18 Apr 2023

Sepuluh Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Mudik Lebaran

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

18 Apr 2023

Memasuki hari-hari terakhir puasa Ramadan 1444 Hijriah, sebagian warga Jakarta mulai ancang-ancang untuk melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman. Gimana dengan kamu, Smartcitizen? Kalau kamu salah satu yang akan mudik lebaran, mengingat perjalanan dapat menyita waktu, tenaga, dan biaya, ada beberapa hal yang kamu perlu siapkan nih sebelum berangkat. Apa saja hal-hal tersebut? Simak berikut ini.

Persiapkan Biaya

Biaya selama perjalanan mudik dapat bervariasi, tergantung dari moda transportasi yang kamu pilih. Jika mudik menggunakan mobil atau motor pribadi, kamu perlu menyiapkan budget untuk bensin, tol, serta kebutuhan makanan atau minuman bagi sekeluarga. Lebihkan juga saldo kartu elektronik agar tak kehabisan biaya tol. Jika menggunakan transportasi umum seperti pesawat, bus, atau travel, kamu juga perlu mengeluarkan biaya di awal untuk pembelian tiket. Agar tiket mudik tak terlalu bikin kantong bolong, usahakan pesan tiket jauh sebelum hari keberangkatan, ya.

Persiapan biaya mudik lebaran

Biaya yang perlu dipersiapkan tak hanya saat perjalanan mudik loh, Smartcitizen. Kamu juga perlu memperhitungkan biaya kebutuhan selama berada di kampung halaman, seperti biaya makan, menginap, Tunjangan Hari Raya (THR) untuk keluarga jika diperlukan, serta dana darurat.

Cari Tahu Peraturan Mudik Pemerintah

Setiap tahun, pemerintah mengeluarkan aturan terkait mudik Lebaran. Nah, sebelum berangkat mudik, kamu wajib mengetahui peraturan mudik yang telah ditetapkan pemerintah tahun ini nih, Smartcitizen. Aturan yang perlu kamu perhatikan adalah cuti bersama dan syarat bepergian terkait Covid-19. Pada 2020 dan 2021, pemerintah mengeluarkan larangan mudik bagi warga. Sementara pada 2022, mudik sudah diperbolehkan dengan syarat vaksin dosis 1, 2, serta booster. Untuk tahun ini, pembatasan mudik tidak lagi diterapkan. Namun, masyarakat tetap diimbau untuk selalu waspada.

Aturan mudik lebaran 2023

Adapun cuti bersama Lebaran 2023 jatuh pada 19, 20, 21, 24, dan 25 April 2023. Catat tanggalnya supaya kamu bisa merencanakan perjalanan mudik dengan baik, ya.

Ambil Cuti

Kamu yang bekerja akan perlu mempersiapkan cuti sebelum mudik jika ingin menambah libur di luar cuti bersama. Karena itu, setelah mengetahui tanggal cuti bersama sesuai ketentuan pemerintah, kamu bisa segera mempersiapkan surat cuti. Jangan lupa pula beri tahu rekan-rekan kerjamu agar mereka terinformasi serta selesaikan pekerjaan agar tak perlu terganggu saat sedang berlibur nanti.

Pastikan Kesehatan Prima

Saat mudik, biasanya lalu lintas akan sangat padat, bahkan sering mengakibatkan kemacetan. Jika kamu menempuh perjalanan darat, tenagamu mungkin akan terkuras secara ekstra, sebab bisa saja terjebak macet selama berjam-jam. Setelah sampai di tujuan, mungkin tubuhmu pun akan lelah dan merasakan jet lag untuk beberapa waktu. Oleh karena itu, kesehatan kamu dan keluarga perlu diperhatikan. Upayakan istirahat yang cukup dan konsumsi multivitamin dari jauh hari, agar kondisi tubuh tak mudah drop.

Periksa Keamanan Rumah

Mudik akan memakan waktu yang cukup lama, bisa beberapa hari atau bahkan minggu. Agar aman meninggalkan rumah dalam rentang waktu tersebut, pastikan kondisi rumah sebelum kamu tinggal mudik ya, Smartcitizen. Cek apakah seluruh pintu dan jendela sudah terkunci, kompor, lampu, dan alat-alat elektronik telah mati, serta amankan barang-barang berharga.

