31 Mei 2023

Keseruan Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

31 Mei 2023

Apa Smartcitizen familier atau tertarik dengan dunia startup digital dan kewirausahaan? Pada 30 Mei 2023, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital mengajak kita untuk terjun ke dunia di mana inovasi bertemu dengan kesuksesan. Perwakilan dari pemerintah, pendiri startup, akademisi, alumni Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, dan figur-figur lainnya menjelaskan serba-serbi tentang startup digital melalui roadshow Inovasi Digital dalam Membangun DKI Jakarta dan Banten.

Indonesia memiliki 202,6 juta pengguna internet saat ini, 98,2% di antaranya adalah pengguna smartphone. Inilah sebabnya mengapa Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, setelah mendeklarasikan visi Indonesia Digital Nation 2025. Visi ini memiliki target transformasi digital dengan menciptakan 5.000 startup.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Harapannya, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital bisa menjadi masa depan ekonomi digital dan mengubah Indonesia sebagai negara maju. Sejak 2016, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah melibatkan lebih dari 100.000 calon pendiri startup dan menciptakan lebih dari 1.400 startup. Prioritas program ini adalah melatih semua bakat dan membangun ekosistem startup digital yang kolaboratif serta inklusif.

Inovasi Digital dalam Membangun DKI Jakarta dan Banten: Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diadakan secara online, dihadiri oleh mahasiswa, profesional, dan peminat startup. Selama dua jam, semua peserta belajar tentang apa itu startup, mendengar pengalaman dalam menciptakan startup digital, serta memahami potensi pengembangan startup di berbagai bidang.

Roadshow dimulai dengan sambutan Sonny Hendra Sudaryana, Ketua Tim Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ia mengatakan, tujuan dari pemanfaatan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah untuk menciptakan banyak peluang kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ia juga mengingatkan, internet dapat menghubungkan Indonesia dengan seluruh dunia. Itulah sebabnya kita sekarang “lebih merdeka” dalam berkarya.

Sebagai Kepala Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha pun menyambut semua pihak yang terlibat dalam roadshow ini. Ia menyatakan, inovasi dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dapat menjadi kontribusi nyata bagi Indonesia. “Jakarta sebagai playground tentu membuka diri untuk tempat startup mengeksekusi ide dan inovasi,” ujarnya. Ia juga mengingatkan bahwa startup memiliki “growth mindset” dengan ide-ide yang terus berkembang. Mindset inilah yang mampu menyelesaikan permasalahan kota-kota dan memahami kebutuhan warga. Dengan pembukaan Jakarta Future City Hub pada Juli 2023 mendatang, Jakarta siap menjadi mitra dalam menciptakan ekosistem startup. Selain itu, ia menekankan bahwa Jakarta dapat menjadi “markas besar” bagi startup.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Keynote Session: Perjalanan Membangun Startup

Roadshow dilanjutkan dengan sesi keynote session tentang Perjalanan Membangun Startup. CEO IOWork, Oki Wibowo, menceritakan pengalaman suka dan dukanya dalam menjalankan startup. Selama pandemi, banyak orang kehilangan pekerjaan. Hal ini mendorongnya untuk membuat aplikasi IOWork yang menghubungkan pencari kerja dengan pengusaha.

Untuk membangun sebuah startup, Oki Wibowo menjelaskan, penting memiliki tim yang memiliki ide berbeda-beda. Keragaman ide-ide ini penting untuk mencari tahu ide mana yang sesuai. Selain itu, ia berbagi pengalamannya sebagai founder sebuah startup yang rasanya seperti naik rollercoaster; dengan segala pasang surutnya. Kita tidak boleh menyerah dan selalu ingat bahwa sistem tidak pernah statis. Keadaan akan selalu berubah seiring waktu.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Roadshow pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Perwakilan dari Saqinah.id bertanya kepada Oki Wibowo tentang pengalaman terendahnya sebagai CEO IOWork. Ia menjelaskan, proses transaksi IOWork pernah mengalami penurunan, tetapi jumlah pengguna yang mengunduh aplikasinya meningkat.

Fenomena aneh ini juga diikuti oleh fakta bahwa IOWork kehilangan karyawan satu per satu. Untuk menghadapinya, ia mencoba melakukan crowdfunding dari orang-orang yang paling dia percayai, yakni keluarga maupun sahabat. Sekarang, IOWork mampu memperoleh dana sendiri dari pendapatan dan selalu berusaha untuk terus maju.

Keadaan Startup-startup di Jakarta

Ketiga panelis menginspirasi semua peserta untuk mulai membangun startup. Yasmin Hadi sebagai Manager Partnership and Digital Ecosystem Jakarta Smart City mengingatkan semua pihak bahwa Jakarta seperti rumah bagi startup decacorn (startup yang telah mencapai nilai valuasi sebesar 10 miliar dolar Amerika Serikat) dan unicorn (startup dengan nilai valuasi sebesar 1 miliar dolar Amerika Serikat). Itulah sebabnya Jakarta Smart City saat ini mencoba memulai inovasi untuk pemerintah dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Raka Ikrar memberikan saran yang berguna pula kepada semua peserta. Program and Content Manager Habibie Innovation Incubator ini menekankan penting untuk menemukan network sendiri, karena kita tidak dapat membangun startup sendirian. Ia juga menjelaskan banyak investasi di Asia Tenggara, sehingga ada peluang kita untuk mengembangkan ekosistem startup.

Tantangan dalam Membuat Startup Digital

Yasmin Hadi mengutarakan pula keprihatinannya menyaksikan banyak startup yang berjalan sendiri. Hal ini membuat mereka berhenti tiba-tiba, karena tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Sedangkan Raka Ikrar menjelaskan bahwa dunia startup digital selalu membutuhkan orang-orang yang mampu. Karena itu, dunia startup digital memiliki tantangan untuk mencari cara mendidik sumber daya manusia. Ia mengusulkan agar calon pendiri startup mendapatkan dukungan dari inkubator dan akselerator.

Sementara itu, CEO Tabula, Arnold Lukito, menyarankan para pendiri startup untuk memiliki sebanyak mungkin network, tapi bukan kolusi. Hal ini penting guna membuka peluang untuk berkolaborasi.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Gabung dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital!

Para calon founder dan pengusaha akan selalu didukung untuk membina ekosistem startup. Dengan begitu, harapannya di masa mendatang, ekosistem startup di Jakarta akan semakin berkembang. Dama Aji sebagai perwakilan dari Hub 06 mengungkapkan bahwa Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Hub 06 memiliki lima program, yaitu: Hack4ID, Ignition, Hacksprint, Bootcamp, dan Hatch!. Program-program ini gratis dan semua orang dapat bergabung ke grup Telegram untuk informasi lebih lanjut. Apakah kamu siap untuk memulai perjalanan startup? Yuk, mulai wujudkan visi kamu!

Penulis dan Editor

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!