16 Jun 2023

Rute Transportasi Umum ke Rangkaian Acara HUT Jakarta

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

16 Jun 2023

Beberapa acara rangkaian HUT Jakarta ke-496 udah digelar! Apakah kamu sudah berkunjung? Buat kamu yang baru berencana untuk datang menggunakan transportasi umum, ini rangkuman rute transportasi umum ke acara-acara HUT Jakarta. Yuk, tengok rutenya sama-sama! 

Jakarta Fair Kemayoran 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kecuali pada masa pandemi Covid-19, Jakarta Fair kembali diadakan di JIExpo Kemayoran. Acara digelar sejak 14 Juni sampai 16 Juli 2023. Kalau ingin berkunjung, ini beberapa opsi transportasi umum beserta rute yang bisa kamu tempuh.
 

Rute Transportasi Umum ke Jakarta Fair Kemayoran

Naik KRL Commuter Line

Kalau kamu dari Stasiun Jakarta Kota, naiklah KRL tujuan Tanjung Priok. Turun di Stasiun Kampung Bandan, dilanjutkan naik kereta tujuan Stasiun Bekasi. Kemudian, turun di Stasiun Rajawali atau Stasiun Kemayoran. Dari Stasiun Rajawali, kamu bisa lanjutkan perjalanan dengan JakLingko. Caranya, jalan kaki 300 meter ke Jalan Industri I, lalu naik JakLingko 33 rute Kota-Pulo Gadung, kemudian turun di Jalan Pekan Raya, lantas jalan kaki sampai JIExpo Kemayoran. Kalau turun di Stasiun Kemayoran, kamu bisa naik ojek online ke JIExpo yang berjarak empat kilometer. 

Jika dari Stasiun Bogor atau Stasiun Depok, coba naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota. Lalu, turun di Stasiun Manggarai dan lanjutkan perjalanan naik kereta tujuan Stasiun Bekasi. Setelah turun di Stasiun Rajawali atau Stasiun Kemayoran, kamu bisa mengikuti langkah yang sama dengan apabila naik KRL dari Jakarta Kota. 

Bila dari Stasiun Tangerang, kamu perlu transit dulu di Stasiun Duri. Lalu, naik kereta tujuan Stasiun Manggarai. Dari sana, kamu naik kereta tujuan Bekasi, kemudian turun di Stasiun Rajawali atau Stasiun Kemayoran. Perjalanan berikutnya dapat kamu tempuh menaiki transportasi umum maupun jalan kaki seperti jika datang dari Jakarta Kota. 

Naik MRT

Kamu juga bisa loh ke JIExpo Kemayoran naik MRT! Caranya, turun di Stasiun MRT Bendungan Hilir, lalu jalan kaki ke halte Transjakarta Karet Sudirman. Dari situ, naiklah Transjakarta koridor 1 menuju Monumen Nasional. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan menaiki Transjakarta 2C tujuan JIExpo Kemayoran. 

Naik Transjakarta

Transjakarta membuka rute khusus menuju Jakarta Fair. Berikut ini rute-rute Transjakarta yang bisa kamu tempuh: 

  • PRJ 1: PGC-halte Pintu 2 JIExpo Kemayoran
  • PRJ 2: Matraman Baru- JIExpo Kemayoran
  • PRJ 3: Pulo Gadung 1-JIExpo Kemayoran
  • 2C: Balai Kota-JIExpo Kemayoran

Jam operasional Transjakarta dengan rute menuju Jakarta Fair Kemayoran 2023 mengikuti jam operasional Jakarta Fair, yakni:

  • Senin-Jumat: 15.00-23.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 09.00-24.00 WIB

Indonesia Comic Con Pop Asia

Indonesia Comic Con Pop Asia merupakan sebuah platform menikmati budaya pop bagi penggemar komik, anime, dan mainan. Acaranya akan diadakan pada 23-25 Juni 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) yang berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Untuk menuju ke JCC, berikut ini rute transportasi umum yang bisa jadi alternatif.

Naik KRL Commuter Line

Stasiun Karet merupakan stasiun KRL terdekat dari JCC. Kalau dari Bogor, kamu bisa turun di Stasiun Manggarai terlebih dulu. Kemudian, naik KRL tujuan Tanah Abang atau Stasiun Jatinegara dan turun di Stasiun Karet. Dari situ, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek online. Jika dari Bekasi, kamu bisa naik KRL tujuan akhir Stasiun Kampung Bandan. Turunlah di Stasiun Karet dan lanjutkan perjalananmu menuju JCC. 

Naik MRT

Ingin ke JCC naik MRT? Bisa! Kamu turun di Stasiun Istora Mandiri. Dari sana, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke JCC sekitar satu kilometer. Pilihan lainnya bisa juga dengan naik ojek online

Monas Week

Monas Week merupakan sebuah perhelatan yang bertujuan untuk menggaungkan ekonomi serta pariwisata kreatif. Berbagai kegiatan yang biasanya diadakan seperti pertunjukan air mancur dan musik. Untuk merayakan hari jadi ke-496 Jakarta, Monas Week akan digelar pada 20-25 Juni 2023 di Monumen Nasional (Monas). Untuk menuju lokasi, kamu bisa pilih salah satu dari beberapa opsi berikut.
 

