyaan. Begitu pula saat sesi kuis. Siswa-siswi dengan pertanyaan terbaik dan jawaban kuis paling tepat mendapatkan hadiah. JSC Goes to School Feat. Grab diakhiri ajakan untuk para peserta mengikuti aktivasi digital, dengan mempublikasikan keseruan acara melalui Instagram Story. 

Tim Jakarta Smart City dan Grab berkunjung ke sekolah SMAN 6 Jakarta

Itu tadi kilas balik kegiatan JSC Goes to School Feat. Grab di SMA Negeri 6 Jakarta Selatan. Seru, kan? Kamu ingin merasakan keseruan ini juga? Yuk, daftarkan sekolahmu untuk jadi peserta JSC Goes to School! Kamu bisa mendaftarkan diri dengan kirim e-mail ke smartcity@jakarta.go.id. Kami tunggu kamu sebagai peserta selanjutnya! 

Artikel Smart People Lainnya

Lebaran makin dekat! Enggak perlu panik, ini fitur-fitur JAKI yang bisa bikin persiapan dan perayaanmu makin gampang.

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Sering naik Transjakarta? Catat halte-halte Transjakarta yang dilengkapi musala ini untuk memenuhi kebutuhan ibadahmu.

Bosan beli takjil di situ-situ saja? Coba deh, berburu takjil di pasar, masjid, hingga sekitar stasiun ini.

Kamu naik transportasi publik setiap hari? Mau berbuka puasa di Transjakarta atau MRT Jakarta? Boleh! Ikuti aturannya, ya.

Mau tetap produktif selama bulan Ramadan? Aplikasi JAKI punya fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, cek di sini.