12 Nov 2021

Rekomendasi Wisata Outdoor di Jakarta

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

12 Nov 2021

Menghitung detik-detik berlalu dari balik jendela rumahmu, kamu mungkin berharap pandemi Covid-19 segera berakhir. Sudah setahun lebih kamu berdiam diri di rumah. Bertemu berbagai wajah secara virtual pun sudah membuatmu lelah. Puncak gelombang kedua Covid-19 di Jakarta sungguh sangat mengkhawatirkan. Rumah sakit penuh dengan pasien Covid-19, sehingga kamu semakin waspada menghabiskan waktumu di rumah. 

Kabar baik perlahan-lahan datang. Vaksinasi Covid-19 meningkat, kasus harian menurun, kesembuhan meningkat, dan kematian menurun. Alhasil, pembatasan berkegiatan yang selama ini berlaku, mulai turun ke level 1. Kini aktivitas di Jakarta kembali hidup, transportasi mulai beroperasi 100%, dan berbagai lokasi publik mulai dibuka.

Di belantara gedung-gedung Jakarta, kamu terpikir untuk menjejakkan kakimu keluar rumah.  Wisata di luar ruangan mungkin menjadi pilihanmu, karena tentu saja kamu bisa lebih mudah menjaga jarak dengan orang lain dan sirkulasinya udara lebih baik. Kamu mulai membuat daftar dalam kepalamu, wisata outdoor mana yang paling tepat untukmu. 

Tempat Wisata di Jakarta

Ada berbagai tempat wisata milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang sudah dibuka pada PPKM level 1 ini. Salah satunya Taman Margasatwa Ragunan, sebuah kebun binatang kesayangan warga Jakarta. Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan dibuka pada Selasa-Minggu, pukul 07.00-14.30. Ada berbagai persyaratan untuk menikmati tempat rekreasi ini, yaitu daftaronline pada H-1 kunjungan melalui tautan bit.ly/PesantiketTMRdan sudah divaksin setidaknya satu kali. 

Selain Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa menjadi pilihan yang asyik untukmu. TMII merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Sebagai tempat wisata outdoor, pengunjung ditawarkan rangkuman kebudayaan dari seluruh penjuru Indonesia. Bahkan, ada danau dengan miniatur kepulauan Indonesia. Sungguh tempat yang menarik untuk belajar dan bermain, setelah sekian lama menghabiskan waktu di rumah. Tentu saja syarat vaksinasi juga diharuskan untuk memasuki kawasan ini. 

Selain dua tempat rekreasi outdoor tersebut, Ancol dengan wisata pantai yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan pun bisa menjadi tempat yang mengasyikkan. Pada PPKM level 1, kapasitas pengunjung Ancol naik menjadi 75%. Ancol juga menerapkan pembelian tiket secara daring untuk mengontrol dan membatasi jumlah pengunjung. Sebagai salah satu taman rekreasi terbesar di Indonesia, Ancol menawarkan berbagai wahana outdoor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk ketiga tempat wisata tersebut, diberlakukan ganjil genap menjelang pintu masuk. Kebijakan ganjil genap di tempat wisata berlaku mulai Jumat pukul 12.00 sampai Minggu pukul 18.00. Selain itu, pengunjung diharuskan vaksinasi terlebih dahulu dan check-in menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau fitur Safe Entrance di JAKI. Anak usia di bawah 12 tahun juga sudah diperbolehkan masuk kawasan wisata, dengan syarat didampingi oleh orang tua. 

Taman dan Hutan Kota

Taman dan hutan kota yang bertebaran di berbagai penjuru Jakarta bisa jadi merupakan pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu di ruang terbuka. Selain tempatnya yang teduh karena penuh pepohonan, taman dan hutan kota pun dapat diakses secara gratis oleh siapapun. 