Siapkan Barang Bawaan

Mempersiapkan barang bawaan atau packing terdengar mudah, tapi nyatanya memakan banyak waktu. Sebab, kita perlu memperhitungkan jumlah hari mudik serta berbagai kegiatan yang akan dilakukan untuk menentukan pakaian dan barang-barang yang akan dibawa. Agar tak ketinggalan barang, ada baiknya Smartcitizen packing dari jauh-jauh hari. Pastikan pula kamu membawa barang-barang esensial, seperti alat mandi, obat-obatan, masker, serta hand sanitizer. Buat kamu yang akan mudik menggunakan pesawat, pastikan juga berat tas yang dibawa tidak melebihi kapasitas bagasi, ya.

Bawa Perbekalan Secukupnya

Ketika mudik, akan ada momen saat kamu harus menunggu untuk waktu lama. Bisa saat menunggu waktu keberangkatan atau terjebak macet. Pada kondisi-kondisi darurat seperti itu, akan lebih baik kalau kamu punya perbekalan makanan dan minuman. Jadi, jangan lupa bawa bekal secukupnya ya, Smartcitizen.

Bekal mudik lebaran

Kalau kamu butuh asupan makanan di tengah perjalanan darat sekitar Jakarta, kamu bisa kok cari destinasi kuliner dengan gampang. Caranya, pakai JakPeta di JAKI! Kalau belum punya aplikasi JAKI, unduh dulu di Google Play Store atau Apple App Store, ya.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Selama di perjalanan, kemungkinan kamu akan tidur dan berganti posisi. Karena itu, pastikan kamu mengenakan pakaian yang nyaman. Pakaian dengan model potongan yang sederhana akan membantu agar kamu leluasa bergerak. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan cuaca. Kalau cuaca dingin atau kamu menggunakan transportasi dengan Air Conditioner (AC), baiknya pakai jaket agar gak kedinginan atau masuk angin.

Kabari Keluarga

Tak ada yang tahu apa yang akan terjadi selama mudik. Bisa saja kamu akan kehilangan sinyal, baterai handphone habis, atau harus mematikan alat komunikasi. Karena itu, penting untuk menghubungi keluarga atau orang terdekat sebelum berangkat dan setelah sampai tujuan, agar mereka tahu kamu baik-baik saja.

Waspada Penularan Covid-19

Meski angka kasus Covid-19 sudah melandai, kita tetap tak boleh lengah. Selama di perjalanan mudik, upayakan untuk tetap waspada akan penularan Covid-19. Mulailah dengan membawa alat-alat kesehatan yang diperlukan, seperti masker, hand sanitizer, dan lainnya. Kalau kamu mudik dengan menggunakan transportasi umum, pakai masker selama berada di perjalanan ya, Smartcitizen. Lain halnya saat berada di ruang terbuka, masker memang sudah boleh dilepas. Namun, kalau kamu ingin lebih waspada, boleh kok tetap pakai masker. Jangan lupa pula mencuci tangan saat memegang barang-barang yang kotor dan menjaga jarak fisik.

Protokol kesehatan yang perlu dibawa saat mudik lebaran

Gimana, udah dicatat sepuluh persiapan penting untuk mudik Lebaran? Mana nih, kira-kira yang mau kamu siapkan duluan? Agar perjalanan semakin aman dan berkesan, kamu bisa baca panduan resmi mudik tahun ini. Akhir kata, selamat mudik dan semoga sampai tujuan dengan selamat, ya!

Artikel Smart People Lainnya

Lebaran makin dekat! Enggak perlu panik, ini fitur-fitur JAKI yang bisa bikin persiapan dan perayaanmu makin gampang.

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Sering naik Transjakarta? Catat halte-halte Transjakarta yang dilengkapi musala ini untuk memenuhi kebutuhan ibadahmu.

Bosan beli takjil di situ-situ saja? Coba deh, berburu takjil di pasar, masjid, hingga sekitar stasiun ini.

Kamu naik transportasi publik setiap hari? Mau berbuka puasa di Transjakarta atau MRT Jakarta? Boleh! Ikuti aturannya, ya.

Mau tetap produktif selama bulan Ramadan? Aplikasi JAKI punya fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, cek di sini.