10 Jul 2023

Serunya Booth JSC di Jakarta Fair Kemayoran

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

10 Jul 2023

Pada tahun ini, Jakarta Fair Kemayoran (JFK) kembali hadir menyajikan beragam pameran dan atraksi yang menarik pengunjung untuk seluruh kalangan. Beragam kegiatan maupun booth industri turut memeriahkan acara yang bisa dinikmati secara langsung ini. Mulai dari industri otomotif, makanan, hingga anjungan daerah dengan keunggulannya masing-masing. Tak ketinggalan pula pameran tentang teknologi terkini.

Salah satu booth yang bernuansa teknologi adalah Jakarta Smart City (JSC). Hal ini membuat JFK makin seru, seperti diceritakan smartcitizen Raka. Ia akan berbagi pengalaman pribadinya berkunjung ke booth tersebut, untuk menggali lebih dalam tentang inovasi-inovasi yang dikembangkan JSC, demi meningkatkan kualitas hidup warga Jakarta.

Memasuki Dunia Kota Cerdas

Booth Jakarta Smart City

Raka mengawali langkahnya dengan memasuki anjungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Hall C1. Dengan antusiasme yang tinggi, ia melangkah masuk ke booth Jakarta Smart City. Langit-langit yang dipenuhi dengan lampu-lampu neon futuristik dan suara latar yang dinamis memberikan atmosfer yang energik. Berbagai display interaktif dan proyeksi visual memenuhi ruangan, sehingga mengundangnya untuk mengeksplorasi dan belajar lebih banyak tentang solusi-solusi cerdas yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta.

Salah satu sorotan utama di booth Jakarta Smart City adalah upaya untuk menciptakan kota yang lebih berkelanjutan melalui konsep kota cerdas. Raka menemukan banyak informasi tentang langkah-langkah yang diambil oleh Pemprov DKI Jakarta dalam mengintegrasikan layanan publik dan meningkatkan efektivitas teknologi dalam pengambilan keputusan maupun kebijakan. Dari penggunaan transportasi umum yang ramah lingkungan hingga pengembangan taman kota yang luas, JSC berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi warga Jakarta.

Mengenal Lebih Dekat Inovasi JSC

Pengunjung Booth

Salah satu aspek yang menarik dari booth ini adalah pengenalan inisiatif-inisiatif terkini Jakarta Smart City. Berbagai panel dan monitor interaktif menjelaskan tentang program-program seperti sistem pelaporan Cepat Respon Masyarakat (CRM) yang saling terintegrasi, Flood Control System, Dashboard Penanganan Laporan, serta penggunaan teknologi untuk meningkatkan layanan publik melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Hal ini membuat Raka terkesan kepada JSC, yang menggabungkan teknologi terkini dengan kebutuhan masyarakat untuk menciptakan solusi nyata.

Menuju Kota yang Berkelanjutan

Penjelasan Booth

Tidak hanya sekadar mempelajari inisiatif-inisiatif Jakarta Smart City, Raka juga berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan sistem pintar yang dikembangkan Pemprov DKI. Seperti merasakan pengalaman unik dengan mengenal Jakarta melalui sebuah simulasi interaktif. Selain itu, ia pun dapat mencoba aplikasi pintar yang mengintegrasikan berbagai layanan dan informasi publik, yakni JAKI. Interaksi ini memberikan gambaran nyata tentang bagaimana teknologi dapat mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup di Jakarta.

Interaksi dengan Sistem Pintar

Interaksi di Booth

Buat Raka, berkunjung ke booth Jakarta Smart City di Jakarta Fair Kemayoran 2023 adalah pengalaman yang sangat berkesan. Dari penjelasan inisiatif-inisiatif terkini hingga berinteraksi langsung dengan sistem pintar, ia menyadari betapa penting teknologi dalam menciptakan kota yang pintar, hijau, dan berkelanjutan. Ditambah permainan kuis yang hadir di booth dapat menguji wawasan dan menambah pengetahuan kita seputar kota cerdas. Jakarta menjadi contoh inspiratif bagi kota-kota lain dalam pemanfaatan teknologi, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan inovasi dan upaya berkelanjutan, masa depan Jakarta sebagai kota cerdas dan berwawasan lingkungan tampak semakin cerah.

Setelah mengunjungi booth JSC dan mengelilingi JFK, Raka mempunyai kesan tersendiri. Baginya, Jakarta Fair Kemayoran 2023 bukan sekadar mengembangkan ekonomi masyarakat, tapi juga bagian dari memperkenalkan perkembangan teknologi. Seru kan? Yuk, berkunjung ke Jakarta Fair sekaligus mampir ke booth JSC. Jangan lupa ikuti juga media sosial JSC dan PRJ untuk tahu info-info menarik lainnya ya.

 

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!