Salah satu hutan kota yang sedang hits adalah hutan kota GBK (Gelora Bung Karno), Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini merupakan paru-paru kota dan lahan konservasi. RTH yang dibalut rerumputan hijau ini sangat cocok untuk tempat pengunjung duduk-duduk bersantai dengan pemandangan kota Jakarta. Hutan Kota GBK untuk umum dibatasi kuota pengunjung sebanyak 150 orang dan dibagi dalam dua sesi, yakni pagi pukul 06.00-10.00 dan sore pukul 15.00-18.00. Pembagian dua sesi tersebut sangat cocok dengan waktu yang tepat untuk bersantai di sana, agar tidak terlalu panas sehingga tak membuatmu kegerahan. 

Selain hutan kota GBK, Taman Suropati juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu di antara pohon-pohon rindang. Suasana di dalamnya membawa pengunjung seolah-olah berada di pedesaan dan jauh dari kebisingan kota Jakarta. Di sana terdapat air mancur, rumah burung, bangku taman untuk bersantai, dan bahkan perpustakaan kecil milik Jakarta yaitu BookHive. Membaca di tengah pepohonan teduh akan menjernihkan pikiranmu. 

(Baca juga: Menikmati Hijaunya RTH Taman Suropati)

Taman Maju Bersama yang merupakan taman baru di Jakarta dan tersebar di berbagai tempat bisa jadi alternatif lokasi outdoor yang belum banyak diketahui orang. Taman Gantara merupakan salah satu TMB yang dibangun pada tahun ini dan patut dinantikan peresmiannya. Taman ini terletak di Jalan H. Raya, Kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sebagai area terbuka yang rampung pada 2021, taman ini dilengkapi dengan area bermain anak, area refleksi, outdoor gym, toilet, pos jaga, lapangan olahraga, plaza, dan area kursi taman yang nyaman. 

Yang Harus Disiapkan

Lokasi untuk menghabiskan waktu di luar ruangan di Jakarta begitu banyak dan menarik. Sambil memilih lokasi mana yang tepat untukmu menghabiskan waktu, kamu juga dapat membuat daftar yang harus disiapkan untuk berkunjung ke tempat wisata outdoor. Kamu bisa bersyukur jika telah divaksin dua kali, karena selain untuk perlindungan dari virus, syarat vaksinasi juga bukan lagi jadi masalah untuk mengunjungi berbagai tempat. Kamu sudah memastikan juga tubuhmu sehat. Masker dan hand sanitizer adalah barang yang wajib kamu pakai serta bawa keluar rumah, termasuk ke tempat wisata outdoor. Karena pandemi belum berakhir dan kamu tidak ingin sampai ada gelombang ketiga Covid-19 di Jakarta. Kamu pun bertekad untuk menjaga jarak dengan pengunjung lain, agar tidak saling menularkan virus Covid-19 yang mungkin saja tidak kamu sadari. 

Di tengah musim hujan seperti saat ini, alangkah baiknya bila kamu terbiasa membuka pantaubanjir.jakarta.go.id, untuk melihat peringatan dini dan status cuaca di Jakarta, agar memastikan hari itu kamu tidak terjebak hujan lebat. Meski begitu, kamu harus bersiap pula, dengan membawa payung dan jas hujan. 

Satu hal yang wajib kamu bawa adalah smartphone dengan JAKI yang sudah terpasang di dalamnya. Banyak hal yang bisa kamu gunakan lewat JAKI. Kamu bisa melakukan check-in/check out dengan fitur Safe Entrance. Kamu pun bisa melaporkan fasilitas di ruang outdoor yang rusak melalui fitur JakLapor. Kamu juga dapat memantau banjir melalui fitur JakPantau yang ada di dalamnya. Kamu merasa lebih aman dengan membawa JAKI dan mempersiapkan berbagai hal sebelum menikmati alam terbuka. Kamu melihat ke luar jendela, cuaca tampak cerah dan mungkin hari ini adalah hari yang tepat untukmu menghabiskan waktu  di luar rumah.

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!