Rute Transportasi Umum ke Monas Week

Naik KRL Commuter Line

Buat kamu yang datang dari Stasiun Bogor, naiklah KRL dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota. Sesudah turun di Stasiun Gondangdia, kamu bisa naik ojek online sekitar dua kilometer. Kalau kamu datang dari Stasiun Bekasi, naik KRL menuju Stasiun Manggarai. Kemudian, naik KRL menuju Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Gondangdia. Lanjutkan perjalanan ke Monas menggunakan ojek online. Jika datang dari Stasiun Tangerang, kamu transit dulu di Stasiun Duri, lalu naik KRL ke Stasiun Manggarai. Setelah turun di Manggarai, kamu naik KRL lagi dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Gondangdia. Sesampai di Gondangdia, barulah kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Monas dengan ojekonline

Naik MRT

Kalau mau ke Monas naik MRT, kamu bisa turun di Stasiun Bundaran HI. Kemudian, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Monas dengan naik Transjakarta 1P dan turun di halte IRTI. Dari Halte IRTI, kamu dapat berjalan kaki ke Monas. 

Naik Transjakarta 

Pilihan transportasi umum lain untuk berkunjung ke Monas dengan naik Transjakarta. Berikut ini rute Transjakarta menuju Monas: 

Koridor 1: Kota-Blok M

Koridor 1A: Pantai Maju-Balai Kota

Koridor 9B: Pinang Ranti-Kota

Parade Komunitas Kota Tua

Parade ini akan diadakan pada 24 Juni 2023 di Kota Tua. Kota Tua berlokasi di Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Untuk berkunjung ke Kota Tua, ini opsi transportasi umum beserta rute yang bisa kamu tempuh.

Rute Transportasi Umum ke Festival Komunitas Kota Tua

Naik KRL Commuter Line

Jakarta Kota adalah stasiun paling dekat dari Kota Tua, hanya berjarak seratus meter. Nah, buat kamu yang datang dari Bekasi, perlu turun di Stasiun Manggarai dulu, lalu naik KRL lagi menuju Stasiun Jakarta Kota. Kalau dari Bogor atau Depok, kamu bisa langsung turun di tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota. Jika dari Stasiun Tangerang, kamu perlu turun di Stasiun Duri, kemudian naik kereta ke Stasiun Manggarai. Dari sana, naiklah kereta dengan tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota.

Naik Transjakarta 

Untuk memudahkan pengguna TransJakarta, Kawasan Kota Tua difasilitasi dengan Halte Kota Tua. Kamu yang datang dari Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat, bisa menaiki koridor 1 (Blok M-Kota). Pilihan lainnya yakni Transjakarta koridor 1A (Pantai Maju-Balaikota) untuk kamu yang datang dari Jakarta Utara. Bagi kamu yang datang dari Jakarta Utara, bisa naik Transjakarta koridor 1A (PIK-Balai Kota). Jika kamu dari Jakarta Timur, naiklah koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit) dan turun di halte Semanggi. Seberangi jalan hingga sampai halte Transjakarta Bendungan Hilir. Dari halte tersebut, naik Transjakarta koridor 1 dan turun di Halte Kota. Dari situ, kamu bisa berjalan kaki sejauh 550 meter saja. 

Jakreatifest

Jakreatifest merupakan sebuah festival kreasi dari Jakarta untuk Indonesia yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Festival ini akan diadakan pada 16-18 Juni di Mall Taman Anggrek. Untuk kamu yang mau berkunjung, ini opsi transportasi umum yang bisa digunakan.

Naik KRL Commuter Line

Kalau kamu datang dari arah Bekasi, naik kereta menuju Stasiun Duri. Sesampai di Stasiun Duri, lanjut naik kereta ke Stasiun Tangerang, kemudian turun di Stasiun Grogol. Jika datang dari Bogor atau Depok, kamu bisa naik kereta yang dapat mengantarkanmu ke Stasiun Manggarai. Dari sana, naik kereta menuju Stasiun Duri. Sesampai di Stasiun Duri, naik kereta tujuan Stasiun Tangerang, lalu turun di Stasiun Grogol. Datang dari Stasiun Jakarta Kota? Lakukan transit di Stasiun Manggarai, lalu naik kereta ke Stasiun Duri. Dari Stasiun Duri, cari kereta yang bisa mengantarkanmu ke Stasiun Tangerang, kemudian turun di Stasiun Grogol. Jika sudah sampai di Stasiun Grogol, kamu bisa naik ojek online atau naik Transjakarta rute Pluit-Pinang Ranti menuju Mall Taman Anggrek

Naik Transjakarta

Kalau dari arah Jakarta Selatan, kamu bisa naik Transjakarta koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit) atau koridor 9E (Pasar Kebayoran Lama-Jelambar). Kemudian, turun di Halte Transjakarta S. Parman Podomoro City. Jika dari Jakarta Timur dan Jakarta Barat, naik Transjakarta koridor 9K (Kampung Rambutan-Grogol 2) atau koridor 3F (Kalideres-GBK), kemudian turun di Halte Transjakarta S. Parman Podomoro City.

Bila dari Jakarta Utara, naik koridor 9A (PGC-Pluit) dan turun di Halte Transjakarta S. Parman Podomoro City. Jika dari Jakarta Pusat, maka naik koridor 8A (Juanda-Grogol 2). Halte Transjakarta S. Parman Podomoro City berada di seberang Mall Taman Anggrek, sehingga sesampai di sana kamu hanya perlu menyeberang sejauh 400 meter untuk mencapai destinasi.  

Itu tadi rekomendasi rute transportasi publik menuju beberapa acara yang menjadi rangkaian HUT Jakarta ke-496. Supaya perjalanan kamu menuju lokasi makin lancar, kamu bisa cek jadwal dan rute KRL, MRT, Transjakarta, dan Mikrotrans melalui JAKI. Aplikasi JAKI dapat kamu unduh lewat Google Play Storeatau Apple App Store. Jadi, sudah siap ke acara HUT Jakarta naik transportasi umum? 

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!